Deretan Fakta Permainan Ular Tangga yang Biasa Kamu Mainkan Waktu Kecil

fakta ular tangga

Pastinya kamu tahu dengan mainan ular tangga, tapi apakah kamu juga tahu deretan fakta ular tangga berikut ini?

Bisa dibilang ular tangga adalah salah satu permainan populer di era-90an. Sayangnya, dengan arus teknologi yang semakin berkembang, permainan tradisional ini pun perlahan mulai ditinggalkan. Tapi, kamu masih bisa memainkan ular tangga di gadget yang kamu miliki.

Nah selain cuma memainkannya, kamu juga harus tahu nih deretan fakta ular tangga berikut ini!

1

Berasal dari India

Meski cukup populer sebagai mainan tradisional Indonesia, ternyata ular tangga merupakan sebuah mainan yang berasal dari negara India dan sudah ada sejak abad ke-2 SM.

Dikenal juga dengan sebutan Mokshapat, Moksha Patamu, Vaikuntapaali, atau Paramapada Sopanam, mainan ini cukup populer karena mengajarkan unsur-unsur filosofis di dalam kehidupan.

2

Arti Tangga dan Ular

Tentu bukan tanpa alasan mengapa tangga dan ular dipilih sebagai “item” dalam permainan ini. Gambar tangga mewakili nilai-nilai kebajikan seperti kemurahan hati, iman, dan kerendahan hati.

Sedangkan gambar ular menunjukkan hal-hal jahat yang ada dalam diri manusia seperti nafsu, amarah, pencurian dan pembunuhan yang dapat membuat seseorang terpuruk. Tak aneh mengapa ketika berada di petak ular, maka si pemain harus terperosok ke bawah.

Dalam versi asli ular tangga, tingkat tertinggi atau juga garis finish permainan sering disebut sebagai nirwana yang menjadi puncak dari tujuan manusia hidup di dunia.

3

Berkembang di Inggris

Ketika Inggris menjadikan India sebagai negara koloni, tepatnya saat masa pemerintahan Ratu Victoria, banyak kebudayaan India yang turut dibawa oleh Inggris, salah satunya adalah permainan ular tangga.

Orang Inggris sedikit memodifikasi mainan yang dikenal dengan The Ladder to Salvation atau tangga menuju keselamatan ini. Seperti memberikan simbol-simbol yang punya ketertakitan dengan budaya Inggris. Namun tidak menghilangkan unsur moralitas dari permainan ini.

Permainan ular tangga pun semakin berkembang ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

4

Dijadikan Film

Kepopuleran mainan ular tangga di Indonesia ternyata turut membuat sutradara Arie Azis untuk mengangkatnya menjadi sebuah film layar lebar. Uniknya, film ular tangga mengambil genre horor yang dibalut nuansa mistis.

Film ini tayang pada bulan Maret 2017 lalu, tapi sayang kurang mendapat sambutan positif dari penonton.

Misteri dari Logo Monopoli dan Deretan Fakta Permainan Monopoli yang Banyak Orang Tak Tahu!

Jangan cuma bisa main sama teman-temanmu doang, kamu juga harus tahu deretan fakta permainan monopoli yang cukup unik berikut ini.
Baca Juga

Nah apakah kamu tahu fakta ular tangga lainnya?


SHARE
Previous articleGameSir F1, Solusi untuk Pemain Game MOBA di Smartphone
Next articleGame Simulasi Taman Hiburan Jurassic World Evolution Dipamerkan
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca