Hacker Menemukan Game Rahasia di Console Nintendo Switch

Sejumlah kelompok hacker berhasil menemukan beberapa kode terselubung di dalam Nintendo Switch yang menyimpan satu game rahasia yang hanya dapat diaktifkan sekali dalam setahun!

Baca Juga

Diawali oleh penemuan dari pemilik Nintendo Switch bernama Setery, banyak yang mengatakan bahwa Nintendo Switch miliknya telah dihantui. Pasalnya, ia menemukan sebuah game rahasia tanpa disengaja. Berawal dari thread miliknya pada forum gbatemp, para hacker turut mencoba untuk memecahkan misteri game rahasia ini.

Diberi nama Flog, sebuah emulator yang menjalankan game rahasia ini memiliki sejumlah kode yang meminta penggunanya melakukan gestur tertentu pada tanggal tertentu. Untuk masalah ini, pengguna Switch tidak dapat memalsukan tanggal apabila konsol tersebut sebelumnya telah tersambung pada koneksi internet. Soalnya Switch akan memeriksa dan membandingkan tanggal di server dan di konsol.

Namun, apabila konsol Switch tersebut masih tergolong baru dan belum pernah tersambung dengan server, maka Switch akan mengikuti tanggal yang diatur oleh pengguna saat pertama kali dinyalakan. Ini merupakan tahap bypass yang paling mudah dijalankan tanpa bantuan homebrew sekalipun.

Tahapnya cukup mudah, pengguna cukup mengangkat kedua tangan yang memegang joy-con di masing-masing tangan layaknya gestur khas almarhum Satoru Iwata. Apabila Nintendo Switch menangkap gestur tersebut pada tanggal 11 Juli, maka sebuah game berjudul Golf akan tampil di layar.

game rahasia Nintendo Switch
Game rahasia yang disembunyikan Nintendo.

Kehadiran Golf di Nintendo Switch, dan apa maknanya.

Apabila kalian ingat, 11 Juli 2015 merupakan tanggal Satoru Iwata meninggal karena kanker di umur 55. Hal ini menggemparkan dunia gaming, baik dari pihak Nintendo maupun dari kubu lawan. Pasalnya, Satoru Iwata merupakan CEO dan wajah dari Nintendo. Tidak ada satupun yang tidak mengenal gestur khas-nya di Nintendo Direct. Figurnya yang fenomenal turut mewarnai ranah gaming.

Untuk mengenang jasanya pada industri yang terus berkembang ini, Nintendo memasukkan Golf sebagai easter egg sekaligus omamori atau yang lebih dikenal sebagai protective charm ke dalam Nintendo Switch. Tapi kenapa Golf dan bukan game lain?

Sebagai seorang programmer, Iwata dulunya bekerja untuk mengembangkan beberapa game seperti EarthBound dan Pokemon. Rumor mengatakan bahwa banyak developer yang menolak untuk mengembangkan Golf dikarenakan terbatasnya memori pada cartridge NES. Hal ini memutuskan Iwata untuk mengambil alih game tersebut dan mengembangkannya sendiri. Berkat usahanya, game tersebut dengan semua lokasi golf dapat dimasukkan ke dalam cartridge dengan segala keterbatasannya.

almarhum Satoru Iwata
Sumber: A-Z Quotes.

Peran besar almarhum Iwata sebagai programmer pada masanya membawanya menjadi CEO hingga pertengahan 2015. Untuk mengenang peran pentingnya dalam Nintendo, Golf dipilih sebagai amulet keberuntungan yang akan membawa kesuksesan bagi Nintendo Switch.

Sumber: Arstechnica, diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleInilah Daftar Lagu Naruto dari yang Terbaik sampai Terjelek (Bagian 2)
Next articleTahukah Kamu? Ini Alasan Orang Indonesia Tertawa Pakai “Wkwkwk”
Penggemar berat game racing. Telah jatuh ke dalam jurang FFXIV hingga isi dompet kosong berkat FFXIV Complete Edition.