Guide Final Fantasy Brave Exvius: Cara Mengalahkan Sol!

Sol menjadi boss di story mode yang cukup sulit untuk dikalahkan, bahkan untuk pemain yang memiliki karakter-karakter top-tier. Bagaimanakah cara mengalahkannya? Baca saja guide Final Fantasy Brave Exvius ini!

Guide Final Fantasy Brave Exvius: Cara Mengalahkan Sol!

Guide Final Fantasy Brave Exvius: Cara Mengalahkan Sol! Sumber: Youtube">[/caption]

Sol menjadi boss di story mode yang cukup sulit dikalahkan, bahkan untuk pemain yang memiliki karakter-karakter top-tier. Bagaimanakah cara mengalahkannya? Baca saja guide Final Fantasy Brave Exvius ini!

Jika kamu sudah cukup lama memainkan Final Fantasy Brave Exvius, pastinya kamu sudah menyadari bahwa boss yang ada di story tidaklah sulit untuk dikalahkan—apalagi jika dibandingkan dengan boss di trial dan event. Nah, meskipun begitu, ada satu boss yang cukup sulit dikalahkan, yaitu: Sol! Bagaimanakah cara mengalahkan Sol ini?

[duniaku_baca_juga]

cara mengalahkan sol ffbe

Sol adalah salah satu anggota dari Hess’ Eight Sages dan dia merupakan salah satu antagonis utama dalam kisah Final Fantasy Brave Exvius. Mendekati season pertama Final Fantasy Brave Exvius sendiri, kamu akan berhadapan dengan Sol. Nah, final boss yang satu ini ternyata cukup sulit untuk dikalahkan karena dia memiliki HP dan elemental resistance yang tinggi. Selain itu, dia juga memiliki berbagai macam spell yang mampu menghancurkan party-mu dalam satu giliran.

Meskipun Sol cukup sulit, dan saya sendiri beberapa kali gagal mengalahkan Sol meski dengan party yang cukup mumpuni (Dark Fina, Rikku, Tilith, Warrior of Light, Zargabaath, Friend: Trance Terra), tetapi pada akhirnya saya bisa mengalahkan final boss yang satu ini. Dari situ, saya bisa beri beberapa tips cara mengalahkan Sol. Berikut ini adalah beberapa tips cara mengalahkan Sol:

Chaining

Sol memiliki HP yang sangat tinggi. Cara paling efisien untuk mengalahkan Sol adalah dengan membuat chain yang tinggi. Akan tetapi, hal ini hanya bisa kamu lakukan jika kamu bisa menghabiskan HP-nya dalam satu-dua turn. Kalau tidak bisa, maka kamu harus mengubah strategimu menjadi lebih defensif.

Serangan Non-elemental

Seperti yang bisa kalian lihat di atas, Sol memiliki elemental resistance yang cukup tinggi terutama Light—kecuali untuk elemen Dark. Nah, jika kamu ingin memberikan damage secara maksimum pada Sol, maka kamu harus menggunakan senjata non-elementalterutama Excalibur yang tidak mungkin memberikan damage pada Sol meskipun telah kalian Imperil atau Light-Imperil (seperti dari ability Divine Ruination).

[duniaku_adsense]

Magic Damage

Guide Final Fantasy Brave Exvius: Cara Mengalahkan Sol!

Selain itu, non-elemental magic damage dan skill juga sangat berguna dalam pertarungan kali ini. Hal ini dikarenakan terkadang Sol akan mem-buff dirinya dengan reflect—yang akan mengembalikan serangan magic-mu. Kamu sendiri sebenarnya bisa mengurangi efek reflect ini dengan menyerang menggunakan ability.

Beberapa magic/ability yang cukup berguna dalam pertarungan melawan Sol adalah: Ultima, Chaos Wave, Tri-Beam Laser, dan Meteor. Saya menyarankan selama pertarungan ini, kamu setidaknya membawa satu/dua Magic Damage sebagai pemberi damage utama pada Sol.

AoE Revive

Healer yang bisa menghidupkan kembali party adalah suatu keharusan dalam pertarungan ini—kecuali kamu bisa mengalahkan Sol dengan sekali pukul. Selain itu, jika kamu memiliki healer atau unit yang memiliki AoE revive—yang bisa menghidupkan seluruh party-mu sekaligus—seperti Tilith atau Rikku, maka tidak ada salahnya kamu membawa mereka.

Cara mengalahkan Sol paling penting ada di halaman selanjutnya!

Manfaatkan Dispelga Milik Sol

Sol akan terus menerus menghujanimu dengan spell. Cara pertama untuk mengurangi serangannya adalah dengan memberi buff pada seluruh party-mu dengan apapun buff yang kamu miliki. Hal ini tidak serta merta membuat party-mu menjadi kuat, tetapi untuk mengurangi jumlah serangan yang diberikan oleh Sol. Karena, dengan memberikan buff, otomatis Sol akan mengeluarkan Dispelga ke party—yang mana mengurangi jumlah serangannya.

Sebenarnya, ada cara lain untuk menghilangkan Dispelga miliknya, yaitu dengan Sealing Blade atau Manufactured Nethecite. Akan tetapi, jika kamu tidak memiliki keduanya, kamu bisa melakukan cara di atas. Selain itu, Dispelga milik Sol juga berguna untuk menghilangkan debuff party-mu jika kamu tidak memiliki Bushido – Freedom.

Dispel Buff Sol dan Debuff

Guide Final Fantasy Brave Exvius: Cara Mengalahkan Sol!

Ini adalah prioritas! Setiap kali Sol mem-buff dirinya dengan Reflect atau terutama Sage Wisdom, kamu diharuskan men-dispel buff tersebut. Ini juga supaya damage yang diberikan oleh Sol bisa diminimalisir.

Oh, selain itu, jika kamu memiliki kesempatan, jangan lupa untuk men-debuff Sol menggunakan ability seperti Fullbreak atau Arm Eraser milik Warrior of Light.

Bersiap-Siap Saat HP-nya di Bawah 80% dan 50%

Ketika HP milik Sol sudah berada di bawah 80% atau 50%, maka bersiap-siaplah dengan serangan Sol yang lebih menggila. Hal pertama yang perlu kamu ingat adalah: dispel! Ya, seperti yang saya sebutkan di atas adalah kamu harus men-dispel buff milik Sol. Selain itu, kamu juga disarankan untuk men-debuff Sol dengan FullBreak atau ability sejenis. Pastikan pula HP party­­-mu penuh atau berada di level aman untuk menerima seluruh damage yang diberikan oleh Sol.

Espers

Guide Final Fantasy Brave Exvius: Cara Mengalahkan Sol!

Karena Sol menggunakan serangan elemental, maka disarankan bagimu untuk tidak menggunakan Esper yang bisa mengurangi elemental resist milikmu—terutama Earth (Tetra Sylphid -50% Earth), Thunder (Siren -50% Thunder), Ice (Ramuh -50% Ice), dan Light (Diabolos -50% Light).

Yang paling aman adalah jika kamu menggunakan Espers berikut ini: Lakshmi (non-elemental), Odin (non-elemental), Golem (+50% Earth), Titan (+50% Earth), Carbuncle (+50% Earth), dan Shiva (+50% Ice).

Lantas komposisi tim seperti apa yang dibutuhkan? Cara mengalahkan Sol selanjutnya bisa kamu baca di halaman 3!

Kesimpulan – Komposisi yang Ideal

Jika kamu tidak bisa mengalahkan Sol dengan sekali pukul, maka kamu harus bermain lebih defensif. Sejatinya, pertarungan melawan Sol adalah soal debuff men-debuff, jadi saya sarankan dua hal ini selalu kamu prioritaskan setiap turn.

  1. Debuff Sol – Jika Sol mem-buff dirinya dengan Reflect Sage Art.
  2. Buff party-mu Untuk mengurangi jumlah serangan Sol per giliran. Selain itu, kamu mendapatkan Dispelga gratis jika party-mu di debuff oleh Sol.

Party yang saya gunakan adalah sebagai berikut (stats belum termasuk Espers):

Dark Fina

Guide Final Fantasy Brave Exvius: Cara Mengalahkan Sol!Guide Final Fantasy Brave Exvius: Cara Mengalahkan Sol!

  1. Digunakan untuk damage utama dengan Ultima (+2).
  2. Terkadang menggunakan Osmose untuk mengembalikan MP yang terkuras.

Rikku

Guide Final Fantasy Brave Exvius: Cara Mengalahkan Sol! Guide Final Fantasy Brave Exvius: Cara Mengalahkan Sol!

  1. Kegunaan utama untuk menghilangkan buff milik Sol dengan dispel
  2. Selain itu, AoE 100% revive dengan Mega Phoenix atau buff party supaya Sol mengeluarkan Dispelga.
  3. Jika ada kesempatan, bisa juga digunakan untuk chaining dengan Ultima milik Dark Fina menggunakan Burning Soul/Tidal Wave/Winter Storm/Lightning Rod.

Tilith

Guide Final Fantasy Brave Exvius: Cara Mengalahkan Sol! Guide Final Fantasy Brave Exvius: Cara Mengalahkan Sol!

  1. Radiant Light untuk melakukan 100% heal
  2. Goddess’ Revelation untuk AoE Revive 100%.
  3. Prism Heal digunakan jika HP milik Tilith masih dalam batas aman. Tujuannya: untuk mengembalikan MP milik party. Yep, Tilith juga berguna sebagai MP Battery.
  4. Pretty Steel untuk men-debuff Sol dari Sage’s Wisdom. Jarang dipakai karena Tilith lebih fokus pada heal.

Warrior of Light

Guide Final Fantasy Brave Exvius: Cara Mengalahkan Sol! Guide Final Fantasy Brave Exvius: Cara Mengalahkan Sol!

  1. Arms Eraser/Fullbreak untuk men-debuff ATK dan MAG Sol.
  2. Selain itu, dia juga bisa Raise untuk menghidupkan kembali healer-mu jika mati (kemudian dilanjutkan dengan Radiant Light milik Tilith untuk memulihkan HP).
  3. Embolden untuk mem-buff party ketika tidak ada unit lain yang bisa melakukan ini.
  4. Oh, dan Warriors Pride miliknya bisa membuat Warrior of Light bertahan hidup lebih lama.

Zargabaath

Guide Final Fantasy Brave Exvius: Cara Mengalahkan Sol! Guide Final Fantasy Brave Exvius: Cara Mengalahkan Sol!

  1. Sebagai buff utama dengan Archadian Light atau Bastion untuk memancing Sol melakukan Dispelga.
  2. Archadian Light atau Hero Crest biasa saya gunakan sebelum menyerang.
  3. Rejuvenate digunakan untuk mengembalikan HP dan MP satu unit. Cukup berguna sebagai MP Battery jika Tilith sedang sibuk healing.

Saya menggunakan friend unit yaitu Ace dengan Tri Beam Laser (+2) miliknya untuk chaining dengan Ultima (+2) milik Dark Fina. Tentu saja, jika kamu tidak memiliki party serupa. Kamu bisa menggunakan unit lain yang memiliki kemampuan serupa yang bisa digunakan sesuai strategi yang saya jabarkan.

[duniaku_adsense]

Itulah tadi cara mengalahkan Sol, semoga dengan guide ini kamu bisa mengalahkan Sol. Apakah kamu punya tips dan trik lain untuk mengalahkan Sol? Berbagi di kolom komentar, yuk!

Apakah kamu kesulitan ketika bermain Final Fantasy Brave Exvius? Jika kamu memiliki boss yang sulit dikalahkan, atau ingin tips dan trik tertentu, silakan request di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU