13 Kartu YuGiOh yang Kena Sensor Karena Gambarnya Kurang “Aman”!

Sadarkah kamu kalau beberapa kartu YuGiOh memiliki gambar yang berbeda dengan aslinya? Ini nih contoh 13 kartu YuGiOh yang kena sensor karena gambarnya kurang “aman”!

Tidak dapat dipungkiri bahwa YuGiOh merupakan TCG yang memiliki gambar ilustrasi indah nan unik. Akan tetapi, beberapa gambar dalam kartu YuGiOh ternyata dirasa kurang “aman” oleh beberapa kalangan, lho! Mulai dari gambar yang sugestif (“vulgar”), menggunakan simbol dan agama tertentu, hingga penuh kekerasan.

Baca Juga

Kartu-kartu YuGiOh ini pun mendapatkan revisi atau sensor yang bisa berupa perubahan gambar sebagian atau sepenuhnya. Nah, berikut ini adalah 13 kartu dari banyaknya kartu YuGiOh yang kena sensor karena gambarnya kurang “aman”:

Dark Magician Girl

Kartu Dark Magician Girl versi ke-3. Kiri adalah versi original sementara kanan adalah versi internasional.

Dark Magician Girl menjadi salah satu kartu YuGiOh yang mendapatkan banyak sekali sensor. Yang pertama adalah garis belahan dada dihilangkan supaya penampilannya terlihat lebih tertutup. Lalu, simbol hexagram di dadanya diganti menjadi berlian berwarna merah untuk menghindari simbol agama dan juga sihir hitam (black magic).

Ada tiga versi kartu Dark Magician Girl dan semuanya mendapatkan sensor yang sama. Salah satunya, seperti bisa kalian lihat di atas.

Kiri: versi original; Tengah: versi anime; Kanan: versi internasional dan cetak ulang

Harpie Lady
Dalam versi aslinya, Harpie Lady memiliki pakaian minimalis atau terbuka. Dalam anime, pakaiannya diubah menjadi lebih tertutup. Perubahan gambar ini akhirnya juga diterapkan pada versi internasional edisi cetak ulang.

Harpie Lady lainnya juga mengalami revisi yang serupa.

XYZ-Dragon Cannon

Kiri: versi original; Kanan: versi internasional. Kelihatannya lebih keren yang original ya?

Dalam beberapa kebijakan, terdapat larangan untuk memperlihatkan senjata asli pada mainan anak-anak. Contohnya saja seperti seri GI Joe yang menggunakan senjata penembak laser alih-alih senjata penembak peluru. Nah, hal yang sama juga diterapkan untuk XYZ-Dragon Cannon. Bagian meriam monster ini yang dirasa terlalu realistik pun diganti menjadi lebih kartunis dan menembakkan laser.

Sama seperti Dark Magician Girl, XYZ-Dragon Cannon juga memiliki 3 macam artwork dan ketiganya kena sensor yang sama. Salah satunya adalah seperti yang bisa kalian lihat di atas.

Destiny Board

Bagian papannya dihilangkan. Cukup ironis mengingat kartu ini memiliki kata “board” (atau papan dalam bahasa Indonesia) di namanya.

Oujia Board pada ilustrasi kartu YuGiOh Destiny Board dihilangkan untuk versi internasional. Selain itu, tulisan asli dalam kartu ini adalah huruf D-E-A-T-H—yang mana akhirnya diganti menjadi F-I-N-A-L.

Selain gambar, kartu YuGiOh yang satu ini juga mendapatkan perubahan nama. Nama original dari Destiny Board adalah Oujia Board.

Lanjut ke halaman 2 untuk kartu YuGiOh lainnya yang kena sensor!

1
2
3

SHARE
Previous articleAbsolver, Game PC dan PS4 yang Mirip Dark Souls dan For Honor
Next article3 Alasan The Evil Within 2 Layak Ditunggu oleh Para Gamer
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.