Pembahasan Attack on Titan 98: Reuni Dua Teman Lama

Dua teman lama dari 104th Training Corps reuni di Attack on Titan 98. Tapi akankah reuni mengejutkan ini berujung pertumpahan darah?

Pembahasan Attack on Titan 98: Reuni Dua Teman Lama

Pembahasan Attack on Titan 98: Reuni Dua Teman Lama

Dua teman lama dari 104th Training Corps reuni di Attack on Titan 98. Tapi akankah reuni mengejutkan ini berujung pertumpahan darah?

Pembahasan manga Attack on Titan 98 ini jelas mengandung spoiler, terutama untuk kamu-kamu yang masih menantikan season 3. Jadi kalau kamu memang tidak mau bocoran, hati-hati.

Untuk yang memang sudah baca dan ingin memastikan tidak ketinggalan detail menarik, atau memang tidak keberatan spoiler, silakan melanjutkan.

SPOILER ALERT!!!

[page_break no="1" title="Persiapan Penyerbuan Paradis Semakin Dekat"]

Pembahasan Attack on Titan 98: Reuni Dua Teman Lama

[duniaku_baca_juga]

Persiapan penyerbuan besar-besaran Pulau Paradis semakin dekat. Namun di Attack on Titan 98 ini saja para petinggi Marley seperti sudah melakukan kesalahan. Mereka mengabaikan usul Reiner hanya karena Reiner adalah seorang Eldia. Reiner sendiri sudah sangat tertekan karena PTSD, jadi penolakan ini pasti membuat dia semakin kesal di dalam hati.

[read_more id="329015"]

Antara itu, atau Reiner yang sekarang sudah tidak lagi peduli apa yang akan terjadi. Kemungkinan ia bahkan tidak akan ikut penyerbuan. Zeke mungkin masih berguna (karena kekuatan Coordinator yang ia turunkan dari keluarga Reiss), tapi Reiner tampaknya sudah diincar untuk diganti oleh Gabi atau Falco.

Pembahasan Attack on Titan 98: Reuni Dua Teman Lama

Falco sendiri berpotensi untuk menyalip Gabi, setelah ia mampu mengungguli gadis berprestasi itu.

Kalau pada akhirnya Falco yang dinilai pantas mengemban tugas Armored Titan, maka Armored Titan pun akan punya sejarah menarik: orang yang secara skill bukan terbaik, namun semangat dan situasi memungkinkan mereka untuk meraihnya. Reiner sendiri dulu juga begitu. Bahkan mungkin lebih parah, mengingat Reiner memang sangat payah dan hanya memperoleh Armored Titan karena Marcel Galliard tidak ingin Porco terkena kutukan Titan.

[page_break no="2" title="Eren (?) Bertemu Kakeknya"]

Pembahasan Attack on Titan 98: Reuni Dua Teman Lama

[duniaku_adsense]

Sejak Kruger pertama muncul, dia sudah dicurigai sebagai Eren. Soalnya Kruger adalah nama pemilik Assault Titan sebelum Grisha Yeager, dan Eren sudah memperoleh kenangannya juga.

Dari segi penampilan, Kruger juga mirip Eren dewasa. Organnya yang buntung? Sebagai Titan Shifter, Eren dapat menumbuhkan kembali cacat seperti itu. Ia bisa jadi hanya menahan diri karena dia sedang menyelinap ke Marley.

Karenanya, pertemuan ini unik. Kruger berjumpa dengan pria bernama Dokter Yeager. Bukan hanya namanya saja yang mirip, dokter ini lalu menceritakan kalau dia kehilangan Grisha dan putrinya, dalam kejadian yang pasti pembaca Attack on Titan sudah lihat sendiri.


Bukan itu saja kejadian menarik di Attack on Titan 98. Lanjut baca pembahasannya di halaman kedua!

[page_break no="3" title="Mikasa?"]

Pembahasan Attack on Titan 98: Reuni Dua Teman Lama

[duniaku_baca_juga]

Pesta yang diselenggarakan keluarga Taybar menunjukkan kalau dunia memang masih utuh. Orang kulit hitam dan orang Asia juga masih ada. Kebetulan saja tidak ada yang diasingkan ke Pulau Paradis.

[read_more id="331755"]

Di antara semua tamu, ada satu yang mencurigakan.

