PSO2 SEA Tutup? Lari ke PSO2 JP Bisa Jadi Pilihan Bagus

PSO2 JPTutupnya pelayanan game online Phantasy Star Online 2 (PSO2) oleh developer game online se-Asia Tenggara, Playpark. Membuat sejumlah pemain turut bersedih karena kehilangan salah satu sahabat bermain mereka. Tapi gak semua orang sedih karena masih ada harapan untuk bermain jauh lebih baik di PSO2 server Jepang atau disingkat PSO2 JP.

Baca Juga

Dengan bermodalkan aplikasi proxy, pemain dapat memainkan Phantasy Star Online 2 server Jepang atau PSO2 JP. Tapi tentunya sebelum bermain, kalian perlu membuat ID terlebih dahulu, dan masalah terbesarnya adalah sistem captcha yang menggunakan huruf hiragana sehingga perlu kemampuan membaca huruf hiragana atau kalian perlu nyari-nyari di kamus itu huruf apa, ya.

Baca Juga

SPOILER ALERT!!!

Bicara tentang update, tentunya PSO2 JP punya konten jauh lebih besar dibandingkan PSO2 SEA (South East Asia). Untuk detail singkat masing-masingnya bisa dijabarkan sebagai berikut:

PSO2 JP sudah menyentuh Episode 5

Tidak seperti di PSO2 SEA yang akhirnya gulung tikar pada akhir Episode 2, PSO2 JP saat ini baru memulai Episode 5 yang ceritanya mungkin sudah bukan lagi tentang D-Arkers. Tapi mungkin saja ada sangkut pautnya karena Episode 5 masih sebatas awal cerita.

3 Class baru yang belum dirilis di SEA

PSO2 JP
Sumber: bumped.org

3 class baru ini bisa dibilang cukup mantap pada masa perilisannya. Ada Bouncer yang mampu bertarung dengan strike dan force secara bersamaan yang dirilis pada Episode 3. Lalu di Episode 4 ada class Summoner yang menggunakan peliharaan lucunya untuk bertarung. Dan di Episode 5 ini ada class Hero yang mampu menggunakan semua kemampuan baik strike, range, dan force.

Sistem Layered Wear. Buat karaktermu lebih variatif lagi.

PSO2 JP
Sumber: Twitter

Sistem Layered Wear dirilis pada Episode 4 dimana kamu bisa menggunakan pakaian secara berlapis, seperti jaket, kaos, celana, sampai pakaian dalam. Sistem ini hanya dapat diterapkan oleh ras non-CAST, jadi sekarang udah gak ada lagi yang rasis karena masalah baju. Seperti yang diketahui pada awal permainan kalau CAST butuh 3 parts tubuh.

Kolaborasi dengan game lain, bahkan dengan non-SEGA

PSO2 JP
Sumber: Twitter

Mau cosplay jadi Gilgamesh dari serial Fate sampai 2B dari NieR: Automata? Bisa! PSO2 JP sudah berkolaborasi dengan sejumlah game baik dari SEGA maupun non-SEGA sehingga ada banyak koleksi pakaian, weapon camo, aksesoris, sampai gaya rambut yang menyerupai karakter dari game tersebut. Tapi liat-liat jenis kelamin karakter kalian juga. Gak mungkin banget karakter cowok jadi 2B atau Saber. Tapi sekiranya jadi 9S atau Gilgamesh bisa.

PSO2 JP
Sumber: bumped.org

Bahkan untuk situasi terlangka, kamu bisa saja dapat kesempatan untuk bertarung melawan Odin dari serial Final Fantasy. Jika kamu berhasil memenangkan pertarungan melawan Odin, maka BGM kemenangan ala Final Fantasy akan diputar. Kalau kamu beruntung, kamu bisa saja dapat drop berupa Weapon Camo Zantetsuken.

Jadi bisa dibilang main di server JP gak buruk juga, kan? Jika kamu takut sama bahasa asalnya, gak usah takut. Karena untuk sejumlah aplikasi proxy sudah termasuk English Patch-nya, sehingga sebagian besar konten sudah diterjemahkan ke bahasa inggris, kecuali untuk sejumlah update terbaru.


Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleInilah Asal Mula dari Pennywise, Badut Mengerikan di Film IT!
Next articleLineup Game Bandai Namco di Ajang Tokyo Game Show 2017

Senang dengan Game FPS dan Action. Hampir di setiap game, role-nya adalah Ranger (selama bukan pakai busur panah). Suka jalan-jalan ke event, fotografi cosplay, dan Zaku.