Pembahasan Attack on Titan 97: Eren Sudah Menyelinap ke Marley?

Attack on Titan 97

Sosok mirip Eren muncul di Attack on Titan 97! Apakah ini pertanda kaum Eldia di Pulau Paradis memutuskan menyerang Marley duluan?

Baca Juga

Pembahasan Attack on Titan 97 ini mengandung spoiler. Jadi dianjurkan kamu membaca dulu sebelum melanjutkan menyelesaikan ulasan ini hingga tuntas.

Kalau kamu memang tidak keberatan spoiler atau sudah membaca babnya, tentu tidak ada masalah.

SPOILER ALERT!!!

1

Reiner yang Hampir Bunuh Diri


Kehidupan Reiner penuh dengan pura-pura. Dia terpilih menjadi Armored Titan karena Marcel Galliard menjelek-jelekkan adiknya sendiri, yakni Porco. Dia lalu seakan mengadopsi persona penuh wibawa dan percaya diri dari almarhum Marcel, baik dalam membawa diri di hadapan para kadet Training Corps maupun di depan Bertolt dan Annie.

Ia lalu tampil sebagai sosok mentor yang suportif, bahkan bagi Eren yang berambisi untuk membunuh semua Titan. (Termasuk Armored dan Colossal, yang dulu jadi dalang kehancuran Tembok Maria). Annie menuduh Reiner terlalu bersahabat dengan Eren dan kawan-kawan. Reiner membantah, namun kenyataannya dia memang terlalu dekat dengan sesama anggota Training Corps.

Pembahasan Attack on Titan 96: Sisi Lain dari Hancurnya Tembok Maria

Jauh sebelum ini, kita sudah melihat hancurnya Tembok Maria. Attack on Titan 96 memperlihatkan kejadian ini dari sudut pandang para Titan!
Baca Juga

Tubuh Reiner mungkin sekeras baja sebagai Armored Titan. Tapi dia masih memiliki kondisi jiwa manusia. Di Attack on Titan 97 dia bahkan tidak repot-repot menanti upaya balas dendam Eren atau terciduk oleh Polisi Militer karena menyampaikan keraguan terhadap “iblis Pulau Paradis.” Dia sudah mengisi senapan untuk membunuh dirinya sendiri.

Kalau Reiner mati, kekuatan Armored Titan akan berpindah acak ke bayi Eldia di belahan dunia manapun. Pada akhirnya, dia mengurungkan niat karena ingin mewariskan kekuatan ini ke Falco.

2

Eren?!

Ngomong-ngomong soal Falco, dia mengunjungi rumah sakit untuk veteran perang di Attack on Titan 97 ini. Di sana dia menemui sosok yang sangat mencurigakan: pria cacat yang ternyata mirip sekali dengan Eren Yeager!

Wajah jelas dari si “veteran perang” ini jelas memberi twist baru untuk plot. Awalnya, penulis (dan mungkin kamu sebagai fan Attack on Titan) menyangka kalau plot Marley ini akan berujung ke invasi besar-besaran ke Pulau Paradis. Marley akan datang dengan pesawat, prajurit, artileri, dan semua persenjataan yang mereka bisa bawa. Juga semua Titan yang mereka miliki, termasuk Warhammer Titan.

Lalu Eren, Armin, dan mungkin Annie atau siapa pun yang mewarisi kekuatan Female Titan, akan menghadapi mereka. Dalam skenario bertahan seperti itu, Pulau Paradis dipastikan akan kehilangan banyak prajurit.

Namun bila benar sosok ini Eren, maka Paradis memutuskan untuk ganti strategi. Mereka datang duluan ke Marley dan siap untuk menyerang pertama, bila dibutuhkan. Sosok misterius di atas juga tampaknya tidak lagi naif. Dari kata-katanya kepada Falco, ia tahu apa yang terjadi di Marley. Kita lihat saja apa itu akan mempengaruhi tindakannya.


 

Apalagi hal menarik dari Attack on Titan 97? Baca lanjutannya di halaman berikutnya!

1
2

SHARE
Previous articleSneak Peek Gameplay Dynasty Warriors 9: Hack and Slash Klasik dengan Sentuhan Baru
Next articleInilah 9 Fakta Menarik Tentang Law yang Perlu Kalian Ketahui!

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.