Ini Fitur Terbaru Football Manager 2018 untuk Kamu Maniak Game Sepak Bola

fitur terbaru Football Manager 2018

Sport Interactive membocorkan sejumlah fitur terbaru Football Manager 2018. Seperti apa bocorannya? Simak di bawah ini.

Bagi para maniak game sepakbola, barangkali Pro Evolution Soccer (PES) dan FIFA adalah game yang paling populer. Hal itu berangkat dari fakta bahwa kedua game tersebut bisa memposisikan diri gamer menjadi pemain sepak bola di lapangan.

Namun pengalaman berbeda akan dirasakan jika memainkan Football Manager. Game ini memfasilitasi gamer untuk merasakan dirinya berperan menjadi manajer klub sepak bola layaknya di dunia nyata. Dari mulai latihan, transfer pemain, hingga pengaturan taktik.

Simulasi yang komprehensif ini membuat Football Manager selalu ditunggu-tunggu setiap tahun oleh para maniak game sepak bola. Bahkan dalam Football Manager 2017 lalu, peristiwa Brexit juga ikut disimulasikan karena membawa efek besar bagi dunia sepak bola Inggris.

Kompleks memang, tapi itulah yang membuat Football Manager selalu punya tempat di hati para penggemar game sepak bola.

Beberapa saat lalu, game yang rilis sejak tahun 2004 lalu ini membocorkan sejumlah fitur terbaru Football Manager 2018. Secara keseluruhan, fitur-fitur terbaru ini menambah kompleksitas layaknya memanajeri klub sungguhan.

Fitur-fitur tersebut antara lain dinamika hierarki pemain, grup sosial pemain, pendalaman fitur medical, hingga kualitas pemandu bakat. Berikut penulis jabarkan rangkumannya.

Dinamika Sosial Pemain

Pada game rilisan tahun-tahun sebelumnya, kita hanya bisa melihat dinamika sosial seorang pemain lewat informasi hubungannya dengan pemain atau staf kepelatihan lain. Selain itu, kita juga hanya bisa membayangkan dalam pikiran sejauh mana pengaruh atribut Leadership dalam pemilihan kapten klub.

Namun pada Football Manager 2018 ini, hal itu akan di­-breakdown dalam fitur bernama Dynamics.

Dalam fitur terbaru Football Manager 2018 ini, kita bisa melihat hierarki pemain dalam suatu klub. Pemain yang sudah cukup lama berada di klub, punya atribut Leadership yang bagus, dan punya sikap profesional akan berada pada lapisan paling atas dengan julukan Team Leaders.

Di bawahnya, ada Highly Influential Players yang mencakup pemain yang cukup berpengaruh, namun masih belum cukup untuk jadi kapten klub. Di bawahnya lagi, ada Influential Players yang punya pengaruh, namun tak sekuat lapisan di atasnya. Baru pada lapisan terbawah, ada Other Players yang tak punya pengaruh apa-apa.

Selain hierarki pemain, juga ada subbagian Social Groups. Dalam subbagian ini, kita bisa melihat tendensi para pemain yang mengotak-ngotakkan dirinya ke dalam grup sesuai preferensi mereka masing-masing.

Jika melihat pada gambar di bawah, ada Core Social Groups. Grup ini terdiri dari pemain yang punya attitude mayoritas dan tentunya telah cukup lama berada di klub. Grup lain juga bisa tercipta dari kesamaan kewarnegaraan atau mereka yang berbicara dalam bahasa yang sama.

Scouting

Fitur pemandu bakat dalam game rilisan tahun-tahun sebelumnya sebenarnya sudah cukup kompleks. Kita diberi kesempatan untuk merekrut pemandu bakat yang akan kita kirimkan ke turnamen, klub lain, atau wilayah tertentu. Dari situ, mereka akan mulai bekerja dan merekomendasikan pemain yang sesuai keinginan kita.

Dalam fitur terbaru Football Manager 2018 nanti, kualitas scouting akan ditingkatkan untuk bisa mencari pemain seakurat yang kita inginkan. Selain itu, juga ada fitur Packages di mana kita diberikan sejumlah paket-paket scouting. Paket-paket ini terdiri dari dua, senior yang mencakup pemain yang sudah jadi dan youth, pemain-pemain muda potensial.

Dalam paket-paket seperti pada gambar di bawah ini, kita juga akan disodorkan estimasi dana yang dibutuhkan untuk melakukan scouting. Jadi untuk para manajer yang sedang membesut klub semenjana dan miskin, fitur ini sangat penting.

Medical

Sepertinya fans sudah lama menantikan fitur semacam ini. Pada rilisan tahun sebelumnya, kita hanya diberikan informasi cedera pemain dengan jenis cedera dan berapa lama ia akan menepi.

Dalam fitur terbaru Football Manager 2018 nanti, akhirnya informasi tersebut bisa dipaparkan dalam detail. Pemain-pemain yang punya risiko cedera besar punya informasi tentang apa saja yang membuatnya bakal cedera lagi, misalnya latihan.

Dari sini kita para manajer bisa memutuskan latihan seperti apa yang cocok agar misalnya, otot paha si pemain tak merenggang di luar batas.

Selain ketiga fitur terbaru tersebut, Sport Interactive juga menjanjikan peningkatan kualitas match engine, penambahan interaksi antara staf dan manajer, hingga komentar-komentar terbaru yang bisa kita katakan pada konferensi pers.

5 Pemain Timnas Indonesia yang Mirip dengan Karakter di Anime Captain Tsubasa!

Nah jika memperhatikan lebih seksama, ternyata ada kesamaan antara pemain Timnas Indonesia dengan deretan karakter di anime Tsubsasa.
Baca Juga

Football Manager 2018 akan dirilis Jumat, 10 November 2017 mendatang. Game ini bisa dibeli lewat Steam dengan harga Rp420 ribu. Namun, kamu akan mendapat diskon 25 persen jika sudah punya Football Manager 2017 sebelumnya.

Diedit oleh Doni Jaelani


SHARE
Previous articlePower Rangers 1969: Ranger Pink dan Kuningnya Laki-laki?!
Next articleSetuju Gak? Ini Kata-kata Kutipan Paling Seram di Film Pengabdi Setan!
Merayakan film dan mengolok Liverpool.