Kalahkan K-On, Nodame Cantabile Jadi Manga Bertema Musik Favorit Pilihan Fans Jepang

manga bertema musik

Manga Nodame Cantabile karangan Tomoko Nimomiya sukses didaulat sebagai manga bertema musik favorit pilihan fans Jepang. Manga ini sekaligus mengalahkan manga bertema musik lainnya seperti K-on! dan Your Lie in April.

Dibanding aksi dan komedi, manga bertema musik mungkin tak banyak yang muncul. Namun jangan remehkan manga yang masuk genre tersebut. Meski hanya menampilkan bentuk visual dalam bentuk gambar, namun para mangaka sukses menyampaikan lantunan musik yang tersaji di dalam cerita kepada pembaca.

Baca Juga

Untuk mengapresiasi manga bertema musik yang sudah ada hingga saat ini, baru-baru ini situs poling terkemuka, Goo Ranking, meminta para penggemar di Jepang untuk menentukan mana manga bertema musik favorit mereka.

Hasilnya, manga Nodame Canbaile sukses memperoleh suara paling banyak sekaligus menjadikannya sebagai manga bertema musik favorit pilihan fans Jepang.

Manga karangan Tomoko Nimomiya ini menceritakan Shinichi Chiaki seorang mahasiswa Akademi Musik Momogaoka yang amat berbakat. Bakatnya itu turun dari ayahnya yang merupakan pianis ternama. Meski masuk sekolah piano, namun cita-cita Chiaki sesungguhnya adalah menjadi seorang Konduktor.

Suatu ketika, Chiaki bertemu wanita bernama Megumi Nodame yang sangat mencintai piano. Meski sangat berbakat bermain piano, namun Nodame tidak bisa membaca partitur dengan baik dan belum serius dalam bermusik. Belakangan, kehadiran Chiaki yang membuka mata Nodame akan dunia musik yang sesungguhnya.

Manga Nodame Canbaile kemudian mendapatkan adaptasi anime yang ke dalam tiga season. Nodame Cantabile (24 episode), Nodame Cantabile: Paris-Hen (12 episode) dan Nodame Cantabile: Finale (13 episode).

Poisis kedua manga bertema musik favorit fans Jepang adalah K-On! dengan 495 suara. Sebelum animenya tayang, K-On! tidak begitu populer. Volume pertama manganya hanya terjual 26.500 kopi. Tapi, apa yang dilakukan Kyoto Animation sangat ajaib. Mereka mengambil humor berdasarkan musik dan meningkatkan pengembangan karakter dan  fans pun menyukainya.

Manga K-On! merupakan manga strip komik empat panel yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kakifly. Pertama kali hadir di majalah manga terbitan Houbunsha Manga Time Kirara pada tahun 2007 di Jepang. Kemudian di Indonesia manga K-On! terlisensi oleh Elex Media Komputindo.

Berikut ini daftar manga bertema musik favorit pilihan fans Jepang veris Goo Ranking.

  1. Nodame Cantabile – 978 suara
  2. K-On! – 495 suara
  3. Your Lie in April – 387 suara
  4. Kids on the Slope – 217 suara
  5. Aozora Yell – 190 suara
  6. Beck – 146 suara
  7. Nana – 124 suara
  8. Piano no Mori: The Perfect World of Kai – 90 suara
  9. La Corda d’Oro – 79 suara
  10. Kono Oto Tomare! – 70 suara
  11. Detroit Metal City – 64 suara
  12. Fuuka – 57 suara
  13. Sensual Phrase (Kaikan Phrase) – 54 suara
  14. Anonymous Noise (Fukumenkei Noise) – 53 suara
  15. Mashiro no Oto – 45 suara

SHARE
Previous articleBooth Tour TGS 2017: Square Enix Gencar Promosikan Game Mobile FF XV dan Dissidia FF NT!
Next articleTrailer dan Poster Terbaru Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca