Ultra Instinct: Kekuatan Baru Goku yang Ternyata Benar-Benar Ada di Dunia Nyata!

Dragon Ball Super episode 110 memperkenalkan kita pada kekuatan baru Goku: Ultra Instinct! Tahukah kamu kalau kekuatan ini benar-benar ada di dunia nyata?

ultra instinct mushin dragon ball super episode 111

Lebih lanjut lagi, Mushin dideskripsikan sebagai jiwa seseorang yang terbebas dari segalam macam pikiran dan emosi seperti amarah, rasa takut, dan ego, baik itu saat pertarungan atau dalam kehidupan sehari-hari. Dengan tidak adanya hal-hal negatif tersebut, seseorang bisa bergerak dengan benar-benar bebas dan bereaksi tanpa rasa ragu.

Dalam keadaan ini, seseorang tidak mengandalkan apa yang mereka pikirkan untuk melakukan gerakan selanjutnya, akan tetapi mengandalkan tubuh mereka yang sudah terlatih secara alami—“instinct”. Mungkin karena inilah, Akira Toriyama menamakan teknik ini sebagai Ultra Instinct dalam Dragon Ball Super.


CONTINUE READING BELOW

Ternyata Kita Juga Bisa Mengeluarkan Kamehameha!

Apakah itu kamehameha? Apakah manusia juga bisa menciptakan kamehameha dalam kehidupan nyata? Berikut ini adalah penjelasan ilmiah dibalik kamehameha!


 

Kembali ke Dragon Ball Super, Goku sendiri sepertinya masih membutuhkan waktu sebelum akhirnya benar-benar menguasai teknik ini dan dia gunakan untuk, mungkin, mengalahkan Jiren atau memenangkan Tournament of Power. Akan tetapi, sepertinya hal tersebut akan masih lama karena mengingat empat episode ke depan Jiren akan melawan Hit, lalu Vegeta membantu Cabba, dan Goku melawan Caulifla dan Kale terlebih dahulu.

Dan lagi, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Ultra Instinct ini masih belum sempurna. Tentunya kita penasaran, seperti apa sih bentuk sempurna dari Ultra Instinct milik Goku ini? Yang terlihat dari episode 110, Goku masih memiliki wujud base dalam mode Ultra Instinct (rambutnya masih hitam). Nah, muncullah pertanyaan: apakah Ultra Instinct Goku ini adalah bentuk base dan apakah dia bisa menjadi Super Saiyan sembari dalam keadaan tersebut?

Sepertinya hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil, mengingat Goku mampu menyatukan Kaio-Ken dengan Super Saiyan Blue. Atau mungkin seperti yang dipaparkan oleh Toriyama bahwa Ultimate Gohan bisa juga dikombinasikan dengan Super Saiyan. Jadi, apakah nanti akan menjadi “x20 Kaio-ken Super Saiyan Blue Ultra Instinct”?


CONTINUE READING BELOW

Ini Bukti Kenapa Form Baru Goku adalah Super Saiyan Putih!

Mulai dari keinginan Akira Toriyama hingga beberapa petunjuk dari poster promo terbaru, inilah 3 alasan kenapa form baru Goku adalah Super Saiyan Putih!


Yang pasti, teori yang sedang populer saat ini sih Goku bakalan mendapatkan form baru berupa Super Saiyan White. Ya, bisa jadi, Super Saiyan White adalah wujud ketika Goku sudah menguasai Ultra Instinct—siapa tahu.

Atau mungkin kembali lagi ke itu: “x20 Kaio-ken Super Saiyan Blue Ultra Instinct”. Hahaha.

Menurutmu sendiri bagaimana? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya!

TENTANG PENULIS
Snow

Veteran game survival-horror terutama Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis light novel. Light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.