9 Lagu Jepang yang Wajib Kamu Dengar Minggu Ini (Volume 1)

Hayo, siapa yang mau rekomendasi musik Jepang untuk minggu ini? Dalam rubrik barunya setiap hari Kamis Duniaku akan membahas sembilan lagu Jepang yang wajib kamu coba

9 Lagu Jepang yang Wajib Kamu Dengar Minggu Ini (Volume 1)

9 Lagu Jepang yang Wajib Kamu Dengar Minggu Ini (Volume 1)

Di rubrik terbaru ini, Duniaku.net akan membahas 9 lagu Jepang yang wajib kamu dengar tiap minggunya setiap hari Kamis.

Kultur musik Jepang merupakan kultur musik yang paling menarik untuk dibahas karena musik Jepang mempunyai banyak sekali artis dari berbagai macam latar belakang dan jenis musiknya. Pengaruh dari lagu Jepang sendiri telah menyebar ke seluruh dunia dan banyak musisi yang terpengaruh oleh lagu Jepang.

Kini, Duniaku.net mempunyai artikel rekomendasi baru untuk kamu yang ingin menyelami musik Jepang lebih dalam lagi serta menambah wawasan tentang musik Jepang. Lagu yang ditawarkan di sini pastinya ada yang sudah kamu tahu atau mungkin ada yang kamu belum tahu. Lumayan kan untuk menambah referensi dan playlist untuk smartphone kamu.

Artikel ini akan muncul setiap hari Kamis jadi tetap cek Duniaku.net tiap minggunya untuk mendapatkan rekomendasi musik Jepang yang paling segar dan keren tiap minggunya.

Mari kita mulai melihat dan mendengarkan 9 lagu Jepang yang wajib kamu dengar untuk minggu ini.

[page_break no="1" title="Rhymester Feat. Mabanua  – Future Is Born (Victor, 2017)"]

[youtube_embed id="jvjuqpkBV18"]

Grup hip hop yang terdiri dari Daisuke Sakama (Mummy-D), Jin Yamamoto (DJ Jin), dan Shirou Sasaki (Utamaru) ini merupakan grup legend di kalangan hip-hop Jepang bersamaan dengan Scha Dara Parr. Grup yang sudah terbentuk dari tahun 1989 ini sudah mengeluarkan 10 album sepanjang karirnya dan album terbaru mereka berjudul Danceable telah dirilis pada 6 September 2017 kemarin dan menjadi album kedua mereka untuk label Victor Entertainment.

Dalam album terbarunya mereka merilis lead song untuk album ini berjudul Future is Born yang berkolaborasi dengan mabanua seorang produser handal yang sudah memproduseri banyak musisi populer Jepang seperti Sky-Hi, Awesome City Club, Salu, Chara dan masih banyak lagi. Lagu ini bernuansa old school hip hop dengan lekukan funk dan beat funky di dalamnya. Makna dari lagu ini adalah tetap melihat ke depan dan jangan melihat ke masa lalu.

[page_break no="2" title="Daichi Miura – U (Avex Trax, 2017)"]

[youtube_embed id="y6zonsmwSrw"]

Penyanyi yang sering dijuluki Michael Jackson mini versi Jepang ini mengeluarkan single ke-22 setelah baru saja merilis album keenamnya Hit pada 22 Maret 2017 kemarin. Single yang telah dirilis pada 2 Agustus 2017 ini diciptakan dan diproduseri oleh The Stereotypes yang merupakan grup composer yang terdiri dari Jonathan Yip, Travis Garland, Ray Romulus, Jeremy Reeves, dan Ray McCullough. Portofolio dari grup komposer ini tidak main-main karena mereka telah menciptakan lagu ">That’s What I Like milik Bruno Mars dan ">Somebody to Love milik Justin Bieber.

Lagu baru Daichi Miura ini benar-benar mulus dengan beat R&B dan pop yang rapat yang membuat kamu ingin bergoyang. Beat yang terus dihujam bertubi-tubi dengan iringan gitar yang smooth membuat kamu ingin mendengarkan lagu ini berkali-kali.

[page_break no="3" title="Amazarashi – Sora ni Utaeba (Sony Music, 2017)"]

[youtube_embed id="-j4LVcY7_zc"]

Amazarashi merupakan sebuah duo yang terdiri dari Hiromu Akita di vokal dan gitar serta Minami Toyokawa di keyboard tetapi di setiap mereka tampil hanya Hiromu yang selalu terlihat dengan dandanan misteriusnya dan mengenakan topi besar yang menutupi matanya. Amazarashi sendiri telah mengeluarkan tiga album di bawah major label Sony Music dan telah mengisi lagu tema untuk anime Tokyo"> Ghoul dan ">Ranpo Kitan Game of Laplace.

Pada single terbarunya Amazarashi mengisi lagu tema untuk musim kedua Boku no Hero Academia berjudul Sora ni Utaeba. Berbeda dengan lagu Amazarashi sebelumnya yang bersifat kelam dan gelap pada lagu ini Amazarashi bernyanyi begitu ceria dan bersemangat tanpa melunturkan gaya misteriusnya. Lagu pop rock yang enak didengar dan berbeda dari apa yang mereka lakukan sebelumnya.

[page_break no="4" title="Mrs. GREEN APPLE – WanteD! WanteD! (EMI Records, 2017)"]

[youtube_embed id="PbISczErpKY"]

Mrs. GREEN APPLE merupakan band alternative rock yang telah dibentuk pada tahun 2013 dengan personil Motoko Omori (vokal, gitar), Hiroto Wakai (gitar), Ayaka Yamanaka (drum), Ryoka Fujisawa (keyboard), dan Kiyokazu Takano (bass). Band ini masih muda-muda bahkan personil paling tua di grup ini bernama Takano baru berumur 26 tahun sedangkan vokalisnya Omori baru menginjak 21 tahun pada 14 September 2017 kemarin.

Band yang pernah menyumbangkan lagunya untuk ">Yu-Gi-Oh! Arc-V ini merilis single terbarunya WanteD! WanteD! yang menjadi soundtrack untuk dorama Fuji TV berjudul Bokutachi ga Yarimashita. Single kelima mereka ini menunjukkan semangat muda dari Mrs. GREEN APPLE dengan menyatukan musik electropop kekinian dengan suntikan alternative rock yang asyik untuk bergoyang.

[page_break no="5" title="Paellas – Shooting Star (Space Shower, 2017)"]

[youtube_embed id="UWG8qVylsBc"]

Band yang mengambil namanya dari sebuah makanan asal Spanyol ini merupakan band pendatang baru yang memainkan musik funk dan soul yang sensual dan romantis. Grup yang terdiri dari Matton (vokal), bisshi (bass), Ryosuke Takahashi (drummer), msd. (sampler), dan Satoshi Anan (gitar) ini mengguncang dunia indie Jepang dengan musik mereka yang halus dengan vokal yang lirih dan lembut.

Mereka telah mengeluarkan mini album terbaru mereka berjudul D.R.E.A.M. yang telah dirilis pada 6 September 2017 dan mendapatkan atensi positif di Jepang. Mereka mengeluarkan lagu “Shooting Star” sebagai lead song untuk album ini. “Shooting Star” enak didengar ketika kita sudah lelah setelah beraktivitas sepanjang hari dan ingin bersantai di tempat tidur sambil menikmati sajian minuman hangat di kasur sambil dipijat.


Yakin puas dengan lima lagu Jepang di atas? Masih ada empat lagu Jepang lagi loh yang wajib kamu dengar minggu ini. Cek halaman berikutnya untuk mengetahui lebih lanjut tentang empat lagu ini.

[page_break no="6" title="Hiroya Ozaki – Glory Days (Toy’s Factory, 2017)"]

[youtube_embed id="EejcsaMDduQ"]

[duniaku_baca_juga]

Hiroya Ozaki merupakan anak dari penyanyi legendaris Jepang Yutaka Ozaki yang meninggal muda di umur 26 tahun pada tahun 1992. Setelah bapaknya meninggal Hiroya yang waktu itu berumur 3 tahun dibawa ke Amerika Serikat oleh ibunya dan tinggal di sana sampai tahun 2008. Ia mengikuti jejak ayahnya sebagai penyanyi dan telah melakukan debut sebagai seorang solois pada 5 September 2016 dengan mengeluarkan single “Hajimari no Machi”.

Kali ini, ia diberi kesempatan untuk menyanyikan lagu tema film Eureka Seven yang terbaru berjudul Eureka Seven: Hi-Evolution berjudul “Glory Days”. Lagu ini akan masuk ke dalam EP terbarunya berjudul Seize The Day yang telah dirilis pada 4 Oktober 2017. Lagu ini benar-benar melambangkan semangat dan melankolisme dari Eureka Seven ke dalam satu paket dan menghasilkan sebuah lagu pop rock yang menyentuh dan membuat semangat dalam waktu bersamaan.

[page_break no="7" title="Never Young Beach – Surely (Victor, 2017)"]

[youtube_embed id="ro1fx86gqGQ"]

Bagi kamu yang ingin mendengarkan lagu yang santai dengan suasana surf rock maka Never Young Beach patut menjadi pilihanmu. Band yang diisi oleh Yuuma Abe (vocal), Satoshi Anna (gitar), Makou Matsushi (gitar), Keigo Tatsumi (bass), dan Kento Suzuki (drum) ini memainkan musik surf rock yang ringan dan membuat pendengarnya santai seperti pada lagu yang satu ini.

“Surely” adalah lead song mereka untuk album ketiga mereka A GOOD TIME yang telah dirilis pada 19 Juli 2017 kemarin. Aroma surf rock dan gitar yang santai membuat lagu ini benar-benar ringan untuk dicerna dan asyik untuk diputar berulang-ulang.

[page_break no="8" title="Scha Dara Parr to Ego-Wrappin’ – Micro Boy To Macro Girl (Zenryo Records/Space Shower, 2017)"]

[youtube_embed id="b-griRtKHLU"]

Grup hip hop legendaris yang sudah dibentuk terdiri dari 1988 dan terdiri dari Bose, Ani dan Shinco ini mengeluarkan single terbarunya yang berkolaborasi dengan duo jazz legendaris Ego-Wrappin’ berjudul “Micro Boy to Macro Girl”.

Lagu yang musik videonya dibintangi oleh aktris populer yang super imut bernama non ini memainkan hip hop jadul dengan rapping yang ringan dan petikan gitar yang enak. Kesempurnaan lagu ini ada di reff-nya yang terdengar berbeda dari verse sebelumnya dengan memainkan gitar psychedelic dengan aroma India ala George Harrison dari The Beatles. Sebuah lagu hip hop yang sangat old school tapi sangat menarik

[page_break no="9" title="PassCode – Same To You (Universal Music, 2017)"]

[youtube_embed id="lCRpxvO-BBQ"]

[duniaku_adsense]

Bagi kamu yang suka dengan musik hardcore, techno, emo, dan idol group kamu pasti suka dengan idol group bernama PassCode ini. Idol group yang terdiri dari Takashima Kaede, Imada Yuna, Minami Nao, dan Ogami Hinako ini memainkan musik digital hardcore yang mengingatkan kita akan musik ala Enter Shikari dan Attack! Attack!. Mereka telah merilis album perdana mereka di bawah major label berjudul ZENITH yang telah dirilis pada 2 Agustus 2017 kemarin. Lagu “Same to you” yang diambil dari album ini sangat cocok untuk kamu penyuka musik keras dengan muka yang imut.

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU