Menjelajah STGCC 2017: Acara Besar yang Semakin Megah

Hari pertama STGCC 2017 sudah berlangsung Sabtu, 9 September 2017. Sebelumnya acara ini sudah tergolong megah. Tahun ini, event ini terasa semakin besar!

Baca Juga

Jadi, perwakilan Duniaku.net diundang untuk menghadiri Singapore Toy Game and Comic Convention 2017. Hari pertama acara ini sudah berlangsung pada tanggal 9 September 2017 kemarin. Sudah mencicipi STGCC sejak 2016, penulis mendapati kalau event yang sudah megah ini terasa semakin besar.

Liputan STGCC 2016: Kemeriahan Event Pop Culture yang Sangat Komplit!

Singapore Toy Games and Comic Convention berlangsung 10-11 September. Penasaran seperti apa? Simak saja liputan STGCC 2016 ini!
Baca Juga

Seperti biasa, STGCC menghadirkan deretan tamu yang menarik. Ada ilustrator Adi Granov dan Frank Cho, yang pasti dikenal oleh fan komik Amerika. Ada cosplayer ternama Iori Moe yang menjadi bintang tamu. Lalu dari segi toys, acara ini menyajikan barang eksklusif dari Hot Toys dan Funko Pop, galeri XM Studio, serta banyak lagi yang lain. Ada juga booth seperti Beast Kingdom, yang mencuri perhatian lewat patung Hulk dan Thor mereka.


Dari lini toys sih yang terasa kurang hanya tidak adanya Good Smile Company, perusahaan di balik Figma dan Nendoroid.

 

Adapun yang membuat STGCC 2017 terasa lebih besar dari sebelumnya adalah tambahan area ini: GGXP, yang meruapakan singkatan dari Good Game Experience.

Area eSport sudah ada sejak STGCC 2016. Tahun lalu, pertandingan dari game eSport ternama seperti Overwatch diadakan di sana. Bahkan ada dukungan resmi dari Mountain Dew, minuman favorit D.va di fandom, yang memberikan minuman gratis untuk pengunjung.

Tapi GGXP bukan sekedar area eSport. Tentunya kegiatan eSport tahun ini diadakan di wilayah game tersebut. Ada kompetisi Dota 2 dan CS:GO yang berlangsung seru di sana. Namun ada juga area para pengembang game indie untuk unjuk gigi.

Review Masquerada: Songs and Shadows – RPG dengan Misteri Memikat

Dalam review Masquerada: Songs and Shadows ini, Duniaku akan membahas game RPG dengan kisah misteri yang sangat memikat dan gaya visual menarik!
Baca Juga

Game indie yang dipamerkan juga cukup beraneka ragam. Ada game seperti Masquerada, yang sudah lama dirilis di Steam. Kamu bahkan bisa membaca ulasannya di Duniaku.net.

 

Namun ada juga pengembang-pengembang indie asal Singapura yang menggelar booth memamerkan gamenya. Bahkan ada anugerah tersendiri untuk para pelaku industri game indie dari Singapura ini. Dan penulis kebetulan diberi kesempatan untuk menjadi salah satu dari empat juri yang menentukan mana game yang pantas menjadi jawara dan runnerup event ini.

Dengan tambahan area indie dan bahkan wilayah untuk main console dengan santai, game di STGCC kini terasa setara dengan toys dan komik.

Area game semakin terasa lengkap berkat keberadaan wilayah tabletop. Tentu saja, di Indonesia sendiri area tabletop bukan hal yang asing. Game Prime menyediakannya, demikian pula dengan Battle of the Toys dan Popcon.

Yang membuat area tabletop STGCC menarik bisa dibilang adalah variasi mainannya. Tak hanya board game, wilayah ini juga menyediakan kompetisi dari game miniatur seperti X-Wing, TCG seperti Final Fantasy TCG, hingga wargame seperti Warhammer 40K. Tidak ingin ikut kompetisi? Ada beberapa meja yang menyediakan tempat main dan bahkan tutorial. Ingin beli? Ada banyak variasi tabletop yang dijual di stand-stand sekeliling area.

Hal menarik lain soal GGXP ini adalah lokasinya. Bila kamu ingin keluar STGCC, kamu wajib melewati GGXP. Dengan struktur seperti ini, walau kamu numpang lewat pun kamu tetap dapat merasakan semua sensasi STGCC. Mulai dari toys, komik, hingga berbagai jenis game.

Struktur menarik ini mungkin bisa dipelajari oleh organizer event lokal.

Dominasi Star Wars

Kalau kamu fan Star Wars, maka STGCC tahun ini pasti akan memanjakanmu. Tak tanggung-tanggung, franchise Space Opera legendaris ini sampai memiliki satu area tersendiri. Di dalam area ini kamu bisa berjumpa dengan BB8 yang lucu atau sekedar melihat-lihat replika menarik dari kendaraan ikonik seperti TIE fighter.

Tidak hanya itu, area ini juga menawarkan dagangan-dagangan menarik Star Wars. Mulai dari yang standar seperti action figure hingga bantal dan… sumpit serta mangkuk untuk nasi atau sup Miso.

Area ini juga dipenuhi oleh cosplayer Star Wars, mulai dari komunitas hingga yang memang disediakan resmi oleh panitia.

Dengan semua kelebihan itu, jelas area satu ini rasanya wajib untuk dijelajahi, terutama oleh fan Star Wars. Hanya saja hati-hati dompet jebol.


Itulah pandangan penulis dalam hari pertama di STGCC 2017. Hari ini, penulis berencana untuk melapang lagi melihat keseruan hari kedua sebelum kembali ke Indonesia. Hal menarik apa saja yang bisa penulis temukan? Nantikan saja laporannya.

Untuk yang penasaran dengan STGCC 2017 dan ingin cari tahu informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi: fan page STGCC 2017.


SHARE
Previous articlePembahasan Vandaria Saga Red Deimos Episode 7: Pertemuan Nero dan Velius Redfang!
Next articleNaruto Run di Comifuro 9: Begini Jadinya Jika Fans Naruto Beramai-Ramai Lari ala Naruto!

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.