Pembahasan Dragon Ball Super 110: Goku Mencapai Level Kekuatan yang Ditakuti Dewa!

Di Dragon Ball Super 110, Goku akhirnya bisa menyaingi Jiren! Tidak tanggung-tanggung, ia meraih level kekuatan yang membuat Dewa Kehancuran takut!

Yap, para pembaca sekalian tidak perlu menunggu lama untuk menyaksikan Dragon Ball Super 110. Episode ini ditayangkan langsung setelah 109. Pasti fan Dragon Ball puas kan, setelah minggu lalu serial heboh ini harus libur?

Tapi tentunya, pembahasan ini mengandung spoiler. Jadi untuk yang belum nonton dan tidak ingin kena bocoran diharapkan berhati-hati.

SPOILER ALERT!!!

1

Goku Hancur?

Baca Juga

Di awal Dragon Ball Super 110, Goku masih bisa lempar-lemparan Spirit Bomb dengan Jiren. Tapi adu kekuatan itu berakhir cepat. Jiren mampu menghajar Goku dengan Spirit Bomb-nya sendiri.

Spirit Bomb adalah kekuatan yang mematikan. Bahkan Kid Buu saja musnah total karenanya. Karenanya, tak heran semua orang mengira Goku mati begitu energinya lenyap dari arena dan sosoknya tidak terlihat di manapun.

Pembahasan Dragon Ball Super 109: Akhirnya, Duel Goku Versus Jiren Berlangsung!

Pembahasan Dragon Ball Super 109 akan menyorot pertarungan yang sudah lama dinanti: Goku melawan Jiren! Siapa yang lebih kuat?
Baca Juga

Kalau Goku mati karena ini, apakah Jiren akan dieliminasi? Ternyata tidak. Goku dianggap meledakkan dirinya sendiri, jadi Jiren tidak tersingkir. Ini berarti Jiren kehilangan musuh yang paling mungkin mengalahkannya tanpa penalti.

Untungnya, tentu saja Goku belum mati. Ia malah membuka wujud baru yang luar biasa kuat.

2

Wujud Super Saiyan Baru?

Dragon Ball Super 110


Wujud Goku yang ini mungkin sudah diketahui oleh penonton duluan. Pasalnya, Toei bahkan merilis gambar ini untuk mempromosikan Dragon Ball Super satu jam pekan ini.

Namun tetap saja aplikasi dari kekuatan ini sangat mengejutkan sekaligus menghebohkan. Bukan hanya Goku, akhirnya, mampu menyakiti Jiren… seluruh penonton pun dibuat kagum dan ngeri olehnya. Terutama para Dewa Kehancuran.

Di wujud ini, Goku bahkan begitu kuat hingga Dyspo dan Toppo seakan hanya lalat saja di hadapannya. Kamu masih ingat waktu Toppo berhasil mendesak Goku di eksibisi? Kali ini, Goku bahkan bisa mengabaikan total semua serangan Toppo. Jiren harus meminta pemimpinnya berhenti karena bantuannya tidak berguna.

Lalu ada Dyspo. Dyspo sudah terbukti sebagai petarung tercepat Universe 11, yang mampu lebih cepat dari kemampuan Hit menghentikan waktu. Tapi ia tetap dibuat kebingungan oleh gerakan Goku.

Beerus menyebut kondisi ini sebagai Ultra Instinct. Whis berpendapat kalau Spirit Bomb yang menghajar Goku menjadi pemicunya. Benturan kekuatan antara semua energi yang dikumpulkan ke Spirit Bomb, dan juga energi Goku sendiri, membuat Goku memecahkan cangkang potensi di dalam tubuhnya dan menjelma menjadi sesuatu… yang bahkan ditakuti dewa.

Yep, bahkan ada dewa yang tak menyangka ada makhluk fana seperti Goku yang bisa mencapai level ini. Tampaknya, walau belum ada yang mengatakan secara langsung, Goku sudah mencapai level Dewa Kehancuran dalam wujud Ultra Instinct ini.

Sama seperti Jiren, yang dikatakan mampu mengalahkan Dewa Kehancuran.

Jadi sepertinya ini bukanlah Super Saiyan. Ini lebih menyerupai Ultimate Gohan, di mana semua potensi Goku terbuka. Hanya saja, karena Goku membukanya sendiri, kekuatannya menjadi lebih mengerikan lagi levelnya.


Apakah dengan ini Goku berhasil mengalahkan Jiren? Cek di halaman kedua!

1
2
3

SHARE
Previous articlePembahasan Dragon Ball Super 109: Akhirnya, Duel Goku Versus Jiren Berlangsung!
Next articleIt’s Halloween Time! Inilah Film dan Drama Korea Horor yang Wajib Kamu Coba
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.