Begini Gaya Tatsuya “Onii-sama” Shiba Mempromosikan Militer Jepang!

Karakter Tatsuya “Onii-sama” Shiba terlihat gagah dalam poster rekruitmen militer Jepang ini.

Pasti bagi para pecinta anime dan light novel sudah tahu dengan karakter bernama Tatsuya Shiba dari Mahou Koukou no Rettousei atau yang disingkat Mahouka. Karakter yang diambil dari light novel yang telah dirilis oleh Dengeki Bunko pada 10 Juli 2011 ini memang terlihat sebagai murid yang super jago di sekolahnya mulai dari jago memainkan senjata, jago memainkan magic, dan jago memainkan perasaan adiknya.


Diam-diam ternyata Tatsuya merupakan seorang anggota dari grup militer rahasia yang menangani kasus pelanggaran magic tingkat berat. Dengan kemampuannya yang mumpuni ia selalu berhasil menaklukkan setiap pelanggar magic dengan berbagai macam senjata mulai dari yang beneran sampai yang berbau magic.

Hal ini tentunya menarik perhatian organisasi militer Jepang atau disebut Japan Self-Defense Force (JSDF) untuk membuat masyarakat muda yang menyukai anime bergabung dengan militer apalagi kondisi militer Jepang tengah panas karena serangan dari Korea Utara beberapa waktu lalu. JSDF bekerjasama dengan serial Mahouka dan membuat poster yang menampilkan Tatsuya dalam battle suit-nya.

tatsuya shiba mahouka jsdf

Kalimat poster di bagian kanan menyatakan “Lindungi masa sekarang dan masa depan” serta tulisan besar di bagian kiri menyatakan bahwa JSDF sedang membuka lowongan untuk siapa saja yang berminat mengikuti militer dan kuat seperti Tatsuya Shiba.

Mungkin karena kurang orang muda di dalam militer, JSDF seringkali berkolaborasi dengan beberapa anime yang mempunyai tema militer yang kuat dengan harapan banyak military otaku atau orang yang sangat suka dengan militer masuk secara resmi menjadi tentara Jepang. Sebelum Mahouka, serial Gate juga pernah berkolaborasi dengan JSDF dan disambut baik oleh beberapa netizen karena ceritanya ada kaitannya dengan JSDF. JSDF cabang Perfektur Ibaraki dan JSDF cabang Provinsi Okayama juga pernah menggunakan mascot karakter moe untuk menarik orang dan hasilnya kenaikan orang yang mendaftar ke militer Jepang naik sebanyak 20% dari sebelumnya.

Meski ada yang menyambut positif ada juga yang menyambut dengan negatif seperti ketika JSDF berkolaborasi dengan serial High School Fleet atau sering disebut Haifuri mendapat kritikan pedas karena dianggap menyuruh anak kecil untuk masuk ke militer. Hal ini dianggap wajar karena karakter di dalam Haifuri masih SMA dan terlihat kecil-kecil meski mempunyai latar cerita militer.

Diedit oleh Snow


SHARE
Previous articleInformasi Lebih Detail Karakter Baru Tales of the Rays! (Bagian 3)
Next articleScreenshot DLC Resident Evil 7 Not a Hero Perlihatkan Aksi Chris Redfield Melawan Molded!
Penyiar dan Tukang Kritik Anime, Musik, Film di blog pribadinya RE:PSYCHO. Senang akan hal berbau senang-senang. Sekarang belajar caranya menaklukkan industri pop kultur di Asia Tenggara