Ini 10 Fakta Mr. Bean yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Siapa yang tidak kenal sitkom populer dari Inggris, Mr. Bean? Berikut fakta tentang Mr. Bean yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang!

Ini 10 Fakta Mr. Bean yang Tidak Diketahui Banyak Orang

 

Ini 10 Fakta Mr. Bean yang Tidak Diketahui Banyak Orang Sumber: Tiger Aspect[/caption]

Siapa yang tidak kenal sitkom populer dari Inggris, Mr Bean? Berikut fakta tentang Mr Bean yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang!

Mr Bean yang diperankan oleh Rowan Atkinson ini adalah salah satu karakter komedi paling terkenal di seluruh dunia. Saking universalnya lelucon yang ia sampaikan, orang dengan gangguan pendengaran pun masih bisa ikut tertawa. Di Indonesia, Mr Bean tayang di stasiun televisi swasta seperti SCTV, Trans TV, dan Trans 7.

Mr Bean dikenal dengan jas dan celana cokelat serta dasinya yang berwarna merah. Ia berteman dengan boneka beruangnya yang bernama Teddy dan sangat sayang pada mobil hijaunya. Mr Bean juga punya pacar bernama Irma Gobb yang diperlakukan lebih seperti teman daripada pacar. Dalam episode Merry Christmas, Mr. Bean, Gobb berharap Bean melamarnya di Hari Natal tapi tidak terjadi sehingga mereka pun putus.

Berikut 10 fakta tentang Mr Bean yang tidak diketahui banyak orang!

[page_break no="1" title="Berkebalikan dengan Mr Bean, Atkinson Adalah Orang Berpendidikan"]

Ini 10 Fakta Mr. Bean yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Lahir pada 6 Januari 1955, Rowan Atkinson lulus dari Newcastle University sebagai sarjana teknik elektro. Ia kemudian lanjut ke Oxford untuk menempuh jenjang master dari studi yang sama. Dari Oxford juga, ia menjadi anggota kehormatan tahun 2006.

[page_break no="2" title="Atkinson Sudah Terkenal Sebelum Mr Bean"]

Ini 10 Fakta Mr. Bean yang Tidak Diketahui Banyak Orang

[duniaku_baca_juga]

Sebelum menjadi Mr Bean, Atkinson sudah membintangi beberapa film dan serial televisi. Ia tampil di film James Bond, Never Say Never Again (1983) dan tampil di film pendek pemenang Oscar The Appointments of Dennis Jennings (1988).

Namun perannya dalam sitkom Not the Nine O’Clock News (1979-82)-lah yang membuatnya menjadi terkenal. Sitkom ini bertema komedi satir tentang berita teraktual, kultur pop, hingga memparodikan video dan lagu-lagu.

[page_break no="3" title="Hanya 14 Serial yang Penah Diproduksi"]

 

Ini 10 Fakta Mr. Bean yang Tidak Diketahui Banyak Orang

[duniaku_adsense]

Walaupun serialnya terkenal di seluruh dunia, hanya 14 episode Mr Bean yang pernah diproduksi. Fakta tentang Mr Bean yang sulit untuk diterima, bahkan untuk fans beratnya sekalipun.

[read_more id="332968"]

Episode pertama Mr Bean mengudara pada 1 Januari 1990 dengan judul Mr Bean. Salah satu adegan dalam episode ini adalah saat ia berusaha untuk tetap terjaga di gereja dan mengganggu bapak-bapak di sebelahnya.

Sementara episode terakhirnya mengudara pada 15 Desember 1995 dengan judul The Best Bits of Mr Bean. Dalam episode ini, Mr Bean mengingat-ngingat kembali petualangan masa lalunya, dari mulai janji temu dengan dokter gigi sampai mobilnya yang hancur dilindas tank.

[page_break no="4" title="Serialnya Diputar di Lebih dari 200 Negara"]

Ini 10 Fakta Mr. Bean yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Fakta tentang Mr Bean yang paling terkenal adalah humornya yang mengandalkan lelucon bersifat fisik, bukan narasi. Ini membuatnya sangat universal sehingga orang-orang dari berbagai negara masih bisa ikut tertawa.

“Kayaknya enggak ada negara di seluruh dunia ini, setidaknya yang pernah aku kunjungi atau yang pernah aku dengar, yang tidak mengerti dan tidak menikmati karakter Mr Bean,” kata Atkinson pada BBC. “Kupikir itu karena Mr Bean pada dasarnya adalah seorang anak yang terjebak dalam tubuh pria dewasa.”

[page_break no="5" title="Atkinson Mengandalkan Wajahnya"]

Ini 10 Fakta Mr. Bean yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Walaupun mengudara pada tahun 1990, Atkinson sudah mengembangkan karakter Mr Bean jauh sebelum itu. Saat ia sedang menempuh pascasarjana teknik elektro di Oxford, Atkinson disuruh menulis naskah pertunjukan untuk Oxford Playhouse.

“Basisku awalnya bukan menulis, jadi pada waktu itu aku hanya berdiri di depan cermin dan  mulai menggila dengan wajahku. Lalu karakter aneh, surealis, yang tidak berbicara ini pun lahir,” ujar Atkinson dalam The Story of Mr Bean, salah satu bagian dari DVD The Whole Bean. DVD ini dirilis sebagai perayaan 25 tahun Mr Bean.

