Keseruan Criminal Minds Korea: Memburu Psikopat yang Berkeliaran di Jalanan

 

Penjahat ada di jalanan! Saksikan keseruan K-drama Criminal Minds mengungkap pembunuhan, penculikan, dan kasus lainnya dengan cara yang berbeda!

TvN lagi-lagi menghadirkan terobosan dalam tayangan drama Korea. Criminal Minds hadir sebagai drama Korea bergenre thriller yang dipadukan dengan scientific procedural. Dikatakan sebagai remake dari serial barat yang mempunyai judul sama, Criminal Minds, Criminal Minds Korea pastinya mempunyai daya tarik dan perbedaan tersendiri. Drama ini menyuguhkan suatu cerita seru yang tak terlupakan dengan pendekatan psikologi yang membekas di hati.

Pemeran

Criminal Minds Korea diperankan oleh sederet bintang ternama di Korea, tidak luput aktor tampan Lee Joon Gi dan artis cantik Lee Sun Bin.

Lee Joon Gi berperan sebagai Kim Hyun Joon, seorang perwira polisi generasi kedua. Dia bergabung dengan NCI atas rekomendasi Kang Ki-hyung.

 

Dia pada awalnya adalah seorang perwira SWAT yang mengkhususkan diri pada EOD yang telah dipindahkan ke Unit Kejahatan Berat sebagai penyidik. Hal ini terjadi setelah menyaksikan salah seorang bawahannya meninggal saat sebuah bom yang sedang dijinakkan meledak. Dia menyaksikan ayahnya dibunuh oleh seorang kriminal saat masih kecil dan hanya memiliki sedikit simpati terhadap penjahat.

criminal minds

Son Hyun Joo memerankan Kang Ki Hyung, pemimpin tim dan seorang profiler NCI veteran yang telah menerbitkan sebuah buku tentang kriminologi. Meskipun penampilannya yang tanpa ekspresi, dia sangat memperhatikan timnya, yang dia anggap sebagai keluarga kedua.

Trio wanita NCI diperankan oleh Moon Chae Won, Yoo Sun, dan Lee Sun Bin. Mereka saling berbagi tugas di bidang spesialisasinya masing-masing. Ha Sun Woo diperankan oleh Moon Chae Won.

Dia adalah seorang agen lapangan dan analis perilaku NCI. Dia cenderung mengikuti protokol dan mengikuti buku pedoman, berbeda dengan Hyun-joon. Seperti Hyun-joon dia adalah mantan perwira polisi.

 

 

Di sisi lain, Yoo Sun yang memerankan Nana Hwang mempunyai peran yang berbeda. Hwang adalah analis spesialis teknologi NCI yang memberikan dukungan dari komputernya berupa data dan rekam jejak.

Selain itu, Lee Sun Bin memerankan Yoo Min Young, seorang petugas humas dan media NCI. Dia bertugas untuk menangani konferensi pers dan publikasi berita kriminal. Dia menjadi penjaga keponakannya yang yatim piatu Ha Eun sejak kematian saudara perempuan dan iparnya. Gadis cantik yang satu ini merupakan mood-maker dari tim.

Cerita

Criminal Minds mengangkat cerita mengenai upaya anggota khusus bagian investigasi kriminal (NCI) untuk mengungkap suatu kasus yang terjadi di masyarakat. Biasanya kasus diawali dari kasus-kasus serupa di masa lalu yang mempunyai pola yang sama dengan kasus yang terjadi di masa sekarang.

 

 

Tim ini bertugas untuk mengungkap pola kasus, mengetahui penjahat, menangkap pelaku, dan menyelamatkan korban atau mencegah korban lain berjatuhan.

Keseluruhan cerita yang diangkat biasanya terbagi dalam tiga segmen, yaitu pengenalan, analisis, dan pengejaran. Cerita dikemas dengan sangat baik sehingga penonton tidak dibiarkan bosan dalam setiap waktu yang terlewatkan.

 

Pengenalan diawali dengan terjadinya suatu kasus di masyarakat. Setiap kasus memiliki ciri khas masing-masing tergantung pelaku yang melakukannya. Mulai dari penyelidikan TKP, autopsi korban, dan mengenali cara pelaku melakukan kejahatan dilakukan.

Setelah terjadinya kasus, tim mulai menganalisis dengan cara mengkaitkan dengan kasus sebelumnya dan mencari alasan mengapa pelaku menggunakan cara tersebut. Analisis tersebut membuahkan hasil berupa ciri-ciri pelaku sehingga pengejaran dapat dikerucutkan menjadi tinggal beberapa orang saja.

Ilmu yang diangkat oleh serial Criminal Minds adalah Criminal Behavior Analysis yang mana menganalisis perilaku dari pelaku dalam setiap kejadian kasus yang terjadi. Pendekatan ini dinamakan sebagai profiling. Profiling dapat mengerucutkan pelaku menjadi beberapa orang dengan melihat pola perilaku kejahatan dan bukti-bukti yang ada.

Jangan lewatkan ulasan mengenai Criminal Minds Korea di halaman 2 yaa.