Kenal Lebih Jauh Lagu “Di Keheningan Malam”, Soundtrack Mengerikan dari Film Pengabdi Setan

"di keheningan malam"

Satu hal yang membuat film Pengabdi Setan karya Joko Anwar begitu menaktukan adalah kehadiran soundtrack lagu berjudul “Di Keheningan Malam” yang dibawakan oleh Sang Ibu. Tapi tahukah kamu jika lagu tersebut sebenarnya merupakan lagu tentang perjuangan tentara Indonesia?

Film reboot Pengabdi Setan arahan sutradara Joko Anwar menjadi film Indonesia yang paling banyak dibicarakan belakangan ini. Seperti sudah diprediksi banyak orang, film Pengabdi Setan sukses menyedot atensi penikmat film Tanah Air, khususnya pecinta film-film horor. Tak tanggung-tanggung, belum seminggu tayang di bioskop, Pengabdi Setan sudah meraup lebih dari 500 ribu penonton.

Selain jalan cerita dan akting dari para pemainnya yang mampu menghidupkan nuansa horor, jangan lupakan juga musik pengiring atau scoring selama film ini berlangsung.

Bemby Gusti, salah satu komposer musik di film Pengabdi Setan menyebut butuh proses panjang hingga bisa menyajikan instrumen musik yang bikin merinding. “Kita memakai instrumen-instrumen suara musik yang masuk ke dalam kategori psychoacoustic, yaitu instrumen-instrumen yang bisa mengeluarkan suara yang mempengaruhi psikologi manusia,” tulis Bemby di Facebook-nya.

Satu yang paling diingat tentu saja lagu berjudul “Di Keheningan Malam”. Di film Pengabdi Setan, lagu tersebut merupakan lagu terakhir karya sang Ibu di tengah kondisinya yang terbaring sakit. Namun, semenjak sang Ibu meningal, lagu “Di Keheningan Malam” malah menjadi teror mengerikan yang menandakan kehadiran Ibu di rumah.

Tapi benarkan lagu itu punya hubungan dengan unsur-unsur mistis? Nah ternyata, lagu yang dibawakan oleh penyanyi Anna Mathovani itu jauh dari nuansa horor. Malah sebenarnya, lagu “Di Keheningan Malam” merupakan lagu yang menceritakan perjuangan tentara Indonesia.

Jika mencermati lirik di dalamnya, lagu ini mengisahkan tentang seorang gadis yang merasa kesepian di tinggal kekasihnya. Dan di akhir lagu, diketahui jika sang kekasih sedang bertempur di Kalimantan Utara melawan Malaysia.

Berikut lirik lagu “Di Keheningan Malam” yang dinyanyikan oleh Anna Mathovani.

Di keheningan malam ini
Di kesunyian hati
Di kerinduan ku begini
Gelisah ku menanti

Oh kekasihku sayang
Oh pujaanku seorang
Lama nian tiada berita
Dari medan gerilya

Di keheningan malam ini
Hati runduk berdo’a
Kumohonkan pada Ilahi
Kan selamat sejahtera

Oh Tuhan yang kuasa
Oh lindungilah dia
Pahlawanku dirimba raya
Kalimantan Utara kalimantan Utara

Review Pengabdi Setan: Film yang Penuh dengan Misteri dan Diakhiri Plot Twist

Di film remake Pengabdi Setan, Joko Anwar sukses menyajikan film horror yang tidak hanya mencekam, namun penuh misteri dan plot twist. Simak reviewnya
Baca Juga

Nah apakah kamu masih merinding mendengar lagu ini?