Inilah 5 Reality Show Indonesia yang Dianggap Plagiat Acara Luar Negeri

reality show plagiat

Tak cuma disebut settingan, reality show Indonesia juga kerap menjiplak acara luar negeri yang telah sukses. Contohnya seperti reality show plagiat berikut ini.

1

Mission X

Ketika reality show Mission X pertama kali hadir di Trans TV, langsung mendapat kecaman dari beberapa pihak. Pasalnya, acara yang menampilkan 8 agen beraksi menyelesaikan misi ini cukup mirip dengan reality show populer di Korea, Running Man.

Banyak aspek kemiripan yang ditampilkan oleh dua acara ini. Mulai dari para agen yang terdiri dari artis terkenal, beberapa misi yang dijalankan, dan pengambilkan gambar yang menggunakan satu kamera untuk masing-masing agen.

Namun pihak Trans TV memberi klarifikasi terhadap reality show Mission X yang dianggap plagiat. Sebelumnya, tim produksi Trans TV mendapat training dan pengarahan dari Cho PD – Running Man. Bahkan saat produksi Mission X pun melibatkan Tim PD Dari Running Man.

2

Super Papa Indonesia

Realit show plagiat selanjutnya adalah acara Super Papa yang tayang di Global TV. Dari deskripsi yang ditampilkan di situs Gobal TV, acara ini mengangkat kisah para ayah mengurusi segala pekerjaan rumah tangga. Mulai dari mengurus anak-anak, beres-beres rumah, sampai masak makanan favorit keluarga.

Terdengar familiar dengan premis tersebut? Ya bagi kamu penggemar reality show Korea, tentuya sudah menyadari jika Super Papa menjiplak acara The Return of Superman yang sudah tayang sejak tahun 2013 lalu.

Tak seperti The Return of Superman yang mendapat sambutan meriah di Korea maupun negara lainnya, acara Super Papa hanya bertahan seumur jagung.

3

Ranking 1

Acara kuis yang dipandu oleh Sarah Sechan dan Ruben Onsu ini menampilkan 100 peserta yang berlomba untuk menjawab seluruh jawaban yang disediakan. Mereka menuliskan jawabannya di sebuah papan putih yang kemudian di angkat tinggi-tinggi. Setiap peserta yang salah menjawab, akan langsung keluar permainan hingga menyisakan satu peserta di arena.

Nah, ternyata konsep reality show ini cukup mirip dengan acara Golden Bell Chalanges yang ditayangkan KBS pada 2003 lalu

4

Janji Suci Raffi & Gigi

Lagi-lagi reality show plagiat datang dari Trans TV. Kali ini acara Janji Suci Raffi & Gigi yang dianggap mirip dengan Keeping Up With Kardhasians.

Seperti sudah diketahui, Keeping Up With Kardhasians merupakan acara televisi yang menampilkan kehidupan sehari-hari kakak adik Kardashians juga Jenner. Tentu saja acara ini mendulang rating tinggi mengingat keluarga sosialita Kardashians dan Jenner sedang berada di puncak popularitas.

Trans TV pun mencoba peruntungan mengangkat kisah sosialita Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dalam acara Janji Suci Raffi & Gigi. Acara ini mengangkat kisah sehari-hari keluarga Raffi Ahmad yang sebenarnya gak penting-penting banget.

5

Penghuni Terakhir

Masih ingat dengan reality show yang tayang di ANTV, Penghuni Terakhir? Reality show ini memiliki konsep di mana para peserta hasil audisi menjalani kehidupan sehari-hari di sebuah rumah di kawasan Jakarta Selatan selama lebih dari 100 hari.

Gerak-gerik mereka direkam setiap hari dengan menggunakan 20 kamera yang terpasang di setiap sudut rumah kecuali di kamar mandi. Hubungan mereka juga terputus dari dunia luar, termasuk berkomunikasi.

Nah konsep acara ini ternyata memiliki kemiripan dengan reality show Big Brother yang tayang di Amerika. Hingga saat ini, Big Brother telah ditayangkan di 70 negara di seluruh dunia, termasuk di Trans TV yang sempat menayangkan Big Brother versi Indonesia.

Deretan Kebohongan yang Terjadi dalam Reality Show di Indonesia

Kebohongan reality show di Indonesia mungkin belum banyak diketahui oleh penonton televisi. Contohnya seperti berikut ini.
Baca Juga

Nah kira-kira reality show plagiat mana lagi yang kamu tahu?


SHARE
Previous articlePreview Anime One Piece 809: Luffy Menghadapi Badai Mematikan!
Next articleIni Dia Skin Overwatch Event Halloween! Buruan Dapetin Sekarang!
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca