Pernah Nonton The Host? Ini 5 Film Terbaik Bong Joon-ho

The Host melambungkan nama Bong Joon-ho, salah satu sutradara terbaik Korea Selatan ke dunia internasional. Berikut 5 film terbaik yang wajib kamu tonton. #film

2

Mother (Madeo) (2009)

Bonjour Tristesse

Mother adalah karya Bong Joon-ho paling disturbing dengan eksekusi babak akhir yang mengejutkan. Pada adegan pembuka, kita melihat seorang ibu, mungkin berumur 40-50-an, menari creepy di tengah padang rumput. Entah apa yang ia pikirkan dan lakukan, kita tidak tahu. Ia miskin dan bekerja menjual tanaman obat. Ia mengurus seorang anak berkebutuhan khusus sendirian. Tapi suatu ketika, anaknya ditangkap polisi dan dituduh membunuh. Sang ibu tidak tinggal diam, dan mengorbankan segalanya untuk membuktikan anaknya tidak bersalah.

Mother adalah sajian sinematis yang menggambarkan secara pedih dan intens kehidupan dan pandangan seorang ibu paruh baya yang sangat mencintai anaknya. Cinta ibu memang tiada batas. Kita akan dengan sangat mudah tersedot dalam emosi, barangkali marah dan sedih, sembari menerka-nerka langkah selanjutnya, sebelum kita mengetahui kebenaran di baliknya. Coba pikirkan kata apa yang mirip secara fonetik dengan kata “Mother”.

1

Memories of Murder (2003)

Adam Mohrbacher

Pada tahun 1986 di suatu provinsi kecil di Korea Selatan, tiga orang detektif sedang berjuang memecahkan kasus beberapa wanita muda yang ditemukan diperkosa dan dibunuh oleh seseorang misterius.

Memories of Muder boleh dibilang mahakarya sutradara Bong Joon-ho. Film ini diangkat dari kisah nyata pembunuh berantai pertama yang terekam dalam sejarah Korea Selatan. Dalam film ini, Bong Joon-ho tidak ingin terjebak dalam film-film detektif yang fokus pada pembunuh atau kasusnya, tapi ia justru membahas kisah polisi yang bertanggungjawab atas kasus ini dan dampak emosional yang mereka dapatkan sehingga mempengaruhi hidup mereka.

Tidak seperti The Host yang lucunya kelewatan atau Snowpiercer yang serius, film ini adalah eksekusi ultimate dan ciri khas Joon-ho. Humor gelapnya sangat terasa berguna karena juga berperan membangun langkah demi langkah cerita dan suasana film ini. Memories of Murder sangat detail di setiap adegannya. Posisi tokoh dalam bingkai gambar, entah mereka sedang ngobrol atau sekadar merenung, memiliki makna tertentu di baliknya. Well-made and beautifully performed.

Diedit oleh Fachrul Razi


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!
TENTANG PENULIS
Lazuardi Pratama

Merayakan film dan mengolok Liverpool.