5 Karakter Penyandang Nama Sakura Paling Populer di Jagat Animanga

Frekuensi penggunaan nama Sakura dalam dunia animanga terhitung cukup intens. Lalu, di antara mereka semua, siapa Sakura paling populer?

5 Karakter Penyandang Nama Sakura Paling Populer di Jagat Animanga

5 Karakter Penyandang Nama Sakura Paling Populer di Jagat AnimangaFrekuensi penggunaan nama Sakura dalam dunia animanga terhitung cukup intens. Lalu, di antara mereka semua, siapa Sakura paling populer?

[duniaku_baca_juga]

Sakura merupakan nama bunga nasional Jepang. Ciri khasnya kita semua sudah tahu, berwarna merah muda. Bunga ini punya siklus mekar antara bulan Mei hingga Juni atau selama musim semi. Mengacu pada wikipedia, asal usul nama sakura adalah dari kata “saku” yang berarti mekar dan imbuhan “ra” yang menyatakan bentuk jamak. Dalam bahasa Inggris, bunga sakura bisa kamu terjemahkan menjadi cherry blossoms.

Sakura, lebih daripada itu, punya berbagai arti filosofis dan simbolis yang mendalam bagi masyarakat Jepang. Bunga ini selalu diasosiasikan dengan perempuan. Sakura mewakili banyak ekspresi dalam bermacam sendi kehidupan seperti misalnya kebahagiaan, kegembiraan, keberuntungan, ketenangan, keberanian, hingga kecantikan.

Sejak awal milenium ke-2 hingga sekarang, nama Sakura punya momentumnya sendiri sebagai salah satu nama paling populer yang disandangkan oleh orang tua di Jepang kepada bayi-bayi mereka.

Padahal, dulu nama ini jarang digunakan lantaran siklus kehidupan bunga sakura yang sangat singkat, yakni sekitar beberapa pekan dari mulai mekar hingga layu. Sehingga tak sedikit yang menghubungkan nama Sakura dengan pertanda buruk bahwa pemiliknya tak akan hidup lama di dunia ini.

Itu kondisi penggunaan nama Sakura di dunia nyata, lalu bagaimana dengan dunia animanga? Ternyata Ada banyak sekali nama Sakura yang digunakan oleh para kreator manga dan anime untuk karakter mereka.

Namun, dari sekian nama Sakura yang ada dalam animanga, di sini kita hanya akan membahas lima pemilik nama Sakura, baik itu nama depan maupun nama marga, yang paling populer di antara mereka. Berikut nama-nama Sakura paling populer saat ini.

[page_break no="5" title="Sakura Sakurakouji/Code Breaker"]

5 Karakter Penyandang Nama Sakura Paling Populer di Jagat AnimangaSakura Sakurakouji adalah protagonis utama dalam anime Code:Breaker. Meski penampilan fisiknya begitu elegan cenderung menggemaskan, ramah, sederhana, dan membuat semua laki-laki yang ada di sekitarnya ingin melindunginya, tapi sejatinya Sakura adalah ahli ilmu bela diri yang sangat terampil dalam berbagai pertarungan. Kepribadiannya pula yang membuat orang-orang menyukainya. Peduli terhadap sesama dan menghargai seluhur mungkin nyawa manusia.

Tak banyak yang tahu bahwa ia diadopsi oleh seorang pimpinan Yakuza yang sangat disegani, Goutoku Sakuraouji, pria ini punya julukan “Naga bengis dari timur.” Di bawah pengawasan Goutoku, ia dilatih dan ditempa dengan pelbagai ilmu bela diri yang kelak akan sangat berguna bagi dirinya. Beberapa bela diri yang sangat ia kuasai di antaranya adalah Judo, Aikido, dan Karate.

[duniaku_adsense]

Kehidupan sekolahnya yang normal berubah 180 derajat ketika ia menyaksikan Rei Ogami tanpa ampun menghabisi kawanan berandalan dengan api birunya.

Sejak saat itu, ia bertekad untuk menjadi perisai hidup Rei dan secara langsung semakin terjerumus ke dalam dunia Code:Breaker, sebuah organisasi rahasia yang merekrut para pembunuh bayaran berkemampuan unik dan tak lazim. Organisasi ini juga diam-diam berada di bawah naungan pemerintah. Ia punya kemampuan unik yang dapat menetralisir kemampuan spesial lawannya sehingga orang-orang menyebutnya sebagai “spesimen langka.”


Meluncur ke halaman selanjutnya untuk mencari tahu siapa saja keempat karakter pemilik nama Sakura paling populer lainnya.

[page_break no="4" title="Kyoko Sakura/Madoka Magica!"]

5 Karakter Penyandang Nama Sakura Paling Populer di Jagat Animanga Wallpapertvs.com[/caption]

[duniaku_baca_juga]

Nama Sakura juga dimiliki salah satu karakter anime fantasi yang satu ini. Berbeda dengan warna bunga sakura yang cerah, Kyoko tampil dengan dominasi aksen merah marun. Mulai dari warna rambut, pupil, hingga warna baju sihir kebesarannya.

Kyoko berkepribadian keras kepala, kasar, dan agresif. Ia lebih senang bekerja secara individu alih-alih berkelompok. Oh iya, meski bertubuh mungil, tapi itu tak menghalangi dirinya untuk memiliki hobi makan. Bukan tanpa alasan ia bersikap seperti itu. Ia punya masa lalu yang pedih sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap sifat yang dimilikinya saat ini.

Kyoko dibesarkan dalam lingkungan yang kurang berada. Atau katakanlah miskin. Hal itu disebabkan karena ayahnya yang tak pintar mencari nafkah lewat profesi mengajarnya di sebuah gereja yang mereka miliki. Wajar saja, orang-orang merasa sinis dengan gagasan radikal yang ia bawa.

Ketika keadaan tak kunjung membaik, ayahnya mendapati Kyoka diam-diam belajar ilmu magis. Karena merasa putrinya tersebut telah menjual jiwanya kepada iblis, ayahnya kemudian menjadikan minuman keras sebagai bentuk pelarian. Suatu hari tragedi yang mengubah hidup Kyoka terjadi. Dalam keadaan miskin yang semakin melarat, ayahnya membunuh istrinya beserta juga adik kecil Kyoko sebelum akhirnya ia menghabisi nyawanya sendiri. Maka tinggalah Kyoko hidup sebatang kara.

[duniaku_adsense]

Meski dibayangi masa lalu yang kelam dan seringkali terlihat bersikap dingin dan sok kuat, sesungguhnya ada banyak orang yang ingin ia lindungi dan ia tak ingin mereka terluka. Sebagai penyihir berbakat, tak jarang ia tampil menjadi pembeda dan menjadi penyelemat rekan-rekannya.

[page_break no="3" title="Sakura Ichiko/Binbougami Ga!"]

5 Karakter Penyandang Nama Sakura Paling Populer di Jagat Animanga

[duniaku_adsense]

Sejatinya Sakura yang satu ini adalah siswi SMA biasa. Hanya saja, yang membedakannya dengan siswi lain adalah ia dianugerahi keberuntungan yang melimpah sepanjang hidupnya. Parasnya, kecerdasan, keberanian, kepercayaan diri, kemakmuran, ketangkasan, kesehatan, serta berbagai atribut lainnya yang berada pada tingkat di atas rata-rata.

Keberuntungannya yang teramat sangat itu rupanya mengusik Momiji, sang dewi pembawa sial. Ia merasa keberuntungan yang dimiliki oleh Sakura sudah diluar batas kewajaran dan dapat merugikan orang-orang di sekitarnya. Memang, Sakura Ichiko memili kemampuan berupa aura spesial yang dapat menyerap keberuntungan orang-orang di sekitarnya.

Meski awalnya ia keras kepala dan tak sudi mematuhi nasehat dari Momiji, pada akhirnya Sakura sendiri yang secara sukarela membagikan keberuntungan yang dimilikinya tersebut. Tentunya ia melakukan hal itu demi dapat menyelamatkan orang-orang yang ia kasihi.

Namun, di balik segala kelebihannya tersebut, Ichiko rupanya gadis yang sangat kesepian. Mulanya ia tak pernah benar-benar memiliki kawan dan hanya ditemani oleh pelayan setianya, Suwano. Di penghujung kisahnya, ia justru belajar pentingnya arti sahabat dan keluarga dari Momiji, dewi penebar kesialan berdada rata yang awalnya hendak merenggut anugerah yang dimilikinya.


Tinggal dua lagi, ayo lanjutkan untuk mengetahui siapa pemilik nama Sakura paling populer, tanggung!

[page_break no="2" title="Sakura Kinomoto/Card Captor Sakura"]

5 Karakter Penyandang Nama Sakura Paling Populer di Jagat Animanga

[duniaku_baca_juga]

Sakura Kinomoto adalah heroine dan protagonis utama dalam serial Cardcaptor Sakura. Anime ini menceritakan kisah seorang gadis berkemampuan magis yang diadaptasi dari salah satu karya CLAMP, tim mangaka di mana seluruhnya beranggotakan wanita. Cardcaptor Sakura sempat ditayangkan di negeri kita sekitar tahun 2000-an di dua satu stasiun televisi swasta, yakni TPI (kini MNC) dan RCTI.

Dalam animenya Sakura diilustrasikan memiliki tubuh pendek, rambut kuning kecoklatan, dan bermata hijau bak zamrud. Beralih ke kostum, jika sedang tak “bertugas” Sakura sehari-harinya mengenakan seragam sekolah berwarna hitam dengan rok pendek putih.

Hampir semua atribut positif dimilikinya. Ia cantik, manis, enerjik, periang, dan sangat ramah. Di sekolahnya ia terkenal piawai dalam berolahraga, khususnya lari, dan tergabung dalam kelompok pemandu sorak.

Kisahnya bermula ketika gadis berusia sepuluh tahun ini membuka sebuah buku misterius di ruang bawah tanah rumahnya dan secara tak sengaja membuka segel Clow Cards. Selain di Cardcaptor Sakura, ia juga bisa kamu temukan dalam anime Tsubasa: Reservoir Chronicle.

[page_break no="1" title="Sakura Haruno/Naruto & Boruto"]

5 Karakter Penyandang Nama Sakura Paling Populer di Jagat Animanga

[duniaku_adsense]

Sakura Haruno tak diragukan lagi adalah pemilik nama Sakura paling populer dalam dunia anime. Setidaknya, mayoritas pecinta anime tanah air akan lebih mengenal Sakura yang satu ini jika dibandingkan dengan Sakura-Sakura di atas.

Ia anak satu-satunya dari pasangan Mebuki dan Kizashi Haruno. Bertolak belakang dengan kehidupan sang tokoh utama dalam serialnya, Naruto, kehidupan masa kecil Sakura relatif adem ayem dan tak dibayangi oleh latar tragedi yang memilukan.

Ia tergabung ke dalam tim tujuh bersama dengan Naruto Uzumaki dan bakal suaminya kelak, Sasuke Uchiha dan dipimpin oleh Kakashi Hatake.

Awalnya para penggemar menganggap bahwa Sakura adalah ninja yang paling tak berguna. Dan keberadaannya justru malah merepotkan dua anggota tim lainnya, Naruto dan Sasuke.

Namun, seiring berjalannya waktu, terutama pasca pelatihannya langsung di bawah sang hokage ke-5, Tsunade, perlahan ia mulai dapat menemukan jati dirinya dan pada akhirnya dikenal sebagai salah satu ninja medis terbaik sepanjang masa. Dan yang paling membahagiakan, tentu itu adalah keberhasilannya bersanding dengan Sasuke Uchiha, lelaki idamannya, serta dikaruniai seorang putri yang cantik dan bertalenta, Sarada.


Itulah lima Sakura paling populer dalam animanga. Sakura mana lagi yang menurutmu seharusnya pantas berada pada lis ini? Ngomong-ngomong, setelah membaca artikel ini, apa kamu berniat memberi nama Sakura pada buah hatimu kelak?

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU