Review Pengabdi Setan: Film yang Penuh dengan Misteri dan Diakhiri Plot Twist

Di film remake Pengabdi Setan, Joko Anwar sukses menyajikan film horror yang tidak hanya mencekam, namun penuh misteri dan plot twist. Simak reviewnya di sini. #FILM

Review Pengabdi Setan: Film yang Penuh dengan Misteri dan Diakhiri Plot Twist

Review Pengabdi Setan: Film yang Penuh dengan Misteri dan Diakhiri Plot Twist

Pengabdi Setan karya Joko Anwar sudah tayang pada tanggal 28 September 2017 di bioskop Tanah Air. Simak reviewnya berikut ini.

Pengabdi Setan pada tahun 1980 sudah dinobatkan menjadi film terseram Indonesia. Penulis tak menolak penobatan itu, mengingat Pengabdi Setan memang menjadi salah satu film horror Indonesia yang seram. Lalu bagaimana dengan versi remake-nya?

[read_more id="336310"]

Sinopsis

Menceritakan tentang sebuah keluarga kecil yang mengalami keterpurukan di tahun 1981. Sang ibu, yang sebelumnya seniman dan penyanyi terkenal kini mendadak sakit selama 3 tahun. Karena tak ada lagi pemasukan dan perlunya biaya pengobatan, mereka pun hidup serba kekurangan.

Mereka tinggal di rumah neneknya yang berada di tengah hutan dekat areal pemakaman, menambah suasana mencekam di keluarga ini. Akhirnya, sang ibu meninggal secara misterius setelah sakit bertahun-tahun, meninggalkan keluarganya.

Namun, apakah sang ibu benar-benar meninggalkan mereka? Sebaliknya, dia justru "kembali" untuk menjemput anaknya, dan di sini, peran keluarga sangat penting. Rini, kakak tertua harus memecahkan masalah atas kembalinya sang ibu, dan kenapa dia menjemput salah satu anaknya.

Penuh Misteri

Sejak awal film, kita sudah diberikan cerita tentang misteri penyakit sang ibu yang tak dijelaskan (pihak keluarga pun tak tahu dengan jelas). Kita merasakan sudut pandang dari Rini dan keluarganya.

Di pertengahan cerita, sejak sang ibu meninggal, perlahan misteri mulai dimunculkan. Kejadian mistis mulai terjadi, adanya karakter lain yang ikut meninggal, hingga rahasia dibalik lagu sang ibu.

Jika kamu pernah menonton film-film tentang organisasi rahasia yang selama ini ada di sekitar kita, maka film ini membawa stereotype dan atmosfir yang sama. Sampai akhir cerita, kita dibuat bertanya-tanya tentang organisasi ini.

Bahkan penonton lain yang penulis temui saat selesai menonton, banyak yang bertanya-tanya tentang akhir dari film ini.

Review Pengabdi Setan: Film yang Penuh dengan Misteri dan Diakhiri Plot Twist

[duniaku_baca_juga]

Plot Twist

Sangat jarang terjadi, atau setidaknya sangat jarang sukses di film Indonesia. Penulis sendiri mengakui bahwa film lain memang banyak yang mencoba membuat Plot Twist, namun hanya sedikit yang benar-benar sukses.

Pengabdi Setan karya Joko Anwar kali ini sukses menampilkan Plot Twist yang tak dipikirkan oleh penonton lain. Para penonton sudah dibangun tentang jalan cerita A sejak awal, lalu tiba-tiba berubah menjadi B di pertengahan cerita.

Seperti apa Plot Twist-nya? Saksikan sendiri di bioskop-bioskop kesayangan kalian ya.

[read_more id="329482"]

Beda Namun Sama dengan Film Lamanya

Kamu yang sudah menonton film lamanya, pasti menyadari perbedaan dan kesamaannya. Perbedaan yang paling terlihat datang dari latar keluarga. Di film lamanya, mereka adalah keluarga yang sangat kaya dan jauh dari agama.

Di sini, keluarga itu pernah kaya, namun sekarang menjadi miskin, dan tetap, jauh dari agama. Selain itu, yang membedakan lagi adalah unsur mistis. Jika di film lama, sang dukun dan ilmu hitam banyak diangkat, sekarang justru lebih ke organisasi hitam tersebut.

Kesamaannya ada di bagian hantu. Kamu akan menemeukan hantu sejenis Kuntilanak dan Pocong di film terbarunya, mirip seperti di film lama. Bahkan mungkin lebih bisa membuatmu ketakutan!


Bagaimana dengan kekurangan dan kesimpulan dari film ini? Cek di halaman selanjutnya ya.

Ending yang Fantastis

Mungkin terkesan berlebihan, namun ending film ini memang berbeda, dan benar-benar membuat penonton terdiam. Mungkin ini film pertama yang pernah penulis tonton, di mana layar sudah menjadi gelap dan berakhir, namun semua penonton masih terdiam di kursi mereka masing-masing.

Tak hanya diam, banyak pertanyaan yang berputar di kepala mereka tentang akhir dari filmnya.

[read_more id="329408"]

Nuansa Film Lama

Joko Anwar sukses membuat kita seakan menonton film jadul. Pertama, latar lokasi memang berada di tahun 1981, tentunya semua dekorasi sampai kendaraan mengikuti masanya.

Kedua, adanya candaan atau joke ala-ala tahun 80an, yang mungkin jika kamu penggemar film jadul, kamu akan menyadarinya. Joko Anwar sukses mengarahkan film ini dengan baik.

Review Pengabdi Setan: Film yang Penuh dengan Misteri dan Diakhiri Plot Twist

Kekurangan

Tentunya film ini bukan tanpa cela. Ada juga kekurangan dalam film ini. Salah satunya adalah adanya plot hole yang tak dijelaskan sampai akhir cerita. Ada juga adegan stereotype film yang terbukti salah, namun tetap digunakan, salah satunya adalah mendobrak pintu menggunakan bahu.

Alur cerita sejak pertengahan menjelang akhir juga terkesan datar dan terburu-buru, berbeda dengan awal hingga pertengahan yang sukses membuat kita ketakutan dan penasaran dengan apa yang terjadi.

Kekecewaan penulis secara pribadi datang dari poin Jumpscare. Di Trailer, tak banyak Jumpscare yang diperlihatkan. Penulis pun berharap cukup tinggi dengan hadirnya kesan horror tanpa Jumpscare cheese ala film James Wan. Namun ternyata, di dalam film tetap ada Jumpscare cheese tersebut, meskipun Joko Anwar sukses mempermainkan rasa kaget kita.

Review Pengabdi Setan: Film yang Penuh dengan Misteri dan Diakhiri Plot Twist

Kesimpulan

Bagi kamu yang sudah menantikan kebangkitan film horror Indonesia dengan cerita dan nuansa yang benar-benar mencekam, maka film ini sangat layak untuk ditonton. Joko Anwar sukses membawakan misteri ke dalam cerita, sehingga penonton selalu bertanya-tanya dan penasaran dengan kelanjutannya.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU