Pembahasan Dragon Ball Super 109: Akhirnya, Duel Goku Versus Jiren Berlangsung!

Pembahasan Dragon Ball Super 109 akan menyorot pertarungan yang sudah lama dinanti: Goku melawan Jiren! Siapa yang lebih kuat?

Pembahasan Dragon Ball Super 109 ini jelas akan mengandung spoiler untuk yang belum nonton. Jadi kalau kamu belum sempat menyaksikan episodenya, dianjurkan untuk berhati-hati.

Kalau kamu memang sudah nonton dan ingin memastikan tidak ingin kelewatan detail menarik, atau tidak keberatan spoiler, silakan lanjutkan membaca ulasan di bawah ini.

SPOILER ALERT!!!

1

Hasrat Impulsif yang Membuat Goku Terasa Jahat

Pembahasan Dragon Ball Super 109

Baca Juga

Di awal Dragon Ball Super 109, pertarungan Brianne dan Goku masih berlangsung sengit. Brianne lalu mengungkap hasratnya bila mendapatkan Super Dragon Ball: ia ingin menjadi dewi cinta, yang dicintai oleh seluruh semesta yang tersisa pasca Tournament of Power. Hasrat ini bahkan disetujui juga oleh Helles, Dewi Kehancuran dari Universe 2.

Jadi, apa hasrat Goku? Dia mengakui kalau dia belum memutuskannya. Ia antara akan mengabulkan kehendak Chichi, anaknya, atau bahkan menemukan musuh yang kuat.

Pembahasan Dragon Ball Super 108: Duel Ultimate Gohan vs Golden Frieza

Frieza ternyata benar-benar mengkhianati Universe 7? Dragon Ball Super 108 memperlihatkan duel Golden Frieza melawan Ultimate Gohan!
Baca Juga

Masalahnya, kepolosan ini membuat Goku seakan tidak peduli kalau ia harus memusnahkan banyak semesta (dan mungkin biliunan jiwa) demi memperoleh hak menggunakan Super Dragon Ball. Keputusan penulis naskah untuk menyajikan Goku begitu membuat ia terasa sangat sadis.

Karakter anime mana lagi selain dia yang tega membiarkan biliunan manusia dan alien tetap mati hanya untuk mencari musuh kuat untuk diajak bertarung? Mungkin Super Dragon Ball tidak bisa mengembalikan semesta yang hancur, tapi dari kata-katanya kali ini Goku bahkan seperti tidak kepikiran untuk mencoba memulihkan mereka.

Mungkin Goku baru akan memutuskan memperbaiki semesta yang musnah bila Hit atau Jiren lenyap. Karena kalau begitu ia kehilangan musuh yang ia hormati.

2

Super Ribrianne


Brianne masih membuktikan dirinya sebagai petarung yang tak bisa diremehkan, meski penampilannya sangat konyol. Setelah mencapai transformasi Super Saiyan God, bahkan wujud biasa Goku saja jauh melampaui petarung normal. Namun Brianne dalam wujud transformasi Ribrianne-nya mampu mendesak Goku tanpa menderita cedera apapun.

Brianne lalu berubah ke wujud berikutnya: Super Ribrianne, yang terlihat lebih gemuk dan memiliki sayap kupu-kupu. Proses transformasi ini bisa dibilang kocak, karena Brianne mengumpulkan energi dari teman-temannya… yang mengayunkan lightstick seperti sedang menonton idol.

Daya hancur Super Ribrianne bisa dibilang cukup hebat, hingga mampu memaksa Goku untuk defensif. Saat Goku menyerang balik, diperlihatkan kalau tokoh utama kita itu bahkan harus berubah menjadi Super Saiyan Blue. Brianne juga belum K.O. karena serangan kejutan dengan kekuatan Blue, semakin menunjukkan ketangguhannya.

Akan sangat menarik kalau nanti Brianne akan muncul di Dragon Ball FighterZ. Soalnya wujud transformasinya, dan gaya bertarungnya, betul-betul lain dari yang lain.


Tapi Brianne hanya menu pembuka saja. Setelah Goku mengatasi serangan Super Ribrianne, Jiren akhirnya bergerak! Baca lanjutan pembahasan Dragon Ball Super 109 ini di halaman kedua.

1
2
3

SHARE
Previous articleBandai Namco Umumkan Dua Game God Eater Terbaru
Next articlePembahasan Dragon Ball Super 110: Goku Mencapai Level Kekuatan yang Ditakuti Dewa!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.