Meski Kuat dan Visioner, Mengapa Madara Uchiha Tidak Terpilih Sebagai Hokage Pertama?

Konoha memilih! Warga desa dihadapkan pada dua pilihan sulit untuk menentukan Hokage Pertama, dan pilihan akhirnya jatuh pada Hashirama. Berikut lima alasan yang mungkin membuat Madara Uchiha tidak terpilih sebagai Hokage Pertama.

Hashirama dan Madara merupakan rekan sekaligus rival sengit. Setelah perjanjian perdamaian antar klan, nampaknya rivalitas antara mereka berdua masih saja terjadi. Salah satunya adalah saat pemilihan pemimpin pertama desa Konoha. Warga dihadapkan pada 2 kandidat yang sama-sama kuat, hebat, dan visioner. Namun, akhirnya pilihan warga desa Konoha jatuh pada Hashirama sebagai Hokage Pertama. Mengapa bisa demikian? Apa ya kira-kira pertimbangan warga desa Konoha dalam memilih? Inilah 5 alasan yang mungkin membuat Madara Uchiha tidak terpilih sebagai Hokage Pertama.

1

Ambisius

Baca Juga

Alasan pertama yang mungkin membuat Madara gagal menjadi hokage adalah ambisi yang dimiliki oleh dirinya. Hashirama dari sejak muda bercita-cita untuk mengakhiri perang dan mewujudkan dunia damai di mana tidak ada lagi anak-anak yang kehilangan orang tuanya ataupun anak yang kehilangan teman dan saudaranya. Dari sejak muda sampai dewasa dia selalu ingin mewujudkan mimpi tersebut. Ketika Hashirama dan Madara bertemu lagi di peperangan, Hashirama selalu mengusulkan perdamaian.

Upaya perdamaian pertama ditolak Madara dengan alasan klan Senju-lah yang membunuh adiknya. Hal tersebut berakhir dengan perang besar antar kedua klan, yang mana pasti banyak orang menjadi korban. Perang tersebut berakhir dengan kekalahan Madara dan kondisi di mana Tobirama akan mencabut nyawa Madara.

Pembahasan Boruto Episode 27: Terungkapnya Sejarah Kagura Karatachi

Boruto episode 27 akhirnya mengungkap sejarah Kagura Karatachi. Keturunan siapa sebenarnya ninja muda yang satu ini? Ini jawabannya!
Baca Juga

Pada titik kemenangan ini, yang seharusnya bisa digunakan olehnya untuk menguasai dunia, Hashirama masih menyodorkan upaya perdamaian kepada Madara untuk mewujudkan mimpi mereka bedua pada waktu muda. Karena terpojok, usulan inipun disepakati. Penulis yakin, apa bila Madara yang ada di posisi Hashirama, dia pasti tidak akan melakukan hal yang sama. Ambisi Madara menjadi bumerang dan kelemahan bagi dirinya sendiri.

Tidak berhenti di situ, saat Konoha sudah berdiri, Hashirama selalu mengupayakan keamanan dan kenyamanan desa dan rakyat. Nampaknya hal ini tidak pernah sekalipun dipikirkan oleh Madara. Dari sisi birokrasi, Hashirama menggunakan sistem grassroot yang memberikan keadilan bagi semua klan.

Sistem Hashirama ini dianggap Madara sebagai ancaman, karena Uchiha adalah klan terkuat kedua yang seharusnya diberikan kesempatan lebih dalam pemerintahan. Akibatnya, Madarapun memberontak, yang sekaligus membuktikan sekali lagi bahwa ambisinya untuk menjadi penguasa benar-benar kuat. Apapun dilakukan meski nyawa penduduk dan kekacauan menjadi dampaknya.

2

Rekam jejak

Rakyat Konoha yang saat itu akan memilih tentunya sudah mulai cerdas dalam menentukan pilihannya. Track record atau rekam jejak sang pemimpin akan menjadi pertimbangan penting. Madara berasal dari klan Uchiha. Klan tersebut terkenal bengis dan tanpa ampun dalam membunuh dan menghabisi musuhnya bahkan teman dan saudaranya

Mata Mangekyo Sharingan yang didapatkan anggota klan Uchiha setelah membunuh orang terdekatnya. Itachi tega menghabisi seluruh klan Uchiha meskipun untuk tujuan yang lebih besar, menyelamatkan desa dari kudeta dan tentunya Sasuke adiknya. Madara rela mengorbankan mata Izuna untuk menyembuhkan matanya yang nyaris buta. Bukti-bukti tersebut cukup kuat untuk menganggap Uchiha adalah klan yang bengis dan kejam.


Mungkin di saat itu peta politik bisa berimbang namun bisa juga tidak. Hashirama mungkin terpilih secara aklamasi dari penduduk Konoha, namun bisa juga persaingan mereka sangat ketat. Mungkin perolehan suara saat itu 48% dibanding 52%. Bagi mereka yang haus kekuasaan bukan tidak mungkin mendukung Madara menjadi pemimpin. Namun yang jelas, rekam jejak yang buruk dari klan Uchiha dan terutama Madara sebagai pribadi membuatnya tidak terpilih sebagai Hokage.


Persaingan Hashirama dan Madara masih berlanjut. Jangan lewatkan kelanjutannya di halaman kedua yaa.

1
2

SHARE
Previous articleSetuju Gak? Ini Kata-kata Kutipan Paling Seram di Film Pengabdi Setan!
Next articleBatik Dijadikan Bahan Pembuatan Hanbok? Seperti Apa Ya Jadinya?