Ini Penjelasan Jennifer Lawrence Sebelum Kamu Nonton Mother!

mother!
Sumber: Quartz

mother! sudah menjadi film paling kontroversial tahun ini. Banyak penonton mengeluh karena filmnya kelewat susah dimengerti. Simak penjelasan Jennifer Lawrence berikut tentang apa itu mother! sebelum kamu nonton.

mother! adalah film paling kontroversial tahun ini. Pendapat para kritikus dari seluruh dunia terbelah secara ekstrim. Ada yang benar-benar suka dan kagum dengan karya Darren Aronofsky ini, namun ada juga yang menganggapnya film yang sangat jelek.

Peters Travers dari Rolling Stones memujinya sebagai “alegori yang visioner”. Di sisi lain, Rex Reed dari New York Observer melabeli film ini sebagai “film terburuk abad ini”.

Situs agregator ulasan CinemaScore memberikan nilai F untuk mother!. Padahal sepanjang sejarah situs tersebut, hanya ada 11 film yang anjlok sampai dapat F. Sementara itu, Rotten Tomatoes yang dikenal pelit malah memberi angka 68 persen dengan status fresh.

Pihak studio yakni Paramount bahkan sampai angkat bicara terkait film ini. Mereka membelanya dengan mengatakan film yang “sangat berani” tahun ini. Kepada Entertainment Weekly, Jennifer Lawrence menjelaskan apa yang perlu kamu tahu tentang film mother! sebelum memutuskan untuk menontonnya.

“Aku langsung tahu apa inti dari film ini. Tapi itu karena Darren Aronofsky menjelaskan padaku ide-idenya tentang alegori dan metafora film ini sebelum skripnya kubaca.”

“Pada saat itu aku berpikir ini adalah film paling unik yang pernah kudengar seumur hidupku, dan sangat berani. Aku merasa ada banyak pikiran dalam film ini. Beberapa orang mengatakan untuk jangan memberi tahu siapa pun, biarkan mereka menebaknya sendiri. Aku malah berpikir bahwa lebih baik untuk tahu dan mengerti metafora serta alegori-alegorinya sebelum menonton agar kamu bisa tahu apa yang kamu cari,” ujar aktris berpendapatan terbesar sedunia ini.

Jadi apa rupanya metafora dan alegori yang dimaksud Lawrence?

“Saat syuting, film ini disebut Day Six yang bercerita tentang kisah penciptaan dan kiamat besar. Pertama-tama ada penciptaan manusia, lalu muncul kebusukan manusia, lalu ledakan populasi dan munculnya agama, dan seterusnya.”


“Aronofsky mempreteli identitas kebangsaan semua orang. Kalau sesuatu terjadi di bagian bumi yang lain, kamu mungkin tidak peduli. Tapi kalau itu terjadi di rumah tetanggamu, kamu mungkin peduli. Lalu saat seseorang membuang puntung rokoknya di ambal rumahmu, baru itu jadi masalahmu yang sebenarnya. Jadi apa yang sutradara katakan adalah seluruh dunia ini adalah satu. Anggap bumi ini seperti ambal rumahmu. Jadi berhentilah melempar-lempar masalah!”

Trailer Downsizing: Apakah Hidupmu akan Lebih Baik jika Tubuh Bisa Mengecil?

Mengecil membuat makanan berlimpah dan bisa bikin rumah impian dengan murah. Simak keseruannya dalam trailer film Downsizing!
Baca Juga

Film mother! sudah tayang di Amerika Serikat dan beberapa negara tertentu. Untuk penonton Indonesia, harap bersabar menunggu jadwal dari importir United International Pictures (UIP) Indonesia dan keputusan sensor dari Lembaga Sensor Film.

Diedit oleh Doni Jaelani