10 Film Hollywood Bermodal Kecil yang Paling Menguntungkan

 

film hollywood bermodal kecil

Zaman sekarang, film Hollywood dengan budget sampai 1 triliun sudah biasa. Tapi keuntungan 10 film Hollywood bermodal kecil berikut bisa ribuan kali lebih besar dari modalnya!

Film-film blockbuster sekarang, seperti Valerian and City of a Thousand Planets (2017) dan Avatar (2009) bisa mengeluarkan masing-masing sampai $209 juta dan $237 juta untuk produksi film. Sebagai pembanding jika disesuaikan dengan kurs dolar terhadap rupiah, 100 juta dolar itu sama dengan 1.3 triliun rupiah.

Baca Juga

Itu adalah pertaruhan besar yang diambil dengan berharap bisa untung berkali-kali lipat dari budget. Angka box office Valerian dilaporkan mencapai $221 juta sementara Avatar $2.8 triliun. Angka yang fantastis.

Namun tak semua film sukses bergantung pada kucuran dana besar. Film Hollywood bermodal kecil berikut ini juga bisa untung ribuan kali lipat dari biaya produksinya. Sebelum kita masuk lebih lanjut ke daftar film, perlu penulis ingatkan bahwa angka budget dan box office di bawah ini memakai kurs Rupiah terhadap Dolar sekarang, yakni 13.300 rupiah per dolar Amerika dan tanpa mempertimbangkan pengaruh inflasi.

Simak 10 film Hollywood bermodal kecil yang paling menguntungkan berikut ini.

10

Napoleon Dynamite (2004)

 

Rotten Tomatoes: 71% / IMDB: 6.9

Seorang remaja canggung yang buruk dalam kehidupan sosial terjebak dalam permasalahan pelik keluarganya sembari membantu temannya memenangi pemilihan presiden kelas.

Review Suami untuk Mak: 98 Menit yang Sia-sia

Kunci menonton film ini adalah bersabar... bersabar menunggu filmnya segera selesai. Simak alasannya dalam review Suami untuk Mak berikut.
Baca Juga

Napoleon Dynamite diproduksi dengan budget $400 ribu atau sekitar Rp 5,3 miliar. Film arahan Jared Hess ini berhasil mengumpulkan $46 juta atau sekitar Rp 613 miliar, sekitar 5.667% dari budget-nya.

9

Once (2007)

Rotten Tomatoes: 97% / IMDB: 7.9

Disutradarai oleh sutradara John Carney (Begin Again dan Sing Street), Once bercerita tentang dua pemusik yang bertemu di Dublin, Irlandia dan berjuang membuat musik bersama-sama di tengah segala kesulitan.

Dianggap sebagai film musikal terbaik generasi ini, Once berhasil meraup $19 juta atau sekitar Rp 253 miliar. Presentase perbandingannya adalah 6000% jika dibandingkan dengan budget-nya yang sangat kecil, $150 ribu atau sekitar Rp 2 miliar.

8

Clerks (1994)

Rotten Tomatoes: 88% / IMDB: 7.8

Film black comedy ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari pegawai toko bernama Dante dan Randal. Mereka diskusi soal film, mengganggu pelanggan, sampai main hoki di atap bangunan toko.

Film ini mengambil tempat di toko tempat si sutradara, Kevin Smith bekerja sebagai pramuniaga. Untuk mendanai film ini, Smith menjual sebagian besar koleksi buku komiknya, pinjam ke bank, hingga memakai uang kuliah dan asuransi mobilnya.

Clerks hanya diproduksi dengan biaya $27 ribu (Rp 360 juta) dan berhasil meraup untung hingga hampir $4 juta (Rp 53 miliar) atau sekitar 7000% dari budget semula. Selain untung banyak, filmnya juga disukai kritikus. Debut yang membahagiakan bagi Kevin Smith.

7

American Graffiti (1973)

Rotten Tomatoes: 95% / IMDB: 7.5

George Lucas tidak hanya piawai membikin film big-budget seperti Star Wars dan trilogi Indiana Jones, tapi juga film low-budget seperti American Graffiti ini. Film ini bercerita tentang anak-anak SMA yang baru lulus dan menghabiskan malam terakhir mereka bersenang-senang sebelum lanjut kuliah.

Dianggap menjadi pionir film remaja, American Graffiti meraup untung hingga $140 juta (Rp 1,9 triliun), untung sekitar 9000% dari budget-nya $777 ribu (Rp 10 miliar). Apalagi, film ini sempat ditolak oleh studio-studio besar seperti 20th Century Fox, United Artists, MGM, Columbia Pictures, dan Paramount Pictures sebelum diterima oleh Universal Pictures. Hoki banget, ya.

6

Halloween (1978)

film hollywood bermodal kecil

Rotten Tomatoes: 93% / IMDB: 7.8

Film ­horor slasher ini bertanggungjawab atas karakter Michael Myers, salah satu tokoh paling menyeramkan dan paling ikonik. Disutradarai dan diisi musiknya oleh John Carpenter, Halloween bercerita tentang kisah Michael Myers yang kabur dari rumah sakit jiwa setelah 15 tahun yang lalu membunuh adiknya di malam Halloween. Myers kembali ke kota kecil Haddonfield dan menyebarkan teror.

Para penikmat film menyukai film Hollywood bermodal kecil ini. Buktinya, Halloween berhasil untung $70 juta (Rp 933 miliar) dengan presentase keuntungan sebesar 11 ribu persen dari budget-nya yang terhitung kecil, yakni hanya $325 ribu (Rp 4,3 miliar).


Lanjutan pembahasannya bisa kamu temukan di halaman kedua!