Square Enix Tampilkan Komik Virtual Reality

komik virtual reality

Project Hikari, sebuah proyek komik Virtual Reality besutan Square Enix pada acara New York Comic Con.

Baca Juga

Ramainya Virtual Reality sebagai platform gaming membuat banyak pengembang untuk mencoba berbagai macam hiburan untuk ditampilkan ke dalam VR, termasuk Square Enix yang menampilkan sebuah proyek komik Virtual Reality yang mereka tampilkan pada New York Comic Con.

Tidak hanya di ranah gaming, Square Enix pada dasarnya juga merupakan publisher untuk komik. Maka tidak heran apabila Square akhirnya membawa satu ide untuk menggabungkan komik dengan esensi virtual reality.

Namun sebelum ide tersebut direalisasikan, Project Hikari pun dicetus. Proyek ini digunakan sebagai riset untuk menciptakan komik yang dipadukan dengan VR.

Pada acara New York Comic Con atau disingkat NYCC, Square Enix membawakan salah satu demo komik Virtual Reality yang berjudul Tales of Wedding Rings VR.

Komik satu ini diadaptasi dari judul yang sama, namun direkreasikan ke dalam bentuk VR. Tentu, orang bisa saja menaruh gambar cuplikan dari komik tersebut dan menaruhnya ke dalam VR, namun Square Enix tidak setengah-setengah dalam pengerjaannya.

komik virtual reality

Dalam komik tersebut, ditampilkan pewarnaan yang klasik, seperti halnya komik pada umumnya. Tetapi tunggu dulu, jika view pada VR digerakkan, maka akan terlihat bahwa background serta karakter yang ditampilkan bukan gambar dua dimensi yang ditempelkan. Keseluruhan yang ditampilkan pada VR adalah model tiga dimensi yang bergerak layaknya animasi 3D pada umumnya.

Hal lain Yang membuat Tales of Wedding Rings spesial adalah animasi serta model 3D yang indah, dipadukan dengan artstyle ala komik hitam-putih. Dan tidak hanya animasi saja, pada beberapa scene akan ditampilkan panel layaknya komik. Panel ini disebut sebagai live panel oleh Square Enix.

Narasi yang ditampilkan tambah apik dengan dubbing penuh dan background music untuk chapter yang ditampilkan. Tentunya ini merupakan pengalaman menarik yang menggabungkan tampilan ala komik namun narasi penuh ala anime.

Dari Video Promosinya, Final Fantasy Explorers Force Ternyata Mirip Monster Hunter!

Setelah diumumkan sejak bulan Februari 2017 lalu, ternyata Final Fantasy Explorers Force memiliki sistem permainan yang mirip dengan Monster Hunter.
Baca Juga

Untuk saat ini, komik Virtual Reality yang ditampilkan masih berupa demo dan Square Enix belum memiliki rencana untuk menambahkan baik komik lainnya. Serial komik ini rencananya akan dirilis pada 2018 mendatang, tidak diketahui tanggal pasti serta platform yang didukung.

Diedit oleh Doni Jaelani


SHARE
Previous articleJagoan Game yang Kaya Raya! Siapa Sajakah Mereka?
Next articlePembahasan Boruto Episode 28: Shizuma Hoshigaki Bersiap Memulai Perang!
Penggemar berat game racing. Telah jatuh ke dalam jurang FFXIV hingga isi dompet kosong berkat FFXIV Complete Edition.