Comifuro 9 adalah Event Terpanas Tahun Ini!

comifuro 9

Pengunjung yang membelundak membuat ruangan indoor Comifuro 9 layaknya sauna—bahkan bisa dibilang lebih panas!

Comic Frontier atau yang bisa dibilang sebagai salah satu event tahunan yang dinantikan. Event yang menyediakan tempat bagi para kreator independen atau indie tersebut selalu dipenuhi oleh baik banyak kreator indie yang bergerak di bidang kreatif seperti light novel atau komik, cosplayer, dan juga pengunjung pecinta budaya pop Jepang. Meskipun ramai dan penuh pengunjung yang antusias, tetapi sayangnya Comifuro tahun ini—Comifuro 9—terasa kurang nyaman.

Baca Juga

Event yang diadakan di gedung indoor Balai Kartini Jakarta ini pasalnya terasa sangat panas. Ya, secara harafiah panas dan pengap dengan banyaknya pengunjung. Saya sendiri sudah ke sana pada hari pertama dan karena kurang persiapan mental, saya menyerah dan langsung keluar ruangan setelah sepuluh menit berada di dalam ruangan. *I need healing*

Mungkin posting-an salah satu pengguna Facebook ini dapat menggambarkan secara akurat apa yang saya dan semua pengunjung yang datang rasakan selama event:

Dokumentasi Comifuro 9

Posted by Jevon Jeje Jerejere on 2hb September 2017

Setelah menyiapkan mental, saya pun kembali ke dalam ruangan. Terlalu banyaknya pengunjung bisa jadi salah satu alasan kenapa ruangan terasa begitu pengap dan panas layaknya sauna—bahkan mungkin lebih panas daripada sauna:

Posted by Luthfi Suryanda Atmojo on 1hb September 2017

Saya sempat curiga bahwa AC pada ruangan tersebut tidak menyala sehingga membuat ruangan menjadi panas. Akan tetapi, setelah bertanya kepada beberapa panitia yang saya temui di tempat, mereka mengatakan bahwa AC-nya sendiri sebenarnya menyala. Akan tetapi, karena terlalu banyak pengunjung, ruangan pun tetap terasa panas. Meskipun begitu, saya tetap curiga kalau AC tidak menyala—atau setidaknya menyala hanya sebagian.

Menyebalkannya, panitia terlihat banyak yang berada di luar ruangan—mungkin karena panas. Tetapi di sisi lain, beberapa gerak cepat panitia untuk membuka semua pintu serta memberikan pendingin juga patut diacungi jempol karena dapat mengurangi panasnya dalam ruangan—meskipun sangat sedikit dan hampir tidak berpengaruh sama sekali.

Atas kejadian ini, pihak panitia Comifuro 9 pun melalui halaman resmi Facebook mereka menyatakan permintaan maaf mereka dan berkata akan berusaha berbenah di hari kedua. Yah, semoga saja hari ke-2 ini tidak akan separah hari pertama kemarin:

Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya karena suhu yg meningkat, AC di dalam hall sudah diset maximum sejak pagi namun…

Posted by Comic Frontier on 2hb September 2017

Di lain pihak, meskipun panasnya ruangan menjadi kendala terbesar, ada juga beberapa kejadian unik dan menarik selama perhelatan Comifuro 9 hari pertama—seperti misalnya Naruto Run di mana pengunjung berlari layaknya Naruto. Acara ini sendiri awalnya berupa posting-an iseng salah satu pengguna Facebook dan bukan inisiatif panitia. Pada sore hari pertama, Naruto Run ini pun berhasil dilaksanakan:

Filthy frank anime openingNaruto RUN Comifuro 9 2017

Posted by Anggur Merah on 2hb September 2017

Sampai saat tulisan ini dibuat, masih belum ada informasi lebih lanjut dari pihak panitia Comifuro kenapa ruangan bisa begitu panas. Yah, kita tunggu saja kabar berikutnya.

Fanspage Comifuro


SHARE
Previous articleDidominasi Film Horor, Berikut Deretan Film Indonesia Bulan September
Next articleApollo Justice Ace Attorney Mendapatkan Remake Untuk Nintendo 3DS!
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.