Lalu pada hari pertunjukan, Atkinson bermain dengan ekspresi wajahnya. “Aku enggak yakin aku sedang bercerita apa pada waktu itu, atau pun masuk logika atau enggak, tapi aku melakukan yang terbaik dan tentunya ada yang tertawa.”

Sesaat sebelum episode pertama tayang, Mr Bean sempat dinamai nama sayuran lain. Apa itu? Buka halaman selanjutnya.

[page_break no="6" title="Mr Bean Terinspirasi dari Film Bisu"]

Ini 10 Fakta Mr. Bean yang Tidak Diketahui Banyak Orang

[duniaku_baca_juga]

Sifat film bisu sebenarnya memang bisa dilihat dari Mr Bean. Keterbatasan suara membuatnya mengerahkan sebagian besar ide untuk memaksimalkan faktor visual, terutama yang bersifat fisik.

Atkinson beberapa kali merujuk pada Jacques Tati, komedian Prancis sebagai inspirasi utamanya. “Ketertarikanku untuk komedi yang bersifat fisik dimulai saat aku menemukan film Jacques Tati yang berjudul Mr. Hulot’s Holiday,” kata Atkinson. “Aku terpesona karena karakternya yang lucu secara keras kepala.”

[page_break no="7" title="Awalnya Tidak Dinamakan Mr Bean"]

Ini 10 Fakta Mr. Bean yang Tidak Diketahui Banyak Orang

[duniaku_adsense]

Karakter Mr Bean sebenarnya belum ditentukan sesaat sebelum Mr Bean mengudara. Awalnya ia dinamakan Mr White. Lalu para penanggung jawab acara mulai mengusulkan secara random nama-nama sayuran sebelum hampir memutuskan Mr Cauliflower atau kubis bunga sebagai nama.

Untung saja pada akhirnya dinamakan Mr Bean. Enggak terbayangkan jika sampai hari ini kita memanggilnya dengan sebutan Mr Cauliflower...

[page_break no="8" title="Mr Bean Orang yang Anarkis"]

Ini 10 Fakta Mr. Bean yang Tidak Diketahui Banyak Orang

[read_more id="334599"]

Tunggu dulu, anarkis di sini bukan berarti arti sempit yang berarti vandalis atau rusuh seperti yang sudah sering kita dengar. Anarkis menolak segala bentuk otoritas atau institusi yang bersifat hierarki.

Dalam wawancaranya dengan IGN tahun 2003, Atkinson menyebut Mr Bean “secara alamiah seorang anarkis. Tetapi di waktu yang sama, Mr Bean adalah karakter yang sangat-sangat mandiri karena dia mawas diri dan begitu egois serta memiliki sifat ke-aku-an yang tinggi sehingga enggak ada kebutuhan khusus untuk menempatkan orang lain agar suatu adegan menjadi lucu.”

[page_break no="9" title="Atkinson Sempat Ingin Pensiun Jadi Mr Bean"]

Ini 10 Fakta Mr. Bean yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Satu lagi fakta tentang Mr Bean adalah tentang Rowan Atkinson. Atkinson sudah membintangi puluhan judul film dan serial televisi sepanjang hidupnya. Namun tak ada yang membuatnya begitu populer selain perannya sebagai Mr Bean.

Dalam wawancaranya dengan The Telegraph pada November 2012 lalu, Atkinson mengakui bahwa perannya sebagai Mr Bean akan berakhir. “Mr Bean sudah menjadi kesuksesan untukku. Semakin sekarang aku semakin berpikir bahwa aku akan mulai untuk menguranginya,” ujarnya. “Terlepas dari fakta bahwa kondisi fisikku yang mulai menurun, kupikir juga fakta bahwa berperilaku kekanak-kanakan saat usiamu sudah menginjak umur 50-an terlihat menyedihkan.”

Namun dalam wawancaranya pada Radio Times pada 21 Maret 2016 lalu, ia membantah kabar tersebut. “Aku enggak akan pernah mengucapkan selamat tinggal pada karakter apapun yang kuperankan—aku pikir aku masih bisa memerankan Mr Bean, hanya mungkin ada beberapa perbedaan,” ujarnya.

[page_break no="10" title="Atkinson Penggila Mobil"]

Ini 10 Fakta Mr. Bean yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Fakta tentang Mr Bean terakhir. Selain Teddy, boneka beruang teman setianya, Mr Bean juga sangat mencintai mobil hijau British Leyland Mini 1000 Mark 3 keluaran 1976-nya. Tapi tahukah kamu, Mr Bean di dunia nyata juga penggila mobil.

Ia punya banyak koleksi mobil, di antaranya McLaren F1 (yang sudah ia lelang), Renault 5 GT Turbo, Austin Metro, Skoda Superb, Audi A8, dan Honda Civic Hybrid.

Atkinson sangat menggemari balapan. Dia pernah ikut lomba balap dengan mengendarai mobil Aston Martin V8 Zagato dan mengalami kecelakaan, tapi syukurnya tidak ada luka.

Ya boleh-boleh saja balapan dan koleksi mobil, Om Atkinson, asal mobilnya dijaga jangan sampai dilindas tank atau dikendarai dari atap saja, ya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU