Inilah Alva Jonathan, Overclocker Indonesia Tingkat Dunia Penyuka Dream Theater

Alva

Seperti apa sosok Alva Jonathan, seorang master overclocking tingkat dunia yang ternyata penyuka musik progresif rumit seperti Dream Theater? Simak obrolan penulis dengan beliau di sela kesibukannya sebagai juri AOCT 2017 minggu lalu.

Gelaran AOCT 2017 di Yogyakarta sudah berakhir, menyisakan jawara-jawara overclocking tingkat nasional yang bisa melaju dan berkiprah di tingkat internasional dalam ajang OCWC 2017 di Jerman nanti. Di antara riuh ramai turnamen tersebut ada sesosok yang jelas mudah dikenali dengan teriakannya menyebutkan skor para peserta AOCT dan Kualifikasi OCWC kala itu.

Sosok berambut ikal dan mengenakan rompi khas itu bernama Alva Jonathan, yang kita kenal sebagai “Lucky_n00b” di ranah yang digelutinya. Pria berusia 31 tahun ini adalah seorang “Dewa” di jagad overclocking Indonesia. Prestasinya sudah berderet kalau yang berhubungan dengan urusan “mengoprek” komponen komputer agar bisa berjalan dengan kencang di luar settingan aslinya.

Alva

Alva adalah salah satu dari sedikit orang di Indonesia yang memilih overclocking menjadi jalan hidupnya, layaknya Naruto yang juga punya jalan ninja-nya. Alva begitu serius menekuni overclocking sehingga bisa membawanya ke titik yang saat ini dicapai. Pertama kali dia menekuni bidang ini bermula saat kelas 3 SMP, dia ingin sekali memainkan game dengan performa tinggi kala itu seperti Quake 3 Arena, Unreal Tournament, CS 1.3 dan yang lainnya yang jelas butuh komputer dengan spesifikasi terbaik di jamannya.

Terbentur dana, Alva memutuskan untuk membeli komputer murah yang kemudian dikulik dan dioprek serta di-overclock setinggi-tingginya sampai memenuhi standar untuk bisa menjalankan game tersebut dengan frame rate nyaman dan layak main. Setelah menemukan settingan yang pas dan frame rate yang enak, Alva ternyata malah memilih meneruskan overclocking saat mengetahui skill bermain game nya tidak semulus skill overclocking-nya.

Kolaborasi HWBOT dan JagatReview Persembahkan AOCT 2017

AOCT 2017 digelar di perhelatan Jogjakomtek 2017, sebuah kompetisi overclocking tingkat nasional yang akan melahirkan jagoan oprek komputer kelas dunia.
Baca Juga

Alva tidak sendiri dalam memulai belajar overclocking, berbekal ilmu dari pamannya dan beragam literatur yang dia baca kala itu, dia memulai perjalanannya di bidang yang kala itu bisa dibilang tidak umum di kalangan anak muda kebanyakan. Perangkat pertama yang di-overclock kala itu adalah PC rumah berbasis Celeron 300A slot 1, dan waktu itu di-overclock ke 450Mhz lewat jumper di motherboard, kalau PC pribadi yang pertama di-overclock adalah Celeron 566Mhz socket 370, dari 566 ke 850Mhz.

Mau tahu kejuaraan apa saja yang dia menangkan? Lanjut ke halaman 2!

1
2

SHARE
Previous articlePerubahan Minor di Ending Song Boruto Episode 24: Sarada dan Keluarga Kecilnya
Next articleWow, Pokemon Go Masih Dimainkan oleh Banyak Orang Tua Di Jepang
Pria penikmat Nasi Goreng yang mengklaim dirinya sebagai atlit Diablo 3 Profesional, mengidamkan punya SEGA Genesis lagi biar bisa main Bare Knuckle 3.