Mengintip Persiapan Developer Game Indonesia Jelang Berkiprah di TGS 2017

developer indonesia di TGS 2017

Seperti yang sudah kita ketahui, industri game Indonesia siap unjuk gigi kembali dalam TGS 2017. Melalui booth Archipelageek TGS 2017 yang didukung oleh BEKRAF dan AGI, beberapa developer game Indonesia siap memamerkan karya mereka di hadapan industri game Jepang.

Bukan cuma pameran produk saja. Kesempatan berangkat ke TGS 2017 ini tentunya juga akan menjadi peluang yang bagus bagi yang ingin menjalin kolaborasi dengan industri game Jepang. Tentunya ini menjadi salah satu pengalaman berharga untuk mempercepat perkembangan bisnis masing-masing, sekaligus juga industri game secara keseluruhan.

Baca Juga

Bagaimana persiapan masing-masing developer game Indonesia jelang keberangkatan ke Jepang dan mengisi booth Archipelageek TGS 2017? Apa rencana mereka selama di sana? Simak hasil wawancara Duniaku.net dengan masing-masing developer berikut ini!

1

SEMISOFT

developer game indonesia di TGS 2017 - legrand legacy

Setelah menghadiri Gamescom 2017 di Jerman, PAX West di Amerika Serikat dan STGCC 2017 di Singapura, TGS 2017 pun menjadi tempat selanjutnya untuk mengenalkan Legrand Legacy ke gamer mainstream. Kilas balik tahun 2015 lalu, di TGS 2015 pulalah pertama kali SEMISOFT mengonfirmasikan pengembangan JRPG ini.

“Untuk TGS 2017, kita masih tetap menampilkan demo Legrand Legacy yang sudah sampai tahap early access,” ungkap Revinia Tanyadjaja, Chief Marketing Officer dari SEMISOFT. “Jadi gamer sudah bisa mencoba fitur lengkap, mulai dari turn-based combat, tactical war, beberapa mini games, dan tentu saja bisa explore bermacam-macam area di dalam dunia Legrand,” lanjutnya.


“Respons gamer kepada Legrand Legacy di acara-acara sebelumnya sangat bagus sampai antrian di booth kita panjang banget. Jadi kita percaya bahwa crowd TGS 2017 juga akan menyukai Legrand Legacy,” ungkapnya.

“Terus terang, kita 110% semangat banget mempersiapkan TGS 2017 karena tahun ini BEKRAF dan AGI mempersiapkan booth yang menarik. Selain demo versi early access, SEMISOFT juga sudah menyiapkan beberapa merchandise spesial, seperti brosur dalam bahasa Jepang, stiker, dan pin kawaii limited edition,” papar Revinia saat menjelaskan rencana Semisoft di event ini.

Usaha Kedua Masuk Kickstarter, Legrand Legacy Siap Manjakan Fans JRPG Klasik!

Semisoft dan Tinker Games akhirnya membawa Legrand Legacy untuk berkampanye di Kickstarter kali kedua. Yuk dukung kampanye mereka!
Baca Juga

“Harapan kami adalah supaya bisa bertemu dengan business partner potensial, seperti investor, publisher, dan media yang bisa bekerja sama dengan SEMISOFT untuk Legrand Legacy dan game-game yang akan datang. Tapi tentu saja, tujuan utama kita adalah memperkenalkan Legrand Legacy kepada gamer internasional dan menunjukkan bahwa developer Indonesia bisa bersaing di kancah internasional,” pungkasnya

2

Critical Forge

developer game indonesia di TGS 2017

Bisa dibilang, Critical Forge adalah salah satu rising star di industri game Indonesia. Apalagi kalau bukan karena game yang mereka kembangkan Forged of Blood yang sangat menjanjikan dan memiliki kualitas setara game AAA. Selama beberapa bulan terakhir, mereka juga rajin mengikuti event, baik lokal maupun internasional. TGS 2017 adalah salah satunya.

“Kami akan membawa demo ter-update dari gameplay Forged of Blood,” ungkap Igor Tanzil, Creative Director dari Critical Forge. “Tidak ada rencana untuk mengadakan semacam challenge atau kompetisi, karena waktu bermain untuk masing-masing gamer di acara tersebut akan sangat terbatas. Akan sangat baik apabila kita hanya fokus untuk menampilkan performa terbaik dari game tersebut,” lanjutnya.

“Kami juga akan membawa versi terbaru dari fitur spell casting yang sebelumnya hadir di versi build untuk PAX. Versi baru ini nantinya tidak akan hard coded seperti versi PAX sebelumnya, namun sudah menggunakan framework spellcrafting yang sudah kami implementasikan,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Igor juga menyampaikan tujuan dan harapannya selama di TGS 2017. “Tujuan utama kami adalah untuk mendapatkan eksposur sebesar-besarnya untuk Forged of Blood. Selain itu, kami juga mencari kesempatan untuk menjalin relasi bisnis untuk masa depan,” ungkapnya. Bukan cuma itu, Igor juga menambahkan bahwa mereka juga tengah mempertimbangkan kemungkinan untuk mencari partner untuk lokalisasi game ini ke Jepang.

Forged of Blood Berkampanye di Kickstarter, RPG Taktik dengan Jutaan Kombinasi Spell dan Senjata!

Critical Forge akhirnya membawa game RPG taktiknya, Forged of Blood untuk berkampanye di Kickstarter dan Steam Greenlight!
Baca Juga

“Menjadi bagian dari Archipelageek adalah hal yang sangat penting, baik bagi kami maupun pertumbuhan game development di Indonesia. Kami sangat antusias,” pungkasnya.

Lanjut ke halaman 2 untuk mengintip persiapan studio lainnya di TGS 2017!

1
2

SHARE
Previous articleSteamWorld Dig 2 Akan Dirilis Akhir Bulan September 2017 Ini Loh!
Next articleBukan Cuma It, Berikut 7 Film Keren yang Diadaptasi dari Novel Stephen King
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.