Pembahasan Attack on Titan 97: Eren Sudah Menyelinap ke Marley?

Sosok mirip Eren muncul di Attack on Titan 97! Apakah ini pertanda kaum Eldia di Pulau Paradis memutuskan menyerang Marley duluan?

Pembahasan Attack on Titan 97: Eren Sudah Menyelinap ke Marley?

Pembahasan Attack on Titan 97: Eren Sudah Menyelinap ke Marley?

Sosok mirip Eren muncul di Attack on Titan 97! Apakah ini pertanda kaum Eldia di Pulau Paradis memutuskan menyerang Marley duluan?

[duniaku_baca_juga]

Pembahasan Attack on Titan 97 ini mengandung spoiler. Jadi dianjurkan kamu membaca dulu sebelum melanjutkan menyelesaikan ulasan ini hingga tuntas.

Kalau kamu memang tidak keberatan spoiler atau sudah membaca babnya, tentu tidak ada masalah.

SPOILER ALERT!!!

[page_break no="1" title="Reiner yang Hampir Bunuh Diri"]

Pembahasan Attack on Titan 97: Eren Sudah Menyelinap ke Marley?

[duniaku_adsense]

Kehidupan Reiner penuh dengan pura-pura. Dia terpilih menjadi Armored Titan karena Marcel Galliard menjelek-jelekkan adiknya sendiri, yakni Porco. Dia lalu seakan mengadopsi persona penuh wibawa dan percaya diri dari almarhum Marcel, baik dalam membawa diri di hadapan para kadet Training Corps maupun di depan Bertolt dan Annie.

Ia lalu tampil sebagai sosok mentor yang suportif, bahkan bagi Eren yang berambisi untuk membunuh semua Titan. (Termasuk Armored dan Colossal, yang dulu jadi dalang kehancuran Tembok Maria). Annie menuduh Reiner terlalu bersahabat dengan Eren dan kawan-kawan. Reiner membantah, namun kenyataannya dia memang terlalu dekat dengan sesama anggota Training Corps.

[read_more id="324391"]

Tubuh Reiner mungkin sekeras baja sebagai Armored Titan. Tapi dia masih memiliki kondisi jiwa manusia. Di Attack on Titan 97 dia bahkan tidak repot-repot menanti upaya balas dendam Eren atau terciduk oleh Polisi Militer karena menyampaikan keraguan terhadap "iblis Pulau Paradis." Dia sudah mengisi senapan untuk membunuh dirinya sendiri.

Kalau Reiner mati, kekuatan Armored Titan akan berpindah acak ke bayi Eldia di belahan dunia manapun. Pada akhirnya, dia mengurungkan niat karena ingin mewariskan kekuatan ini ke Falco.

[page_break no="2" title="Eren?!"]

Pembahasan Attack on Titan 97: Eren Sudah Menyelinap ke Marley?

Ngomong-ngomong soal Falco, dia mengunjungi rumah sakit untuk veteran perang di Attack on Titan 97 ini. Di sana dia menemui sosok yang sangat mencurigakan: pria cacat yang ternyata mirip sekali dengan Eren Yeager!

Wajah jelas dari si "veteran perang" ini jelas memberi twist baru untuk plot. Awalnya, penulis (dan mungkin kamu sebagai fan Attack on Titan) menyangka kalau plot Marley ini akan berujung ke invasi besar-besaran ke Pulau Paradis. Marley akan datang dengan pesawat, prajurit, artileri, dan semua persenjataan yang mereka bisa bawa. Juga semua Titan yang mereka miliki, termasuk Warhammer Titan.

Lalu Eren, Armin, dan mungkin Annie atau siapa pun yang mewarisi kekuatan Female Titan, akan menghadapi mereka. Dalam skenario bertahan seperti itu, Pulau Paradis dipastikan akan kehilangan banyak prajurit.

Namun bila benar sosok ini Eren, maka Paradis memutuskan untuk ganti strategi. Mereka datang duluan ke Marley dan siap untuk menyerang pertama, bila dibutuhkan. Sosok misterius di atas juga tampaknya tidak lagi naif. Dari kata-katanya kepada Falco, ia tahu apa yang terjadi di Marley. Kita lihat saja apa itu akan mempengaruhi tindakannya.


 

Apalagi hal menarik dari Attack on Titan 97? Baca lanjutannya di halaman berikutnya!

[page_break no="3" title="Apa Makna Surat Ini?"]

Pembahasan Attack on Titan 97: Eren Sudah Menyelinap ke Marley?

[duniaku_baca_juga]

Sosok mirip Eren ini semakin misterius karena namanya adalah Kruger. Kalau kamu lupa, Eren Kruger adalah pemilik Assault Titan sebelum Grisha Yeager, ayah Eren sendiri. Karenanya Eren akan memiliki memori dari Eren Kruger juga.

[read_more id="321051"]

Kemudian, Eren memanfaatkan simpati Falco agar bocah itu mengirimkan pesan pos ke seseorang. Apakah... apakah ini berarti sudah ada petarung tangguh Pulau Paradis yang ikut melintas ke Marley? Ini bukan pertama kalinya Levi, Mikasa, dan Hange terlibat dalam misi infiltrasi. Mereka sudah pernah menjatuhkan satu pemerintahan dengan taktik ini sebelumnya. Mungkinkah mereka akan menggunakan pengalaman mereka lagi di sini?

Eren juga punya momentum tepat untuk melakukan penyerangan mendadak.

[page_break no="4" title="Wajah Warhammer Titan"]

Pembahasan Attack on Titan 97: Eren Sudah Menyelinap ke Marley?

[duniaku_adsense]

Willie Taybar, kepala dari Keluarga Taybar, memperlihatkan dirinya di Attack on Titan 97. Dia juga mengungkap kepada Kapten Magath kalau dialah Warhammer Titan saat ini.

Willie berniat mengungkap banyak hal kepada penduduk Marley saat bicara dengan Magath. Magath tampaknya ragu untuk menerima tawaran jabat tangan Willie, namun mengingat Willie - seharusnya - adalah Warhammer Titan, dan pria ini adalah bayangan di balik kekuasaan Marley, ia tak benar-benar bisa berbuat banyak.

Sebelumnya, sudah dijanjikan kalau keluarga Taybar akan membuat deklarasi penyerbuan ke Pulau Paradis. Bila benar Eren sudah ada di Marley, sebagai Eren Kruger, maka deklarasi ini bisa berbuntut ke konflik berdarah. Pertanyaannya: bila Warhammer, Beast, Cartman, Armored, dan Jaw Titan harus bertempur dengan Assault Titan, Colossal Titan, serta mungkin Female Titan di tengah-tengah kemelut... siapa yang akan menang?

Apa yang diincar Eren kalau begitu? Apakah pembunuhan Willie Taybar? Aksi teror? Tampaknya kita harus menanti bab berikutnya untuk mengetahui jawabannya. Ini bisa jadi akan sangat menarik.


Itulah pembahasan Attack on Titan 97. Bagaimana kesanmu tentang bab ini? Sampaikan di kolom komentar!

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU