Ternyata Ibu-Ibu! Ini Dia Pengisi Suara Naruto Indonesia

Sebagai penggemar berat serial anime Naruto, tahukah kamu siapa dubber atau pengisi suara Naruto Indonesia? Ternyata ibu-ibu lho!

pengisi suara naruto indonesia

Sebagai penggemar berat serial anime Naruto, tahukah kamu siapa dubber atau pengisi suara Naruto Indonesia? Kalau belum tahu, mari kita kenalan dengan sosok Hana Bahagiana.

Siapa sangka, jika suara yang biasa kamu dengar dari karakter Naruto ternyata berasal dari seorang ibu berusia 46 tahun. Hana Bahagiana merupakan sosok yang sudah bertahun-tahun menjadi pengisi suara Naruto Indonesia yang tayang di Global TV.

Karier Hana sebagai pengisi suara dimulai dari pertengahan 1990-an. Saat itu ia mengikuti casting untuk menjadi dubber sebuah acara telenovela. Pengalaman pertama itulah yang membuatnya jatuh hati pada dunia dubber.

Perjalanan Hana sebagai dubber semakin berkembang ketika ia bertemu dengan almarhum Daryono yang menggawangi studio Yori Yoga Argayoen. Tak seperti pengisi suara lain yang harus mengikuti audisi, Hana malah langsung ditawari posisi mengisi suara animasi oleh Daryono. “Saya selalu dikasih peran, biasanya harus casting, tapi saya selalu ditunjuk,” ujar Hana seperti dilansir Antaranews.

Sejak itulah Hana mulai terbiasa mengisi suara karakter-karakter anime populer. Selain terkenal lewat suara khas Naruto, beberapa karakter anime yang disuarakan oleh Hana adalah Koujiro Hyuga (Captain Tsubasa), Monkey D. Luffy (One Piece), Pisuke (Dr Slump), Kemumaki (Ninja Hatori), dan Makibao (Makibao). Dari sekian banyak karakter yang sudah pernah dimainkannya, suara Luffy yang tengil dan lantang adalah favorit Hana.

Kemampuan mengolah berbagai suara untuk masing-masing karakter tentunya tidak mudah. Meskipun belajar secara otodidak, namun Hana menuturkan ada beberapa teknik yang harus dikuasai seorang dubber untuk bisa memiliki suara khas.

Hana membiasakan diri selalu berlatih olah vokal setiap pagi ketika sedang mengerjakan proyek dubbing. Latihan ini tidak berbeda jauh dengan seorang penyanyi profesional, di mana ia melatih pernafasan dan senam wajah sehingga otot-otot di wajahnya menjadi lentur.

Meski tayangan anime sekarang sudah mulai tergantikan oleh acara-acara sinetron, namun Hana masih berharap jika acara di televisi semakin bervariasi dan tidak terpaku pada satu jenis tontonan, sehingga film animasi kembali menjadi primadona di pertelevisian Indonesia.


CONTINUE READING BELOW

Sukses dengan Naruto, Global TV Segera Tayangkan Anime Boruto!

Global TV semakin gencar mengincar anime-anime populer untuk ditayangkan. Setelah Naruto dan Samurai X, anime Boruto siap tayang di Global TV


Nah sekarang kamu sudah tahukan siapa pengisi suara Naruto Indonesia. Apa kamu jadi tertarik untuk berprofesi sebagai dubber?

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca