Square Enix Tampilkan Komik Virtual Reality

Pada ajang New York Comic Con, Square Enix merealisasikan Project Hikari melalui sebuah komik Virtual Reality berjudul Tales of Wedding Rings VR.

Square Enix Tampilkan Komik Virtual Reality

Square Enix Tampilkan Komik Virtual Reality

Project Hikari, sebuah proyek komik Virtual Reality besutan Square Enix pada acara New York Comic Con.

[duniaku_baca_juga]

Ramainya Virtual Reality sebagai platform gaming membuat banyak pengembang untuk mencoba berbagai macam hiburan untuk ditampilkan ke dalam VR, termasuk Square Enix yang menampilkan sebuah proyek komik Virtual Reality yang mereka tampilkan pada New York Comic Con.

Tidak hanya di ranah gaming, Square Enix pada dasarnya juga merupakan publisher untuk komik. Maka tidak heran apabila Square akhirnya membawa satu ide untuk menggabungkan komik dengan esensi virtual reality.

Namun sebelum ide tersebut direalisasikan, Project Hikari pun dicetus. Proyek ini digunakan sebagai riset untuk menciptakan komik yang dipadukan dengan VR.

Pada acara New York Comic Con atau disingkat NYCC, Square Enix membawakan salah satu demo komik Virtual Reality yang berjudul Tales of Wedding Rings VR.

Komik satu ini diadaptasi dari judul yang sama, namun direkreasikan ke dalam bentuk VR. Tentu, orang bisa saja menaruh gambar cuplikan dari komik tersebut dan menaruhnya ke dalam VR, namun Square Enix tidak setengah-setengah dalam pengerjaannya.

Square Enix Tampilkan Komik Virtual Reality

Dalam komik tersebut, ditampilkan pewarnaan yang klasik, seperti halnya komik pada umumnya. Tetapi tunggu dulu, jika view pada VR digerakkan, maka akan terlihat bahwa background serta karakter yang ditampilkan bukan gambar dua dimensi yang ditempelkan. Keseluruhan yang ditampilkan pada VR adalah model tiga dimensi yang bergerak layaknya animasi 3D pada umumnya.

Hal lain Yang membuat Tales of Wedding Rings spesial adalah animasi serta model 3D yang indah, dipadukan dengan artstyle ala komik hitam-putih. Dan tidak hanya animasi saja, pada beberapa scene akan ditampilkan panel layaknya komik. Panel ini disebut sebagai live panel oleh Square Enix.

Narasi yang ditampilkan tambah apik dengan dubbing penuh dan background music untuk chapter yang ditampilkan. Tentunya ini merupakan pengalaman menarik yang menggabungkan tampilan ala komik namun narasi penuh ala anime.

[read_more id="331737"]

Untuk saat ini, komik Virtual Reality yang ditampilkan masih berupa demo dan Square Enix belum memiliki rencana untuk menambahkan baik komik lainnya. Serial komik ini rencananya akan dirilis pada 2018 mendatang, tidak diketahui tanggal pasti serta platform yang didukung.

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU