TERBONGKAR, Kekuatan Baru Goku adalah Teknik yang Tidak Dikuasai oleh Beerus!

dragon ball super episode 111 kekuatan baru goku

Sinopsis Dragon Ball Super 111 memberi kita petunjuk yang cukup jelas akan kekuatan baru Goku: teknik yang bahkan belum dikuasai oleh Beerus sekalipun!

Sinopsis Dragon Ball Super 111 telah muncul di dunia maya. Dalam sinopsis tersebut, diperlihatkan bahwa Goku babak belur melawan Jiren meskipun telah membangkitkan kekuatan baru. Nah, berbicara tentang kekuatan baru Goku nih, kita mendapatkan petunjuk (spoiler) yang lumayan besar. Di sana disebutkan kekuatannya adalah “Mastery of Self-Movement” atau penguasaan pergerakan diri. Apa sih “Mastery of Self-Movement” ini?

Dragon Ball Super Episode 111: Kalah Melawan Jiren, Goku Terluka Parah!

Setelah petarungan yang sengit melawan Jiren, Goku pun terluka parah! Hit pun masuk ke dalam pertarungan! Inilah Dragon Ball Super episode 111!
Baca Juga

Mastery of Self-Movement” ini, seingat penulis, dulu pernah disebutkan oleh Whis (meskipun secara tidak langsung) saat dia melatih Goku dan Vegeta. Asisten Beerus tersebut mengatakan bahwa Goku dan Vegeta masih belum bisa bergerak cepat karena mereka masih berpikir sebelum bergerak—terutama Vegeta yang terlalu banyak berpikir. Whis pun mengatakan bahwa cara bertarung yang seperti ini akan sangat sulit dilakukan, bahkan Beerus yang sudah menjadi Dewa Kehancuran juga belum menguasai teknik ini sepenuhnya.

kekuatan baru goku dragon ball super episode 111

Nah, saat melawan Jiren ini, Goku membangkitkan kekuatan “Mastery of Self-Movement”, yaitu kekuatan—yang sesuai dengan namanya—membuat Goku dapat menggerakan tubuhnya secara otomatis tanpa perlu banyak berpikir. Tentunya, teknik yang bahkan belum dikuasai oleh Beerus ini akan membuat Goku lebih cepat daripada biasanya—dan lebih kuat.

Ini Bukti Kenapa Form Baru Goku adalah Super Saiyan Putih!

Mulai dari keinginan Akira Toriyama hingga beberapa petunjuk dari poster promo terbaru, inilah 3 alasan kenapa form baru Goku adalah Super Saiyan Putih!
Baca Juga

Akan tetapi, tampaknya Goku tidak serta merta menguasai teknik secara keseluruhan. Karena menurut penulis, alur dalam beberapa episode ke depan adalah seperti berikut:

  1. Goku melawan Jiren, mengerahkan SSB: Kaio-ken 20x
  2. Belum bisa mengalahkan Jiren, Goku mengeluarkan jurus andalan terakhir: Bola Semangat
  3. Goku gagal mengalahkan Jiren dengan Bola Semangat, membangkitkan kekuatan baru “Mastery of Self-Movement
  4. Goku masih kalah karena belum menguasai teknik “Mastery of Self-Movement”, Hit masuk dan bertarung melawan Jiren
  5. Dari judul episode 112 “Vegeta’s Resolve” tampaknya Vegeta akan membantu Hit melawan Jiren (belum dikonfirmasi) sehingga memberi waktu bagi Goku untuk memahami “Mastery of Self-Movement
  6. Pada episode 113 yang berjudul “Combat-Loving Saiyan Battle” barulah Goku menguasai “Mastery of Self-Movement” dan mengalahkan Jiren

Perlu diingat, sinopsis untuk episode 112 dan 113 belum dirilis melainkan baru judulnya saja. Jadi, ada kemungkinan urutannya bisa meleset. Oh, dan saya rasa juga, Goku akan mendapatkan form baru dari “Mastery of Self-Movement” ini berupa Super Saiyan White.

[Update] Kamu bisa membaca sinopsis Dragon Ball Super episode 112 dan 113 di sini.

Dragon Ball Super Episode 111, 112, 113, dan 114: Bola Semangat Dipentalkan oleh Jiren!

Meskipun kalah dari Jiren, Goku masih belum tereleminasi. Di Dragon Ball Super episode 111, 112, 113, dan 114, dia akan bertarung melawan Caulifla dan Kale!
Baca Juga

Intinya, dalam Tournament of Power, kekuatan baru Goku ini bakalan membuatnya semakin dekat pada level God of Destruction. Dalam manga sendiri, meskipun berbeda dengan anime, Goku telah mampu menggunakan teknik Beerus melawan Zamasu meskipun hanya sekali.

Baca Juga

Tentunya, Goku akan semakin mendekati kekuatan Beerus. Meskipun begitu, tampaknya jarak antara mereka berdua masih cukup jauh mengingat pengisi suara Goku sendiri pernah berkata bahwa anime Dragon Ball Super mungkin bakalan mencapai 700 episode lebih!


SHARE
Previous articleSetelah Dilamar Batman, Ini Dia Jawaban Catwoman di Batman 32
Next articleUlang Tahun Power Rangers Ke-25 Akan Segera Tiba!
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.