Sebelumnya, dikatakan kalau perlakuan Marley ke Eldia bahkan lebih baik dari negara lain. Ini mungkin efek dari keluarga Taybar, yang berdarah Eldia, terlibat sebagai pemerintah bayangan Marley. Di ghetto Eldia negara lain, para Eldia diperlakukan jauh lebih buruk.

Ada satu wanita berkimono di Attack on Titan 98 ini yang pakaiannya ketumpahan wine. Namun dia tidak marah dan malah melindungi anak yang mengotori pakaiannya. Tindakan ini justru memancing perhatian. Ada yang berpendapat kalau wanita ini sebenarnya adalah Mikasa, yang mengenakan riasan untuk terlihat lebih tua.

Kalau benar, berarti saat Marley berencana menyerbu Paradis, maka orang-orang Paradis justru sudah terlebih dahulu menyelinap.

[page_break no="4" title="Reuni Dua Teman "]

Pembahasan Attack on Titan 98: Reuni Dua Teman Lama

[duniaku_adsense]

Oh, ngomong-ngomong Attack on Titan 98 juga memberi konfirmasi kalau ya, Kruger adalah Eren yang menyamar. Dia menyapa Reiner dengan sangat ramah, dan menyampaikan mereka sudah empat tahun tidak berjumpa.

Untuk ukuran Eren Yeager sih ini prestasi tersendiri. Ingat, Armored Titan termasuk yang bertanggung jawab atas hancurnya masa kecilnya. Eren yang dulu pasti sudah langsung menyerang Reiner saat berjumpa. Tapi di sini, Eren terlihat sangat tenang. Mungkin karena, lewat Falco, Eren menyadari kalau Reiner pun menderita.

Penulis tentunya penasaran apa yang akan terjadi setelah ini. Akankah Reiner langsung berubah jadi Armored Titan? Mungkin tidak, karena mereka sedang berada di ruangan sempit. Akankah Reiner mencoba menyerang Eren? Sebetulnya, apa memangnya rencana Eren? Apakah dia ingin mengacaukan festival keluarga Taybar? Itu sih tidak akan membantu Paradis. Malah seluruh dunia bisa bersatu untuk memusnahkan pulaunya.

Kemungkinan yang paling horor bagi Reiner sih: Eren memutuskan untuk mendatangkan kumpulan Titan di tengah-tengah Marley, balas dendam atas perbuatan negeri itu ke Paradis. Orang tua Reiner bisa jadi dalam bahaya kalau Eren ingin melakukan balas dendam jahat seperti itu.

Ataukah mungkin Eren, mengetahui kalau Reiner menderita PTSD, justru memberinya kesempatan untuk membantu Paradis?

[page_break no="5" title="Apa Sebetulnya Rencana Willie Taybar?"]

Pembahasan Attack on Titan 98: Reuni Dua Teman Lama

Willie Taybar (atau Tybur, keluarga yang satu ini terjemahan namanya membingungkan) membuat festival di ghetto Eldia. Ini tindakan kontroversial, karena kaum yang satu ini dibenci di seluruh dunia. Tapi apa rencananya?

Kemungkinan baik: Willie ingin memastikan kalau orang menyadari Eldia adalah manusia juga. Namun Willie akan melimpahkan kebencian masyarakat dunia kepada Pulau Paradis. Soalnya, seperti bisa dilihat di peta, kebanyakan negara dunia masih membenci Marley karena pernah berperang dengan mereka. Willie membutuhkan sesuatu untuk menyatukan mereka agar membantu menyerbu Paradis.

Kemungkinan buruk: Willie ingin menyebabkan insiden, di mana ada yang menyerang dirinya atau diplomat negara asing. Ini akan menegaskan kalau kaum Eldia berbahaya, dan negara yang tadinya benci dengan Marley juga berniat membantunya untuk menyerang Paradis.

Kalau begitu, Eren bisa jadi justru mencoba untuk mematahkan rencana tersebut agar pasukan yang menyerang Paradis tidak terlalu besar.


Yah, Attack on Titan terasa sudah berubah genre dari survival action jadi thriller politik. Tapi tetap saja, banyak misteri menarik yang membuat cerita ini masih memikat.

Menurutmu, apa yang ingin Eren sampaikan ke Reiner? Sampaikan di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU