Perbandingan PES 2018 dengan FIFA 18, Bagusan Mana?

Game sepak bola terbaru tahun ini Pro Evolution Soccer (PES) 2018 dan FIFA 18 sering kali dibandingkan. Nah kali ini Duniaku akan memberikan juga perbandingan PES 2018 dengan FIFA 18.

1

Trailer

Perbandingan PES 2018 dengan FIFA 18 dimulai dari trailer resmi kedua game ini.


Baca Juga

FIFA 18 mempromosikan game mereka dengan mode-mode menarik seperti Journey, Ultimate Team, Seasons, Offline Career Mode, dan Be a Pro. Dari segi permainan, tidak banyak yang dilakukan oleh EA Sports dan akan mirip dengan FIFA 17.

PES 2018 di sisi lain memfokuskan pada pengembangan grafis dari mulai pemain hingga lapangan. Gameplay dari PES 2018 juga saat ini bisa dibilang merupakan yang terbaik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

2

Fitur Baru FIFA 18

Perbandingan PES 2018 dengan FIFA 18

Tahun ini, terdapat beberapa fitur baru yang diperkenalkan oleh EA Sports selain mode-mode permainan. Kita lihat berikut ini yuk:

  1. Team Style: Team Style adalah tim-tim di dalam game akan menerapkan strategi yang mirip dengan tim yang sebenarnya. Seperti misalnya Barcelona dengan Tiki-Taka atau tim Itali dengan sistem bertahannya.
  2. Player Personality: Sama dengan Team Style, EA Sports telah menerapkan kemiripan tidak hanya pada tim, melainkan pada pemain juga. Terdapat sekitar 150 pemain yang memiliki fitur ini. Sehingga kamu bisa bermain serasa pemain benerannya di lapangan.
  3. Mekanisme Dribbling: Sekarang EA SPorts telah menerapkan sistem dribbling baru khususnya untuk kondisi satu melawan satu.
  4. Journey Mode: Dalam mode ini, kamu bisa melanjutkan kisah kamu dengan Alex Hunter dalam Story Mode. Tapi dengan catatan kamu harus membayar uang lebih.
  5. Pemain Legendaris Fifa Ultimate Team: Buat yang suka main Fifa Ultimate Team (FUT), kini EA Sports memperkenalkan beberapa pemain legendaris seperti Pele, Maradona, dan Lev Yashin
3

Fitur Baru PES 2018

Perbandingan PES 2018 dengan FIFA 18

Ada empat fitur tambahan dari PES 2018 yang patut disoroti. Ini dia daftarnya:

  1. Game Speed dan Control: Konami telah memperkenalkan “Real Touch System” yang membuat PES 2018 semakin berasa game sepak bola yang sebenarnya. Selain itu kecepatan game yang sempat selalu dikeluhkan oleh para pemain sekarang akhirnya sudah diperbaiki. Mungkin akan membutuhkan waktu adaptasi, tetapi tentunya akan semakin seru.
  2. Pergerakan Pemain: Pergerakan pemain dalam game ini akan terasa lebih real terutama ketika sedang men-dribbleshoot, dan juga ber-duel.
  3. Master League: Akhirnya Konami kembali memerhatikan Master League. Sekarang kamu akan diwawancarai oleh media sebelum dan sesudah bertanding. Tidak hanya itu, kamera di ruang ganti dan sistem transfer akan lebih baik ketimbang sebelumnya.
  4. Kualitas Grafis: Tahun ini rasanya menjadi tahunnya PES 2018 karena telah melakukan satu langkah lebih maju yaitu dengan meningkatkan kemampuan grafis mereka. Tidak hanya itu, beberapa stadion juga sudah resmi mendapatkan lisensi seperti Nou Camp dan Signal Iduna Park
4

Grafis

Dari segi grafis, kedua game harus saya akui memiliki grafis yang sama-sama bagus. PES 2018 terutama untuk tahun ini juga sudah sangat berkembang. Jika saya disuruh memilih tahun lalu, maka saya akan memiliki FIFA, tetapi untuk tahun ini rasanya keduanya memiiliki grafis yang sama-sama seimbang.

Itu tadi merupakan perbandingan PES 2018 dengan FIFA 18. Menurut kamu game mana yang lebih unggul?

Download PES 2018: PC – Rp670 ribu

Download FIFA 18 Demo: PC – Gratis

Diedit oleh Fachrul Razi