GT 1030, Kartu Grafis Bertenaga yang Sangat Ramah di Kantong

Nvidia sebagai perusahaan kartu grafis terkemuka sudah melengkapi lini kartu grafis seri 10, setelah sebelumnya merilis GTX 1050, pada bulan Mei 2017 Nvidia resmi merilis kartu grafis kelas entry level yakni GT 1030.

Dengan meluncurnya GT 1030 ke pasaran, membuat para gamer PC bisa memiliki pilihan yang luas, terutama yang berbiaya rendah. Kartu grafis ini dilepas ke pasaran dengan harga mulai dari 900 ribu rupiah.

Untuk spesifikasi, GT 1030 cukup baik di kelasnya karena dibekali 384 CUDA Cores dan memiliki boost clock sebesar 1468 MHz. Untuk urusan memori, kartu grafis ini memiliki memory speed sebesar 3000 dengan dilengkapi VRAM sebesar 2GB 64 bit.

Untuk ukuran kartus grafis kelas entry level, GT 1030 dibekali display connector yang lengkap yakni HDMI, DVI, dan DisplayPort. Di situs resmi Nvidia sendiri, untuk menjalankan kartu grafis ini hanya membutuhkan power supply sebesar 300 watt saja tanpa butuh konektor tambahan.

Ya, untuk ukuran VGA kelas low end GT 1030 benar-benar lengkap atau bisa dibilang kecil-kecil cabe rawit karena berdasarkan spesifikasi, kartu grafis ini sangat mumpuni. Bila kalian tak cukup punya uang untuk membeli GTX 1050 atau GTX 1050 TI yang saat ini jadi primadona, memiliki GT 1030 adalah pilihan yang sangat bijak dari segi harga maupun performa.

Nah, kini yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana sih performa dari seri GT terbaru ini? apakah kartu grafis ini mengecewakan atau justru malah bisa tampil memuaskan?

Bila kalian punya hobi game yang tidak begitu hardcore, kartu grafis ini sudah lebih dari cukup. Banyak sekali game-game dari emulator yang seru dan bisa kalian mainkan dengan kartu grafis yang satu ini.

Kenapa penulis bisa bilang demikian? jawabannya cukup simpel karena penulis telah menggunakan berbagai macam kartu grafis untuk bermain game-game emulator, GT 1030 memiliki teknologi yang lebih baru, lebih cepat, dan lebih efesien.

Penulis pernah mencoba emulator menggunakan dual core, RAM 4GB, dan radeon HD 6670, hasilnya emulator PS1 bisa dimainkan dengan sangat lancar. Bila kita ingin membandingkan dengan GT 1030, tentu saja kartu grafik tersebut bisa memainkan emulator dengan sangat mudah.

Bahkan menurut penulis, seri GT terbaru itu mampu melibas emulator PS2 bila didukung dengan hardware baik lainnya.

Berbicara soal emulator, tentu saja selain emulator PS1 dan PS2 kita juga mengenal emulator untuk memainkan game android. Kalian bisa menemukan berbagai macam emulator agar bisa memainkan game mobile kesayangan kalian.

Bila hobi kalian adalah bermain emulator tetapi tidak punya budget untuk membeli kartu grafis, GT 1030 mungkin jawabannya. Kartu grafis ini mungkin akan lancar memainkan emulator game android seperti Mobile Legend misalnya.

Selain pernah mencoba Radeon HD 6670 untuk bermain emulator, penulis juga pernah memainkan emulator android dengan intel HD 3000 di laptop dan hasilnya kartu grafis Intel HD 3000 itu mampu menjalankan emulator android dengan baik.

Spesifikasi Intel HD 3000 pastinya di bawah GT 1030 dan jawabannya pasti GT 1030 mampu menjalankan emulator ini dengan sangat baik. Bila kalian menginginkan referensi lebih, di Youtube sudah banyak beredar mengenai gaming perform dari GT 1030 ini.

Game-game kekinian sukses dites dan mendapatkan FPS yang sangat baik. Penulis pribadi percaya bahwa kartu grafis berukuran kecil ini bisa melibas emulator PS maupun android dengan sangat baik asalkan hardware yang lainnya mendukung juga pastinya.

Kesimpulannya, kartu grafis ini merupakan pilihan tepat bagi para gamer yang doyan bermain emulator PS1 atau emulator android.

Bagi yang tidak suka main Mobile Legend di handphone, menggunakan GT 1030 di PC adalah pilihan yang sangat bijaksana karena kalian bisa mendapatkan FPS yang baik meski main di resolusi 720p ataupun 1080p.

ZOTAC Hadirkan PC Gaming Ukuran Mini Kekuatan Dahsyat!

ZOTAC baru saja mengumumkan produk baru mereka: MEK Mini-ITX Gaming PC yang dipersenjatai dengan CPU Intel Core i7 dan GPU Nvidia GeForce GTX 1080!
Baca Juga

Bila Radeon HD 6670 dan Intel HD 3000 yang punya teknologi di bawah GT 1030 saja mampu, kenapa GT 1030 yang merupakan kartu grafis baru tidak mampu? Dari segi budget pun kartu grafis ini menawarkan harga yang cukup murah di kelasnya tanpa mengesampingkan performa tentunya.

Diedit oleh Doni Jaelani


SHARE
Previous articleMenerka Masa Depan Audio Bersama Sennheiser: Lini Terbaru Untuk Audiophiles dan Pecinta Musik
Next articleKabar Duka, Seiyuu Dragon Ball Telah Tutup Usia
Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!