Ini 5 Alasan Kenapa Zuma Jadi Game Favorit Para Pegawai Negeri Sipil Alias PNS

Dari sekian banyak game yang ada, Zuma menjadi game yang kerap kali dimainkan oleh para pegawai negeri sipil atau PNS. Lantas, mengapa game genre puzzle ini menjelma sebagai game favorit PNS? Berikut ini alasannya!

Perlu dicatat, tak semua PNS kerjanya cuma bermain Zuma, tapi jika kamu pernah datang ke kantor kelurahan atau kantor dinas yang berfungsi melayani masyarakat, mungkin kamu akan melihat sesekali seorang anggota PNS sedang asyik bermain game Zuma di layar monitornya.

Lantas, mengapa Zuma seakan menjadi game primadona bagi setiap abdi negara saat menjalankan tugasnya? Mungkin karena alasan berikut ini Zuma adalah game favorit PNS.

1

Sederhana

Zuma muncul pertama kali sebagai game puzzle pada tahun 2003. Game buatan PopCap Games ini pun langsung bisa mencuri perhatian karena keunikan yang ditawarkan. Bahkan kepopuleran Zuma sukses menyihir para pengguna PC sehingga meraih gelar Game Terbaik Tahunan pada tahun 2004 oleh RealArcade.

Satu hal mengapa game ini begitu populer adalah gameplay yang ditawarkan begitu sederhana namun tak membuat pemain bosan. Sistem permainan Zuma adalah menghilangkan semua bola-bola berwarna yang bergerak di sebuah jalur yang mengarah menuju tengkorak yang berada di tengah-tengah.

Karena kesederhanaan tersebut, membuat Zuma menjadi game favorit yang sering dimainkan PNS di tengah-tengah kesibukannya melayani negara.

2

Offline

Tak seperti game-game modern yang mengharuskan pemainnya memakai kuota data, game Zuma hadir dalam bentuk offline alias bisa dimainkan kapan pun tanpa pengaruh internet.

Hal ini tentu kabar baik bagi kantor-kantor PNS yang tak mendukung jaringan internet yang memadai. Jadi sudah cukup alasan mengapa PNS tak memilih bermain Dota atau Overwatch dan lebih sibuk menembak-nembakan bola yang dikeluarkan oleh seekor kodok di game Zuma.

3

Bisa di-Pause

Nilai positif dari sebuah game offline adalah bisa di-pause kapanpun, hal yang sulit kamu temukan di game zaman sekarang.

Dengan kata lain, Zuma bisa menjelma sebagai game pengisi waktu luang ketika tak ada kerjaan. Tapi ketika tiba-tiba pekerjaan hadir, pemain bisa dengan mudah menunda petualangannya dalam game yang berlatar dalam budaya kuno ala suku Aztec, Meksiko.

4

Ringan

Alasan Zuma jadi game favorit PNS selanjutnya adalah game ini terbilangan ringan sehingga tak memberatkan PC kantor.

Game Zuma yang hadir di awal 2000-an ini hanya memiliki ukuran kurang dari 20 MB saja! Jika ingin perbandingan, game MOBA Vainglory memiliki ukuran 500 MB. 25 kali lipat dari game Zuma.

5

Bikin Kecanduan

Game favorit PNS

Satu hal mengapa game Zuma tetap eksis menjadi game favorit PNS di tengah gempuran game-game modern adalah efek candu yang ditawarkan sepanjang permainan. Mungkin kamu pun pernah tersihir oleh game puzzle buatan PopCap Games ini.

Tragis, 5 Gamer Ini Meninggal Akibat Kecanduan Bermain Game!

Jika saking kecanduannya, bermain game bisa berujung kematian. Seperti lima gamer yang meninggal akibat bermain game berikut ini.
Baca Juga

Nah menurutmu, apalagi alasan yang membuat Zuma menjadi game favorit PNS?


SHARE
Previous articleReview Kumpulan Cerpen Tenebrae: Buku Ringan Berisi Tiga Kisah Horor Unik
Next articleApa Jadinya Jika Pemain Manchester United Menjadi Agen Kingsman?
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca