Ini 10 Fakta Mr. Bean yang Tidak Diketahui Banyak Orang

 

Sumber: Tiger Aspect

Siapa yang tidak kenal sitkom populer dari Inggris, Mr Bean? Berikut fakta tentang Mr Bean yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang!

Mr Bean yang diperankan oleh Rowan Atkinson ini adalah salah satu karakter komedi paling terkenal di seluruh dunia. Saking universalnya lelucon yang ia sampaikan, orang dengan gangguan pendengaran pun masih bisa ikut tertawa. Di Indonesia, Mr Bean tayang di stasiun televisi swasta seperti SCTV, Trans TV, dan Trans 7.

Mr Bean dikenal dengan jas dan celana cokelat serta dasinya yang berwarna merah. Ia berteman dengan boneka beruangnya yang bernama Teddy dan sangat sayang pada mobil hijaunya. Mr Bean juga punya pacar bernama Irma Gobb yang diperlakukan lebih seperti teman daripada pacar. Dalam episode Merry Christmas, Mr. Bean, Gobb berharap Bean melamarnya di Hari Natal tapi tidak terjadi sehingga mereka pun putus.

Berikut 10 fakta tentang Mr Bean yang tidak diketahui banyak orang!

1

Berkebalikan dengan Mr Bean, Atkinson Adalah Orang Berpendidikan

Lahir pada 6 Januari 1955, Rowan Atkinson lulus dari Newcastle University sebagai sarjana teknik elektro. Ia kemudian lanjut ke Oxford untuk menempuh jenjang master dari studi yang sama. Dari Oxford juga, ia menjadi anggota kehormatan tahun 2006.

2

Atkinson Sudah Terkenal Sebelum Mr Bean

Baca Juga

Sebelum menjadi Mr Bean, Atkinson sudah membintangi beberapa film dan serial televisi. Ia tampil di film James Bond, Never Say Never Again (1983) dan tampil di film pendek pemenang Oscar The Appointments of Dennis Jennings (1988).

Namun perannya dalam sitkom Not the Nine O’Clock News (1979-82)-lah yang membuatnya menjadi terkenal. Sitkom ini bertema komedi satir tentang berita teraktual, kultur pop, hingga memparodikan video dan lagu-lagu.

3

Hanya 14 Serial yang Penah Diproduksi

 

fakta tentang mr bean


Walaupun serialnya terkenal di seluruh dunia, hanya 14 episode Mr Bean yang pernah diproduksi. Fakta tentang Mr Bean yang sulit untuk diterima, bahkan untuk fans beratnya sekalipun.

Talk no Jutsu! 6 Tokoh yang “Terpelatuk” Karena Kata-kata dan Semangat dari Naruto

Naruto dapat mengatasi kesepian dalam hidupnya dan menjadi seorang shinobi yang dapat menginspirasi dengan kata-kata dan semangat dari Naruto.
Baca Juga

Episode pertama Mr Bean mengudara pada 1 Januari 1990 dengan judul Mr Bean. Salah satu adegan dalam episode ini adalah saat ia berusaha untuk tetap terjaga di gereja dan mengganggu bapak-bapak di sebelahnya.

Sementara episode terakhirnya mengudara pada 15 Desember 1995 dengan judul The Best Bits of Mr Bean. Dalam episode ini, Mr Bean mengingat-ngingat kembali petualangan masa lalunya, dari mulai janji temu dengan dokter gigi sampai mobilnya yang hancur dilindas tank.

4

Serialnya Diputar di Lebih dari 200 Negara

25 tahun mr bean

Fakta tentang Mr Bean yang paling terkenal adalah humornya yang mengandalkan lelucon bersifat fisik, bukan narasi. Ini membuatnya sangat universal sehingga orang-orang dari berbagai negara masih bisa ikut tertawa.

“Kayaknya enggak ada negara di seluruh dunia ini, setidaknya yang pernah aku kunjungi atau yang pernah aku dengar, yang tidak mengerti dan tidak menikmati karakter Mr Bean,” kata Atkinson pada BBC. “Kupikir itu karena Mr Bean pada dasarnya adalah seorang anak yang terjebak dalam tubuh pria dewasa.”

5

Atkinson Mengandalkan Wajahnya

Walaupun mengudara pada tahun 1990, Atkinson sudah mengembangkan karakter Mr Bean jauh sebelum itu. Saat ia sedang menempuh pascasarjana teknik elektro di Oxford, Atkinson disuruh menulis naskah pertunjukan untuk Oxford Playhouse.

“Basisku awalnya bukan menulis, jadi pada waktu itu aku hanya berdiri di depan cermin dan  mulai menggila dengan wajahku. Lalu karakter aneh, surealis, yang tidak berbicara ini pun lahir,” ujar Atkinson dalam The Story of Mr Bean, salah satu bagian dari DVD The Whole Bean. DVD ini dirilis sebagai perayaan 25 tahun Mr Bean.

Lalu pada hari pertunjukan, Atkinson bermain dengan ekspresi wajahnya. “Aku enggak yakin aku sedang bercerita apa pada waktu itu, atau pun masuk logika atau enggak, tapi aku melakukan yang terbaik dan tentunya ada yang tertawa.”

Sesaat sebelum episode pertama tayang, Mr Bean sempat dinamai nama sayuran lain. Apa itu? Buka halaman selanjutnya.