Tahukah Kamu? Ini Alasan Orang Indonesia Tertawa Pakai “Wkwkwk”

wkwkwk
Sumber: ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Kebiasaan orang Indonesia mengetik wkwkwk ketika tertawa sudah terkenal ke seluruh dunia. Tapi, dari mana asalnya?

Orang Indonesia, khususnya gamer gemar menggunakan kata wkwkwk ketika tertawa di internet. Penggunaan ini bisa dibilang sangat unik, jika dibandingkan dengan kebiasaan warga dunia lain yang menggunakan kata standar hahaha atau sekadar lol (laugh out loud) dan lmao (laughing my ass off).

Baca Juga

Bahkan gamer dari seluruh dunia banyak yang sudah memahami kalau ada gamer yang menggunakan kata wkwkwk kemungkinan besar berasal dari Indonesia. Namun, dari mana asal kata asing, namun dekat dengan kehidupan berinternet kita ini?

Pertanyaan ini dilontarkan dalam situs tanya-jawab Quora. Beragam orang berusaha menjawab pertanyaan tersebut, salah satunya seorang netizen bernama Johannes Sulistyo.

Menurut Sulistyo, penggunaan wkwkwk ini berasal dari komunitas game online. Para gamer Indonesia gemar tertawa untuk menunjukkan simpati sekaligus tawa sarkas dengan mengetik kakakakakak yang diambil dari kata ngakak.

Ekspresi ngakak ini juga diambil untuk mendeskripsikan refleks yang mungkin terjadi saat orang tertawa hebat, sehingga ada huruf k yang menyelip di antara ha.

Penggunaan itu kemudian dipengaruhi oleh kebiasaan orang Jawa untuk menambah huruf u di depan suku kata pertama untuk menambah-nambahi ekspresi. Contoh dari ini seperti goblok menjadi guoblok dan enak yang menjadi uenak.

Jadi, untuk menambah-nambahi ekspresi tertawa, orang Indonesia menambah u di tengah hahaha menjadi huahuahua.

Hal ini cocok dengan jawaban sebelumnya dari Dio Wijayanto Nugroho bahwa orang Indonesia juga sering mengubah kata gue menjadi gw karena lebih mudah diketik. Maka kata huahuahua tadi kemudian berubah menjadi hwhwhw.

Selanjutnya, gamer Indonesia mengubah huruf h tersebut menjadi huruf u karena letaknya lebih dekat dengan tetikus di sebelah kanan sehingga lebih mudah untuk dijangkau. Maka dari itu, kata wkwkwk pun lahir.

Kini, penggunaan kata wkwkwk sudah dikenal luas di Indonesia. Tidak hanya gamer, netizen di media sosial juga menggunakan kata serupa. Kata wkwkwk lebih sering digunakan untuk kawan dekat, sementara kata hahaha lebih formal dan berjarak.

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleHacker Menemukan Game Rahasia di Console Nintendo Switch
Next articleTidak Sangar Lagi, Batman Akan Tampil Lebih “Normal” di Justice League
Merayakan film dan mengolok Liverpool.