Wow, Pokemon Go Masih Dimainkan oleh Banyak Orang Tua Di Jepang

Ternyata hampir dua juta pemain Pokemon GO di Jepang kebanyakan orang yang sudah berumur lebih dari 30 lho. Kayaknya orang tua gak mau kalah gaul dengan anaknya nih

Wow, Pokemon Go Masih Dimainkan oleh Banyak Orang Tua Di Jepang

Wow, Pokemon Go Masih Dimainkan oleh Banyak Orang Tua Di Jepang

Ternyata Pokemon GO masih dimainkan dan laris manis di kalangan orang tua di Jepang.

Game mobile berbasis GPS Pokemon GO memang sungguh populer dan viral pada tahun lalu. Hype Pokemon GO ini, membuat semua orang tiba-tiba mencari letak Pokestop yang biasanya muncul di tempat umum. Masjid, Gereja, bus kota, perempatan jalan tiba-tiba penuh dengan orang yang bermain Pokemon GO. Bahkan saking ramainya, Pokemon GO pun dikaitkan dengan hal aneh-aneh mulai dari hal mistis sampai hal agama.

Namun perlahan popularitas dari game buatan Niantic Labs, Pokemon Company dan Nintendo ini semakin menurun dan ditinggalkan oleh penggunanya. Menurut, jurnalis spesialisasi industri game, Munechika Nishida, dalam waktu 90 hari saja, 90% pengguna smartphone langsung men-uninstall Pokemon GO. Banyak yang mengatakan bahwa Pokemon GO hanyalah fenomena sesaat dan tidak bertahan lama.

Tetapi, ada satu negara yang masih sangat menyukai Pokemon GO dan negara tersebut adalah negara tempat Pokemon dilahirkan, yaitu Jepang.

Wow, Pokemon Go Masih Dimainkan oleh Banyak Orang Tua Di Jepang

Menurut laporan yang dibuat oleh The Asahi Shimbun, Pokemon GO masih dimainkan oleh empat juta orang setiap bulannya per bulan Juni 2017. Untuk memahami data ini lebih lanjut, The Asahi Shimbun menggunakan data dari perusahaan riset bernama Values Inc.

Values Inc. menunjukkan bahwa pada Agustus 2016, jumlah pengguna aktif dari Pokemon GO di Jepang mampu mencapai 10,8 juta pengguna per bulan sebelum semakin turun setiap bulannya. Angka 4,42 juta pengguna per bulan merupakan angka yang cukup besar.

Fakta yang lebih mencengangkan lagi adalah hampir setengah dari pengguna aktif Pokemon GO sekarang berusia lebih dari 40 tahun ke atas.

Pokemon GO juga mampu menarik pengguna baru untuk memainkan game ini. Sebanyak 35% pengguna memainkan game ini lebih dari 25 hari. Angka ini naik sebesar 13% bila dibandingkan dari Agustus 2016 yang hanya sebesar 22%.

Wow, Pokemon Go Masih Dimainkan oleh Banyak Orang Tua Di Jepang

Meskipun kegilaan tentang Pokemon GO sudah mulai redup secara perlahan, tetapi game ini masih laku. Pada April kemarin, Forbes melaporkan bahwa CEO dari Niantic, John Hanke, menyatakan bahwa Pokemon GO mempunyai 65 juta pengguna aktif setiap bulannya di seluruh dunia.

Ketika saya ke Jepang terutama di daerah Shibuya dekat hotel saya menginap, banyak sekali orang tua yang berumur sekitar 30 – 50 tahun berkumpul di salah satu perempatan di sana. Mereka beramai-ramai menangkap Pokemon yang langka serta mencari item di Pokestop. Jumlah orang yang ada di sana bisa mencapai sekitar 40an orang apalagi ketika akhir pekan.

[read_more id="328664"]

Melihat fakta Pokemon Go masih dimainkan orang tau di Jepang, apakah kamu kembali tertarik untuk memainkan game buatan Niantic ini?

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU