Warner Bros Membagikan Kepingan Blu-ray Dunkirk Secara Gratis?!

Film perang epik garapan Christopher Nolan Dunkirk memang masih belum tersedia dalam bentuk format DVD, Blu-ray, maupun digital copy. Namun, kabarnya, Warner Bros siap membagikan kepingan Blu-ray 4K terlebih dahulu kepada beberapa pihak tertentu secara cuma-cuma! Kenapa bisa demikian?

Jangan senang dulu, kecil kemungkinan kalau anda (ataupun para penulis di sini) bakal kebagian kepingan Blu-ray 4K Dunkirk gratisan tersebut. Karena kepingan Blu-ray itu ditujukan bukan untuk kepentingan komersil, namun merupakan screener copy sebagai bagian dari kampanye Warner Bros untuk mendorong film epik perang garapan Christopher Nolan ini ke ajang Oscar.

Sebelum membahas lebih jauh tentang Blu-ray gratisan ini, mungkin ada baiknya jika kita membahas dulu apa itu screeners copy.

Sumber: Filmscape.com
Baca Juga

Screeners copy adalah kepingan-kepingan DVD yang diproduksi oleh pihak studio untuk dikirim ke para voter dan juri ajang penghargaan seperti Golden Globe atau Oscar. Screeners ini diproduksi dan dikirim beberapa bulan sebelum film yang dimaksud dirilis secara komersil dalam bentuk DVD, Blu-ray, atau format lainnya.

Tidak seperti kepingan DVD rilisan komersil, DVD screeners cenderung memiliki kualitas yang standar-standar saja dan selalu ada watermark untuk menandakan bahwa kopi DVD tersebut dikirim bukan untuk tujuan komersil, namun sebagai bahan pertimbangan untuk para voter dan juri di komite untuk mengikutsertakan sebuah film ke dalam ajang penghargaan. Screenshot dari DVD screeners bisa dilihat di gambar berikut.

Sumber: Videomaker.com

Screeners seringkali menjadi subjek perdebatan di antara beberapa pihak karena berpotensi digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab seperti para pembajak.

Salah satu kasus kebocoran screeners yang paling terkenal adalah pada tahun 2015 kemarin, di mana screeners film The Hateful Eight, The Revenant, dan In the Heart of the Sea bocor ke beberapa situs torrent terbesar di dunia. Karena hal ini, sebagian besar studio membuat regulasi khusus dalam distribusi kepingan DVD ini, salah satunya dengan menandatangani kontrak perjanjian untuk tidak membajak DVD tersebut.

DVD screeners juga memiliki sistem anti-pembajakan yang cukup canggih. salah satunya adalah dengan memasukkan enkripsi khusus yang membuat kepingan DVD itu hanya bisa disetel di pemutar DVD milik pihak yang akan dikirim.

Seiring perkembangan jaman, beberapa studio juga mulai mendistribusikan screeners kepada pihak juri dan voter dalam format digital demi mencegah pembajakan dan pengehamatan biaya produksi kepingan yang tidak murah.

Seperti yang dilansir oleh Deadline, kabarnya, Warner Bros akan melakukan kampanye yang luar biasa ambisius dan besar-besaran untuk film Dunkirk. Yakni dengan tidak hanya memproduksi screeners dalam bentuk kepingan DVD, namun juga dalam format 4K Blu-ray!

Menurut Deadline, Warner Bros telah mengirim pemberitahuan kepada lebih dari 8000 anggota Academy of Motion Pictures Art and Science (AMPAS) bahwa mereka akan menawarkan untuk mengirim kepingan Blu-ray 4K Ultra HD Dunkirk sebagai pengganti dari kepingan DVD screeners biasa. Tentu saja dengan persyaratan bahwa mereka memiliki alat pemutar format tersebut terlebih dahulu.

Bisa diduga bahwa ide ini berasal dari sang sutradara Dunkirk sendiri yaitu Christopher Nolan. Nolan dikenal sebagai sutradara yang sangat mendukung distribusi film-film dalam format layar lebar agar pengalaman menonton bisa maksmimal.

Memang tidak bisa dipungkiri, Dunkirk memang merupakan sebuah film yang memanfaatkan format layar lebar secara optimal dengan sinematografi, sound engineering, dan music scoring yang luar biasa. Tentu dengan menonton di layar kecil tidak bisa memberikan pengalaman yang sama seperti di bioskop.

Inilah Kumpulan Rumor Film DC Extended Universe yang Akan Datang!

Rumor film DC merupakan rumor yang paling renyah di dunia cinematic universe, karena satu hal dan lainnya. Nah, ini adalah rumor yang bocor belakangan ini!
Baca Juga

Dengan munculnya Blu-ray 4K Ultra HD yang memiliki kualitas transfer gambar dan audio yang jauh lebih baik dari format lain, jelas Nolan akan berjuang sampai sejauh itu agar film perang epik buatannya itu juga bisa dinikmati layaknya di dalam bioskop dalam format home media.

Ini bukan pertama kalinya Warner Bros dan Nolan bekerjasama untuk mendistribusikan Blu-ray screeners untuk para juri penghargaan. Tahun 2008 lalu, mereka juga memberi opsi khusus kepada para juri Oscar untuk dikirim kepingan Blu-ray screener film The Dark Knight. Pada saat itu, format Blu-ray masih cenderung baru, sehingga keputusan tersebut cukup menarik perhatian orang-orang.

Bagi yang sudah tidak sabar dengan rilisan Dunkirk dalam format DVD, Blu-ray, atau digital copy, harap bersabar karena kabarnya baru akan dirilis sekitar bulan November-Desember. Atau bila ingin duluan, coba saja mendaftar menjadi anggota AMPAS, bisa jadi anda juga mendapatkan kesempatan untuk diberi kepingan Blu-ray secara gratisan.

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleCETAR!! Ini Dia 7 Jurus Petir Terkuat di Dunia Animanga
Next articleHappy Death Day Segera Tayang. Cek 4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Nonton Film Ini!
Tipikal mas-mas berbadan gede dan (Insya Allah) ramah yang tinggal di sekitar lingkungan rukun tetangga anda. Penyuka film, anime, video game, dan penggiat film scoring.