Dari Video Promosinya, Final Fantasy Explorers Force Ternyata Mirip Monster Hunter!

final fantasy explorers force

Setelah diumumkan sejak bulan Februari 2017 lalu, ternyata Final Fantasy Explorers Force memiliki sistem permainan yang mirip dengan Monster Hunter.

Sebelumnya kami pernah membahas Final Fantasy Explorers Force yang diumumkan Square Enix sejak awal tahun ini. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, game ini merupakan spin-off Final Fantasy baru untuk Android dan iOS yang tidak memiliki keterkaitannya dengan Final Fantasy Explorers. Nah, pada pagelaran Tokyo Games Show 2017 ini, pihak Square Enix memperkenalkan cara bermain game ini lebih detail.

Rambah MMORPG Mobile, Square Enix Kenalkan Final Fantasy Explorers Force!

Square Enix siapkan game mobile Final Fantasy Explorers Force. Dalam game ini kamu bisa bermain bersama dengan empat orang temanmu dalam satu party!
Baca Juga

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada tiga macam kekuatan “Force” di dalam game ini. Pertama adalah Soldier Force, yang merepresentasikan karakter yang sudah kamu buat. Lalu yang kedua adalah Crystal Force, yang merupakan representasi dari hero-hero klasik Final Fantasy. Dan terakhir ada Summon Force, yang merepresentasikan makhluk-makhluk yang bisa dipanggil, seperti Bahamut, Ifrit, Carbuncle dan sebagainya.

final fantasy explorers force

Sedangkan untuk permainannya sih simpel, kamu akan mengkustomisasi karakter orisinalmu sendiri. Seperti game Final Fantasy orisinal, ada banyak Class yang bisa kamu pilih yang mempengaruhi peranmu di game ini. Hingga saat ini sudah ada enam Class (dari delapan) yang bisa kamu pilih:

  • Paladin: pengguna pedang dan tameng sebagai tanker dalam sebuah pertempuran.
  • Dragoon: pengguna tombak yang memiliki kemampuan untuk melakukan lompatan tinggi dan menyerang musuh dari udara.
  • Monk: pengguna sarung tangan yang ahli bela diri dari dekat menggunakan puklan dan tendangannya.
  • Bard: pengguna alat musik yang mampu memberikan musik untuk memberikan buff kawan atau melemahkan musuh.
  • Black Mage: pengguna sihir hitam yang mampu memberikan kerusakan tinggi.
  • White Mage: pengguna sihir putih yang menjadi karakter pendukung di game ini. Ia mampu memulihkan HP kawan dan memberikan buff kawan.

Jangan bingung memilih class mana saat awal permainan dimulai. Sebab kamu nantinya bisa mengubah class yang cocok untuk kamu mainkan atau sesuai dengan equipment yang kamu miliki. Sistem ini juga mirip dengan fitur “Job Change” yang biasa kamu temui di beberapa game Final Fantasy dan juga Bravery Default.


final fantasy explorers force

Game ini akan menampilkan tiga sistem “Gacha” yang akan memberikanmu beberapa item yang akan memperkuat karaktermu. Berikut ini adalah ketiga macam Gacha yang ditampilkan:
  • Equipment Gacha: Kamu akan disediakan banner yang memungkinkanmu untuk mendapatkan equipment dan senjata untuk memperkuat karaktermu. Untuk senjata, akan ada jenisnya sendiri mulai dari pedang, tongkat sihir, dan sebagainya. Semua itu disesuaikan dengan class yang terbagi.
  • Ability Gacha: Dalam banner ini, kamu bisa mendapatkan ability, yaitu kemampuan yang bisa kamu gunakan untuk bertarung. Ada banyak macam ability yang disediakan di game ini, mereka akan menyesuaikan dari senjata yang kamu pakai. Jadi jika kamu menggunakan senjata yang berbeda, mereka tidak bisa kamu gunakan.
  • Gil Gacha: Belum ada informasi mengenai sistem gacha yang satu ini. Namun dari namanya sudah jelas banner ini ada hubungannya dengan mata uang dalam game. Sebab selama ini serial Final Fantasy selalu menggunakan Gil sebagai mata uang.

final fantasy explorers force


Tampaknya, Square Enix memang ingin memanjakan pemain dengan merilis Final Fantasy Explorers Force ini. Game ini bagaikan seri Final Fantasy XIV untuk mobile, tetapi dikemas lebih sederhana dan menampilkan sistem permainan ala MMORPG Mobile lainnya. Bahkan ada fitur unik yang bakal menjadi daya tarik bagi pecinta serial Final Fantasy.

Untuk kamu yang semakin penasaran dengan serial Final Fantasy Explorers Force ini, bisa kamu lihat informasi lebih mendetailnya di halaman berikutnya!