Yuk, Mengenal Lebih Dalam Tentang Festival Chuseok!

chuseok
Sumber: 24hrkpop

Kalau ngakunya Korean Lovers, tapi cuma tahu idol-idolnya rasanya cupu banget deh. Nah, supaya kalian nggak dianggep cupu terus, yuk pantengin artikel yang satu ini, karena kita akan mengulas secara lengkap tentang salah satu festival besar yang dirayakan oleh masyarakat Korea yaitu Chuseok.

Chuseok atau hari bulan purnama adalah perayaan thanksgiving-nya orang Korea. Pada zaman dulu, festival ini dirayakan sebagai ucapan syukur dan terimakasih pada para leluhur atas keberhasilan panen.

Tetapi di zaman sekarang, liburan Chuseok dimanfaatkan oleh masyarakat negeri ginseng sebagai acara pulang kampung dan mengunjungi saudara serta para leluhur. Namun, bagi orang asing yang tinggal di Korea, mereka memanfaatkan liburan panjang ini untuk pergi berlibur atau pulang ke negaranya.

Sumber: Tagstory

Festival Chuseok dimulai dengan penghormatan terhadap arwah leluhur dalam bentuk ziarah ke makam untuk merapikan tanaman dan tanah sekitar. Arwah leluhur juga disuguhi makanan, minuman, serta buah-buahan.

Songpyon Sumber: hqcenter.snu.ac.kr

Tidak lengkap rasanya kalau kita membicarakan festival, tetapi tidak membahas tentang makanannya. Pada Chuseok day makanan yang paling istimewa adalah kue ‘songpyon.’ Kue ini terbuat dari tepung beras dan diisi dengan kacang atau wijen. Pada malam sebelum Chuseok, semua anggota keluarga akan duduk bersama membuat songpyeon sambil melihat bulan.

Khusus untuk para single, mereka akan berlomba-lomba membuat songpyeon sebagus mungkin karena masyarakat Korea percaya dengan begitu mereka akan mendapatkan pasangan yang cantik atau tampan (belajar buat songpyon yuk, siapa tahu nanti dapet oppa atau eonni yang cakep, hehehe).

Hangwa Sumber: http://profile.blog.naver.com

Selain songpyon, hidangan yang harus ada saat Chuseok adalah hangwa dan baekseju. Hangwa adalah biskuit tradisional Korea yang memiliki bentuk cantik dan terbuat dari bahan-bahan alami seperti tepung beras, madu, gula, minyak wijen dan bahan-bahan lain. Sedangkan baekseju adalah minuman beralkohol yang terbuat dari beras dan dioleh dengan berbagai ramuan herbal dan ginseng. Konon, ramuan yang ada dalam baekseju, akan membuat orang yang meminumnya hidup sampai 100 tahun!

Selain tradisi di atas, festival yang dulunya dikenal dengan nama hangawi ini juga dijadikan ajang untuk menghidupkan kembali permainan tradisional Korea seperti, sonori (permainan sapi), geobuknori (permainan kura-kura), ganggangsullae (tarian melingkar) dan ssireum (bergulat).

Selain itu, pada akun sosial media, orang-orang Korea akan beramai-ramai memajang foto-foto mereka dengan menggunakan hanbok, yang memaknai bahwa mereka juga ikut memeriahkan perayaan adat turun-menurun itu sekaligus melestarikan budayanya.

Btw, Chuseok setiap tahunnya dirayakan pada tanggal yang berbeda lho. Hal tersebut dikarenakan tanggal dirayakannya festival ini bukan berdasarkan kalender Gregorian (kalender yang pada umumnya kita pakai), melainkan kalender lunar.

Festival yang juga dirayakan oleh masyarakat Cina, Taiwan, dan Hong Kong ini, setiap tahunnya jatuh pada hari ke 15 bulan ke 8 kalender lunar. Jadi kalau menurut kalender Gregorian, tahun ini Chuseok di rayakan pada tanggal 3 sampai 5 Oktober 2017.

Serba Serbi Tokyo International Film Festival 2017

Tokyo International Film Festival (TIFF) 2017 menunjuk Tommy Lee Jones menjadi President Jury sampai Full Metal Alchemist jadi pembuka festival.
Baca Juga

Itu tadi sejumlah info tentang Chuseok. Oh ya, bagi para oppa dan eonni serta semua yang merayakan, Duniaku mengucapkan happy Chuseok day!

Diedit oleh Doni Jaelani

 


SHARE
Previous articleBukan Hanya Undertaker, Ini 5 Pegulat WWE yang Identik dengan Hell in a Cell!
Next articleDragon Ball Super Episode 111: Kalah Melawan Jiren, Goku Terluka Parah!