Trailer Downsizing: Apakah Hidupmu akan Lebih Baik jika Tubuh Bisa Mengecil?

downsizing
Sumber: Entertainment Weekly

Mengecil membuat makanan berlimpah dan bisa bikin rumah impian dengan murah. Simak keseruannya dalam trailer film Downsizing!

Penggemar fiksi sains dan komedi bersiap-siaplah menunggu film ini. Downsizing adalah film satire tentang bagaimana seorang pria yang berpikir hidupnya akan lebih baik jika ia mengecilkan tubuhnya.

Disutradarai  dan ditulis oleh pemenang Academy Awards, Alexander Payne, Downsizing berawal dari premis bahwa dunia sedang dalam kondisi over-population. Para ilmuwan dari Norwegia kemudian menemukan cara untuk mengecilkan tubuh manusia hingga hanya setinggi 13 sentimeter saja. Mereka mengajukan saran transisi 200 tahun sebelum seluruh manusia mengecil.

Dengan janji-janji nilai uang yang menjadi berlipat ganda dan kehidupan lebih baik, pasutri Paul Safranek (Matt Damon) dan Audrey (Kristen Wiig) memutuskan untuk meninggalkan kehidupan semenjana mereka dan pindah ke komunitas kurcaci. Pilihan itu kemudian menjadi petualangan yang mengubah hidup mereka secara drastis.

Dalam trailer ini kita bisa menemukan keseruan hidup sebagai kurcaci. Rumah-rumah impian dibangun dan ditinggali seperti permainan The Sims. Kita juga diperlihatkan bagaimana sebotol minuman keras vodka biasa yang menjadi sebesar tangki sebesar bahan bakar minyak.

Pasti bisa terbayangkan jika sepiring nasi bisa memberi makan satu kampung selama berhari-hari.

Namun benarkah mengecil merupakan penemuan terbaik untuk menyelamatkan dunia? Bagaimana jika ada teroris kurcaci yang berhasil lolos dari imigrasi dan menyebabkan onar? Apakah menjadi kecil dapat menyelesaikan masalah yang telah manusia sebabkan selama ini terhadap bumi?

Sutradara dan penulis Payne sebelumnya memang akrab dengan ciri khas film-filmnya yang dipenuhi oleh humor gelap dan gambaran satire tentang kehidupan manusia, khususnya masyarakat Amerika. Ia dikenal lewat film-filmnya seperti Sideways (2004), The Desendants (2011), dan Nebraska (2013).


Ide manusia dengan tubuh yang dapat mengecil ini bukan ide yang benar-benar original. Sebelumnya, ada film-film seperti Alice in Wonderland (2010), Honey, I Shrunk the Kids (1989), dan anime The Secret World of Arrietty (2010).

Namun membawa ide tersebut dari scope kecil seperti film-film di atas menjadi lebih besar dan menyangkut tatatan masyarakat adalah angin segar yang patut untuk dinantikan.

The Great Wall – Aksi Matt Damon di Tembok Besar China

Dalam The Great Wall, Matt Damon terlibat dalam konflik kuno yang menyebabkan didirikannya The Great Wall of China! Seperti apa kira-kira filmnya?
Baca Juga

Downsizing direncanakan akan tayang untuk penonton Amerika pada Desember tahun ini. Untuk penonton Indonesia, kita tunggu tanggal mainnya, ya!

Diedit oleh Doni Jaelani