5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Jepang Jika Kamu Gamer Sejati!

Jika kamu gamer sejati, jangan lewatkan ceklis wajib ini saat kamu berkunjung ke Jepang. Terutama yang nomor 5!

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Jepang Jika Kamu Gamer Sejati!

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Jepang Jika Kamu Gamer Sejati!

Kamu seorang gamer sejati? Maka hal-hal di bawah ini harus kamu lakukan saat berkunjung ke Jepang!

Bagi seorang gamer, kamu tentu memiliki ceklis hal-hal yang harus kamu lakukan. Termasuk mengunjungi Jepang yang merupakan salah satu kiblat game dunia. Yap, banyak perusahaan game yang lahir dari negeri Sakura ini, seperti Sony, Nintendo, SEGA hingga Square Enix.

[duniaku_baca_juga]

Berbicara mengenai Jepang, mungkin kamu sudah memiliki rencana untuk mengunjunginya suatu saat nanti. Sebagai seorang gamer, tentu kamu ingin pengalaman maksimal saat berkunjung ke sana bukan? Nah, melalui artikel ini Duniaku.net ingin memberikan lima ceklis hal yang harus kamu lakukan di Jepang jika kamu gamer sejati.

Ngaku gamer sejati? Jangan lewatkan untuk melakukan hal-hal di bawah ini ya!

[page_break no="1" title="Main VR di VR Zone Shinjuku"]

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Jepang Jika Kamu Gamer Sejati! VR Zone Shinjuku. Dokumentasi Duniaku.net[/caption]

Sebagai salah satu tempat hiburan yang tergolong baru (baru dua bulan dibuka), fasilitas milik Bandai Namco ini sudah pasti wajib masuk dalam ceklismu. Dari namanya saja sudah bisa dilihat, bahwa ini adalah tempat untuk menikmati berbagai pengalaman Virtual Reality (VR).

Di sini, anggap saja kamu datang ke Dunia Fantasi, namun hampir semuanya kamu nikmati dalam teknologi VR. Atraksi dalam tempat ini dibedakan menjadi tiga, VR Activity (yang terdiri dari 12 atraksi), Field VR Activity (1 atraksi) dan Activity (2 atraksi).

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Jepang Jika Kamu Gamer Sejati! Dokumentasi Duniaku.net[/caption]

Untuk masuk ke tempat ini, kamu bisa membeli tiketnya seharga 4.400 yen (sekitar Rp530 ribu) untuk satu hari. Dengan membayar sebesar ini, kamu bisa mendapatkan satu tiket masuk plus empat tiket yang bisa kamu gunakan untuk merasakan empat atraksi.

Tim Duniaku.net sendiri mendapatkan kesempatan untuk mencicipi beberapa aktivitas yang ditawarkan di VR Zone Shinjuku ini. Kamu bisa membaca impresi kami melalui artikel di bawah ini.

[read_more id="329421"]

[page_break no="2" title="Mencicipi Berbagai Mesin Arcade"]

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Jepang Jika Kamu Gamer Sejati! Dokumentasi Duniaku.net[/caption]

Sebagai salah satu kiblat dunia game, Jepang dipenuhi dengan pusat arcade. Arcade yang disediakan pun berbagai macam. Bahkan di ada beberapa pusat arcade yang khusus menyediakan claw machine dan UFO Catcher (mirip claw machine tapi hanya dua tangan) dengan hadiah yang beragam. Yap, satu gedung isinya claw machine semua!

Di luar claw machine dan UFO Catcher, beberapa arcade center juga menyediakan berbagai game menarik. Ada beberapa game yang (hampir) tersedia di semua arcade center yang sempat dikunjungi tim Duniaku.net seperti Mario Kart dan Taiko no Tatsujin.

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Jepang Jika Kamu Gamer Sejati! Sumber foto: IGN[/caption]

Distrik terbaik untuk berburu arcade center? Tentu di Akihabara. Di sana kamu bisa menemukan banyak pusat arcade dengan berbagai macam game, seperti SEGA Tower, TAITO dan Super Potato. Cukup keluar dari stasiun Akihabara, kamu akan mudah menemukan tempat-tempat ini.

Oiya, biasanya di arcade center juga tersedia berbagai mesin gacha. Jaga dompetmu ya!

[read_more id="334888"]

Apa lagi yang harus dilakukan gamer sejati di Jepang? Lanjut halaman 2!

[page_break no="3" title="Makan di Restoran Bertema Game"]

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Jepang Jika Kamu Gamer Sejati! Dokumentasi Duniaku.net[/caption]

Lapar? Tidak lengkap jika kamu tidak makan di restoran bertema game. Ada banyak restoran bertema game yang tersebar di seluruh penjuru Jepang. Salah satunya adalah Square Enix Cafe yang juga terletak di Akihabara yang sempat dikunjungi tim Duniaku.net saat liputan TGS 2017 kemarin.

[duniaku_baca_juga]

Di Square Enix Cafe, kamu tidak hanya bisa menikmati menu-menu bertema game. Seperti Potion yang sebenarnya sih cuma minuman rasa lemon saja. Hehehe. Atau untuk makanan, kamu juga bisa memesan pancake dengan wajah moogle yang tercetak di atasnya.

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Jepang Jika Kamu Gamer Sejati! Dokumentasi Duniaku.net[/caption]

Di sini kamu bukan hanya makan dan minum saja. Setengah dari kafe ini sendiri merupakan tempat "jualan" merchandise Square Enix. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam merchandise eksklusif (dengan harga yang cukup eksklusif pula).

Oiya, untuk makan dan minum di kafe ini kamu tidak bisa masuk dan langsung duduk saja. Kamu harus reservasi terlebih dahulu di website resminya, atau menanyakan ketersediaan waktu kepada pelayannya. Terkadang di depan kafe juga terpampang waktu tunggu sebelum kamu bisa duduk dan makan di dalamnya. Yang antri pun tidak sedikit!

Meskipun tidak sempat duduk dan mencicipi makanan di kafe ini, kamu tetap bisa kok berkeliling dan "menghabiskan uang" dengan membeli merchandise Square Enix di sini. Hehehe.

[page_break no="4" title="Belanja Game dan Aksesorisnya"]

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Jepang Jika Kamu Gamer Sejati! Sumber foto: Dannychoo[/caption]

Mumpung di Jepang, saatnya kamu menambah koleksi game atau aksesorismu. Dibandingkan di Indonesia, harga konsol, game dan aksesoris di Jepang tentu lebih murah dan lebih bervariasi.

Untuk berbelanja game, kamu bisa mendatangi beberapa toko game terkenal di Jepang. Ada Yodobashi di Akihabara yang menjual berbagai game, konsol dan aksesoris serta mainan-mainan dengan harga murah. Atau jika kamu ingin pengalaman yang lebih berkesan, kamu bisa berkunjung ke Super Potato yang banyak menjual konsol dan game klasik seperti Famicom dan Dreamcast. Menarik bukan?

[page_break no="5" title="Mengunjungi Tokyo Game Show"]

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Jepang Jika Kamu Gamer Sejati! Dokumentasi Duniaku.net[/caption]

Dan sebagai gamer sejati, tentu tidak lengkap jika kamu tidak mengunjungi salah satu event game terbesar di dunia ini. Yap, Tokyo Game Show adalah "ultimate checklist" bagi gamer sejati jika pergi ke Jepang. Jadi disarankan kamu mengunjungi Jepang pada bulan September sekaligus mengunjungi Tokyo Game Show ini.

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Jepang Jika Kamu Gamer Sejati! Dokumentasi Duniaku.net[/caption]

Meskipun nama acaranya Tokyo Game Show, namun sebenarnya acara ini tidak digelar di Tokyo Sih. Tepatnya digelar di Makuhari Messe di Chiba, Jepang. Acara yang terdiri dari kurang lebih 10 hall ini bakal memuaskanmu dengan berbagai demo game baru yang ditampilkan. Plus, kamu juga bisa bertemu dengan beberapa developer idolamu dan jika beruntung bisa langsung berinteraksi dengan mereka.

[read_more id="334520"]

Ada hal lain yang wajib dilakukan gamer sejati selama di Jepang? Share di kolom komentar ya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU