Review Flick Royale: Ayo Mainkan “Bijimu”

Flick Royale membawa pengalaman berbeda dalam menikmati permainan karambol dengan berbagai macam keepikan di dalamnya.

Pernah terbayang di dalam benak kamu bahwa permainan karambol yang begitu biasa saja dan diidentikkan dengan permainan bapak-bapak atau permainan pengisi waktu siskamling menjadi sebuah permainan yang seru dengan cerita yang dibawakan ala komik shounen dengan segala trademark dan keepikannya? Dua orang komikus bernama Beatrice Nauli dan Nikki Dibya Wardhana yang sering dipanggil “Dewe” mewujudkan hal itu dalam komik terbaru mereka berjudul Flick Royale.

Flick Royale adalah komik yang diserialisasikan dalam majalah komik Kosmik dan telah dibuat menjadi satu buah buku yang dirilis bertepatan dengan gelaran Popcon Asia 2017 pada 5 – 6 Agustus 2017.

Komik ini merupakan karya kolaborasi keempat dari Beatrice dan juga Dewe setelah sebelumnya mereka telah berkolaborasi dalam komik one-shot berjudul Seishun Bakuhatsu Fire, Daily Whatever, dan Spin Saga. Sebelumnya Dewe juga pernah masuk ke Line Webtoon lewat Super Santai bersama dengan Beny.

Ketiga komik mereka sebelumnya juga banyak memasukkan unsur-unsur yang tidak penting dan sangat random menjadi suatu cerita yang seru dan penting untuk dilihat seperti komik tentang siapa yang paling jago memutar pensil, pulpen, sendok, bahkan pisau dengan tangan di sekolah dan komik yang memparodikan Ultraman dengan kearifan lokal.

Flick Royale merupakan perpanjangan tangan dari Spin Saga namun dibawa ke ranah yang lebih professional dengan spirit yang sama.

Sinopsis

Romi, seorang anak baru yang datang di sebuah kost Cikarom 13 untuk kuliah tiba tiba didatangi oleh sesosok preman untuk ditantang main karambol.

Hidupnya berubah ketika ia mengetahui bahwa permainan karambol yang ia mainkan bukanlah permainan biasa melainkan sebuah permainan bernama Flick Royale yang bisa meneyelamatkan kost mereka dari serangan penguasa lalim. Bersama teman-temannya, Romi memulai petualangan barunya dan melalui masa mudanya dengan bermain Flick Royale.

Banyak humor yang terselip dalam komiknya

Flick Royale sangat pintar dalam memainkan unsur humor disini. Selain tema cerita yang mampu membuat decak kagum dan tertawa dalam waktu bersamaan banyak selipan yang muncul dalam komik ini yang mampu membuat pembacanya tersenyum geli melihatnya dan hal tersebut sudah muncul di awal cerita.

Mulai dari permainan karambol yang terlihat berlebihan sampai menggunakan teori matematika Fibonacci Tree, nama jurus Flick Royale yang terdengar ada-ada saja tetapi ampuh ketika bertanding, karakter yang merupakan personifikasi para pecinta anime yang terlalu ke-Jepangjepangan dan banyaknya referensi dari manga Jepang yang populer, ikon pop culture yang mendunia serta referensi khas kebudayaan Indonesia yang menambah nilai humor dalam Flick Royale.

Kelakuan dari latar, adegan, dan karakter yang ada di Flick Royale mampu membangkitkan kesan lucu dan komikal tanpa harus dibuat-buat apalagi komik ini selalu mengungkapkan kata “biji” yang bisa bermakna ganda tergantung siapa yang membaca dan menafsirkannya.

Flick Royale tidak memaksa orang untuk tertawa melihat komiknya dan tidak berniat menjadi komik komedi seutuhnya dan itulah hal terhebat dari komik ini karena Bea dan Dewe membawakan cerita secara tulus dan murni tanpa ada embel-embel untuk menjadi lucu sehingga cerita komikal yang ada mengalir begitu saja dan menjadi faktor penguat komik ini.


Lanjutan review ini bisa kamu baca di halaman kedua!

1
2
REVIEW OVERVIEW
Flick Royale
85 %

SHARE
Previous article6 Hero Mobile Legends yang Patut Kamu Banned Pada Patch Terbaru
Next articleSering Diancam, Sutradara Death Note Tutup Akun Twitter Miliknya

Penyiar dan Tukang Kritik Anime, Musik, Film di blog pribadinya RE:PSYCHO. Senang akan hal berbau senang-senang. Sekarang belajar caranya menaklukkan industri pop kultur di Asia Tenggara