Bukan Cuma It, Berikut 7 Film Keren yang Diadaptasi dari Novel Stephen King

novel stephen king

It menjadi film horor terbaru Hollywood yang diadaptasi dari novel Stephen King dan mendapat ulasan positif dari kritikus film. Tapi It bukan satu-satunya film adapatsi novel Stephen King yang terbilang sukses. Nah berikut ini daftar film terbaik yang diadapatasi dari novel karya Stephen King.

Film It modern garapan sutradara Andy Muschietti sukses menyita perhatian. Meski belum sebulan tayang, film ini berhasil menorehkan prestasi membanggakan. Deretan rekor yang dipecahkan selama sepekan pun semakin menunjukkan jika film ini punya kualitas tinggi dibanding film-film horor lainnya.

Seperti dilansir dari The Hollywood Reporter, film It mampu meraih pendapatan mencapai US$117,2 juta atau Rp1,5 triliun dari 4.103 teater di Amerika Utara. Dengan angka tersebut, It berhasil merajai box office Hollywood di awal September, sekaligus menorehkan rekor bagi perfilman horor.

Film It sekaligus menjadi adaptasi novel Stephen King yang paling banyak ditonton di minggu perdananya.

Namun It bukan satu-satunya film adapatsi novel Stephen King yang terbilang sukses. Nah berikut ini daftar film terbaik yang diadapatasi dari novel karya Stephen King.

1

The Shawshank Redemption

Jika kamu mencari di Google tentang film mana yang wajib ditonton sebelum mati, mayoritas jawabannya adalah film adaptasi novel Stephen King berjudul The Shawshank Redemption. Bakan film yang disutradarai oleh Frank Darabont ini masih menduduki posisi pertama film dengan rating tertinggi di situs film IMDb.

Bercerita tentang seorang bankir bernama Andy Dufresne yang dituduh telah membunuh istri dan kekasih istrinya. Meski Andy menyatakan bahwa dirinya tidak pernah melakukan perbuatan tersebut, namun berdasarkan bukti-bukti yang memberatkan Andy, akhirnya ia dihukum dan dipenjara di Shawshank.

Selama tinggal di penjara, Andy berteman dengan Ellis Boyd “Red” Redding dan merasakan bagaimana kotornya kehidupan para sipir dan tahanan. Bahkan mereka tak segan memanfaatkan tahanannya termasuk Andy untuk operasi cuci uang.

Akting brilian Tim Robbins dan Morgan Freeman membuat film yang dirilis tahun 1994 ini disebut-sebut sebagai karya terbaik umat manusia di industri film sepanjang sejarah.

2

The Mist

Kabut misterius menyelimuti sebuah daerah kecil bernama Maine. Bukan sekedar kabut yang membuat film yang dirilis tahun 2007 ini mendapat banyak pujian, pasalnya di balik kabut tersebut terdapat monster-monster mengerikan yang siap memangsa siapapun.

Hal itu membuat seluruh penduduk kota terjebak di sebuah swalayan kecil dan berusaha bertahan hidup. Mereka menduga jika serangan moster di balik kabut berasal dari sebuah eksperimen yang diberi nama “The Arrowhead Project” yang merupakan markas rahasia militer.

Tak hanya melawan monster di balik kabut, orang-orang yang terjebak di swalayan pun mulai saling mengalami berbagai konflik karena berbeda pendapat. Ada yang ingin keluar menyelamatkan diri, ada pula yang tetap bertahan dan menunggu bantuan datang.

Film The Mist dirilis pada tahun 2007 yang diadaptasi dari novel Stephen King berjudul sama yang terbit pertama kali tahun 1980.

3

The Shining

Beruntung karya Stephen King ini disutradarai oleh Stanley Kubrick. Pria kelahiran New York tersebut mampu memvisualkan apa yang ada di novel ke dalam sinema layar lebar yang sukses memanjakan para penikmat thriller psikologis.

The Shining menceritakan Jack Torrance, seorang penulis yang mendapat pekerjaan baru untuk menjadi penjaga hotel besar dan mewah yang sangat terpencil dan terisolasi dari keramaian. Untuk itu, ia juga turut membawa istri dan anaknya menginap di hotel yang sebenarnya menyimpan banyak misteri tersebut.

Anak Jack yang bernama Danny ternyata memiliki indra keenam yang disebut “The Shining”. Ia mampu melihat apa yang terjadi di masa lalu dan masa depan.

Saat berkeliling hotel tersebut, Danny melihat kejadian lima tahun lalu di hotel tersebut. Di mana kala itu, terjadi pembunuhan sadis yang dilakukan oleh penjaga hotel terhadap seluruh anggota keluarga yang terdiri dari istri dan 2 anak perempuan kembar.

Film The Shining disebut-sebut sebagai kibat film thriller psikologis modern.

Film terbaik mana lagi yang diadaptasi dari novel Stephen King? Cek di halaman selanjutnya!