Review Gundam Versus: Dedikasi untuk Gundam Universe yang Jarang Tersentuh

Gundam Versus menghadirkan Gundam terbaru yang jarang disorot, sekaligus menghilangkan Gundam lama? Simak review Gundam Versus berikut ini!

Review Gundam Versus: Dedikasi untuk Gundam Universe yang Jarang Tersentuh

Review Gundam Versus: Dedikasi untuk Gundam Universe yang Jarang Tersentuh

Gundam Versus menghadirkan Gundam anti mainstream namun menghilangkan Gundam yang umum? Simak reviewnya berikut ini.

Gundam Versus adalah game Gundam terbaru, terutama dari seri Vs. Para penggemar Gundam terutama yang suka memainkan game-gamenya di console pasti sudah familiar dengan seri ini.

Masuk dalam kategori serial Vs tetapi berbeda dengan game sebelumnya. Gundam Versus berada diluar seri sebelumnya, yaitu Extreme Vs, dan menjadi game standalone baru di seri ini.

Gameplay

Lalu, apakah Gundam Versus sebagai seri baru juga memiliki unsur baru di dalamnya? Sayangnya, meskipun seri baru, namun unsur lama dari seri Vs tak dihilangkan, bahkan seperti memainkan game yang sama.

Gaya bermain masih sama seperti seri Extreme Vs. Pemain akan memasuki dunia Gundam dan harus bertarung menggunakan Mobile Suit pilihanmu. Pertarungan terjadi di tempat-tempat yang ikonik menjadi lokasi pertarungan dalam serial Gundam seperti luar angkasa atau hutan.

Pengambilan gambar dilakukan dari belakang atau third person, dan kamu harus mengalahkan musuh-musuhmu yang ada di dalam arena.

[read_more id="315922"]

Sistem Baru

Review Gundam Versus: Dedikasi untuk Gundam Universe yang Jarang Tersentuh

Meskipun gaya permainan terkesan sama, namun ada yang baru di sini. Selain peningkatan grafis yang sudah pasti, ada juga beberapa yang membedakan dengan seri sebelumnya. Apa saja?

Sistem Strikers. Strikers adalah nama baru untuk Support Mobile Suit di game ini. Ada lebih dari 140 Strikers yang tersedia, dan menggunakannya sebagai bantuan di dalam pertarungan. Strikers seperti Support Mobile Suit pada umumnya, hanya melakukan serangan sekali sampai beberapa kali setiap digunakan.

Ada juga sistem Blazing Gear dan Lightning Gear yang menjadi Burst System. Kedua sistem ini memiliki keunikan tersendiri. Blazing lebih diperuntukan bagi kamu yang terbiasa dengan pertarungan jarak dekat, sedangkan Lightning cocok untukmu spesialisasi jarak jauh.

Tidak seperti game sebelumnya yang hanya bisa melakukan pertarungan 2 Vs 2, di sini kamu bisa melakukan pertarungan sampai 3 Vs 3.

Gundam Baru

Review Gundam Versus: Dedikasi untuk Gundam Universe yang Jarang Tersentuh

Hadir beberapa Gundam baru yang sangat anti mainstream dan mungkin hanya beberapa orang yang mengetahuinya. Sebut saja seperti Gundam Phantom dari manga Crossbone Gundam: Ghost. Namun X-0 Crossbone Gundam Ghost justru tak hadir di dalam game.

Dari seri Missing Link juga tak terlewatkan yaitu RX-79 SW Slave Wraith dan juga Gelgoog milik Vincent Gleissner. Ada juga dari seri Thunderbolt yaitu Gundam Full Armor dan Psycho Zaku.

Untuk pertama kalinya seri Build Fighters pun ikut ke dalam game ini, mengingat mereka adalah Model Kit dan bukan robot asli (seperti Gundam lain). Hot Scramble Gundam milik Meijin Kawaguchi bisa kamu mainkan di sini.

Seri terbaru yang sudah selesai, Iron Blooded Orphans menyumbangkan Barbatos (dan Lupus) serta Gusion Rebake dan Kimaris. Bagaimana dengan Mobile Suit dari seri Twilight Axis? Kemungkinan hadir dalam bentuk DLC.

Inilah bukti dedikasi Gundam Versus untuk serial Gundam Universe yang jarang tersorot di luar komunitas penggemar Gundam.

 


Bagaimana dengan kekurangan dan kesimpulan dari game ini? Cek halaman selanjutnya.

Musik Pengiring

Musik atau BGM di dalam game bisa kamu pilih untuk meningkatkan suasana Gundam yang ada di dalam game. Mulai dari soundtrack khas hingga lagu opening dari beberapa seri tersedia dan bisa kamu pilih sebagai pengiring pertarunganmu.

Sayangnya, hanya beberapa seri yang lagu opening-nya bisa dimainkan. Sebagian lagi hanya ada suara latar saja. Namun tetap saja lagu pengiring menjadi poin penting yang meningkatkan semangat dan suasana dalam bermain.

Absennya Gundam Lama

Review Gundam Versus: Dedikasi untuk Gundam Universe yang Jarang Tersentuh

Ini adalah kekurangan yang sangat penulis rasakan. Ada beberapa seri yang absen di sini, seperti G Gundam, Gundam X, dan bahkan Seed Destiny. Seri AGE juga hanya Gundam AGE 1, itu pun DLC.

Banyak penggemar yang kecewa dengan hal ini, salah satunya penulis sendiri. Di seri sebelumnya, penulis selalu menggunakan God Gundam dari seri G Gundam. Tapi sekarang harus terbiasa dengan Gundam lain.

[read_more id="330720"]

Tidak Ada Mode Story

Review Gundam Versus: Dedikasi untuk Gundam Universe yang Jarang Tersentuh

Poin ini juga sangat mengganggu, terutama untuk kamu yang memainkannya secara offline. Dalam mode offline, ada beberapa mode yang bisa kamu mainkan, seperti Ultimate Battle di mana kamu harus melawan gempuran musuh yang datang, Trial Battle, mengalahkan lawan di stage tertentu, dan Free Battle.

Namun tak ada mode Story di sana. Seakan kamu hanya dikirim berperang dan menghancurkan musuh-musuh yang datang selama bermain, tanpa peduli dan memikirkan alur cerita.

Berbeda jika kamu bermain secara online, kamu bisa melawan pemain lain. Itu pun tak sepenuhnya sempurna karena penulis sendiri sudah merasakan bagaimana permainan terganggu karena ada salah satu pemain yang kecepatan koneksinya buruk.

Kesimpulan

Penggemar Gundam? Atau suka pertarungan robot? Maka Gundam Versus sangat cocok untukmu. Meskipun tak ada mode Story dan berkurangnya beberapa Gundam lama, tapi keseruan bermain tetap ada, terutama jika bermainnya tidak sendiri dan mengajak temanmu. Grafis yang diberikan serta jumlah Mobile Suit yang dapat dimainkan juga sangat memanjakan penggemar Gundam.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU