Pembahasan Venomverse: Terlalu Menjiplak Spider-Verse

pembahasan venomverse

Venomverse adalah event komik Marvel yang berkisah tentang perkumpulan segala jenis karakter berkostum Venom. Dengan tema yang menyerupai Spider-Verse, apakah bisa dibilang menjiplak?

Dimulai sejak Agustus 2017, event Venomverse belum lama ini telah mencapai konklusinya. Event ini terdiri dari tiga judul: Edge of Venomverse #1-5, Venomverse: War Stories #1, dan Venomverse #1-5. Serupa dengan Spider-Verse, Venomverse mengajak kita untuk bertemu dengan berbagai superhero, supervillain, dan anti-hero yang memiliki ikatan dengan Venom Symbiote.

Baca Juga

Sinopsis

Venomverse dimulai dari judul Edge of Venomverse. Komik ini mengenalkan karakter-karakter yang akan bergabung di event utamanya. Tentu saja, semua karakter yang diperkenalkan berfokus pada mereka yang terikat dengan Venom Symbiote.

Dari kelima issue yang ditawarkan, semuanya memiliki kesamaan. Di akhir cerita mereka semua menghilang, entah itu untuk bergabung dengan Captain America-Venom di dunia lain atau “dimakan” oleh Poisons. Edge of Venomverse berfokus pada X-23, Gwenpool, Ghost Rider, Logan, dan Deadpool yang bergabung dengan Venom Symbiote dari semesta masing-masing.

Film Venom

Stan Lee Bakal Muncul di Netflix The Defenders, Sambil Bawa-Bawa… PUNISHER!

Trailer Netflix The Defenders ini berjudul "Stan Lee: The Man, the Myth, the Marvel Hero". Trailer ini berdurasi 1 menit 7 detik.
Baca Juga

Berlanjut ke prolog di buku Venomverse: War Stories, kita diperkenalkan pada Doctor Strange-Venom. Doctor Strange-Venom inilah yang mengundang beragam karakter Venom ke dunianya untuk bertarung dengan makhluk bernama Poisons.

Poisons sendiri adalah karakter mungil yang sekilas tampak tak berbahaya. Namun jika Poisons menyentuh venom yang sudah terikat dengan inang, mereka sanggup merebut tubuh keduanya dan menghancurkan kesadarannya.

Cerita inti dimulai di komik Venomverse ketika Eddie Brock, Venom dari Prime Marvel Universe, ditarik ke dunia Doctor Strange-Venom. Eddie Brock bertemu berbagai karakter “Venom”, termasuk Peter Parker yang masih memakai kostum hitamnya.

Apakah para Venom di Venomverse ini nantinya sanggup menghabisi Poisons, musuh alami mereka?

Venomverse, Fotokopi Spider-Verse?

venom verse

Memang temanya adalah pertemuanantar karakter “Venom” dari berbagai semesta, tapi entah kenapa pengaruh Spider-Verse terlalu kuat terasa. Bandingkan dengan Deadpool Kills Deadpool, bagian dari event Deadpool Killogy ini tidak menggunakan formula yang serupa.

Dalam Deadpool Kills Deadpool, Deadpool dari Prime Marvel Universe langsung dihadapkan pada masalah inti dan bertarung melawan sesama Deadpool. Di Venomverse dan Spider-Verse, kedua event tersebut sama-sama mengharuskan mereka melawan spesies yang berbahaya bagi orang sejenis mereka: Inheritors untuk Spider-Man dan Poisons untuk Venom.

Kemiripan ini makin diperkuat dengan keberadaan komik Edge of Venomverse. Sebelumnya, di Spider-Verse juga ada komik serupa berjudul Edge of Spider-Verse. Isinya juga tidak jauh beda, memperkenalkan karakter yang akan muncul di event utama Spider-Verse. Di sana pun karakternya antara mati dimakan Inheritors atau direkrut ke tim Spider-Man.

Tapi meski mirip, penulis masih sempat berharap dengan jalan cerita utamanya. Saya mulai tertarik ketika melihat Spider-Man berkostum hitam bertemu dengan Eddie Brock-Venom. Tampak sekali mereka saling melontarkan kebencian, mengingat apa yang terjadi di antara mereka di masing-masing semesta yang tampaknya tak jauh berbeda.


Venomverse terasa serunya setelah munculnya dua karakter baru di medan pertempuran. Mau tahu siapa? Baca lanjutan pembahasannya!

1
2
REVIEW OVERVIEW
Skor Komik
30 %

SHARE
Previous articleUbisoft Ungkap Spesifikasi Minimum Assassin’s Creed Origins
Next articleGrand Theft Auto Online Dapatkan Update Transform Races
Saya bukan Fudo, tapi panggil saya Fudo. Penikmat tokusatsu, terutama Kamen Rider dan Super Sentai. Pria nomaden yang bertualang di luar keinginan sendiri. Bercita-cita untuk menguasai dunia.