Microsoft Hentikan Pengembangan Fitur Windows 10 Mobile

Windows 10 Mobile

Masih menggunakan Windows 10 Mobile? Bersiaplah untuk kecewa, sebab Microsoft tidak akan mengembangkan fitur terbaru untuk sistem operasi mobile.

Baca Juga

Tidak dapat dipungkiri bahwa Windows Mobile merupakan OS yang tidak begitu populer. Usaha Microsoft untuk mengembangkan ponsel pintar untuk pengguna Windows pun tidak begitu sukses di pasaran dengan rendahnya aplikasi dari pengembang pihak ketiga. Microsoft pun akhirnya memutuskan untuk menghentikan pengembangan Windows 10 Mobile.

Windows 10 Mobile merupakan sistem operasi terbaru dari keluarga Windows Phone. OS pintar yang dikembangkan oleh Microsoft ini merupakan evolusi dari OS yang sebelumnya mereka kembangkan, Zune dan Windows Mobile.

Pada 2011 yang lalu juga Microsoft bekerjasama dengan Nokia untuk menjadikan Windows sebagai sistem operasi terbaru Nokia, menggantikan Symbian yang dulu sempat menjadi OS paling populer.

Joe Belfiore selaku wakil presiden dari Windows Experience di Microsoft, menyebutkan bahwa mereka sudah tidak akan mengembangkan lagi fitur-fitur terbaru untuk Windows Mobile. Ini sudah menjadi upaya dari Microsoft untuk mencoba mematikan Windows Mobile secara perlahan mengingat Microsoft sudah memberhentikan produksi untuk ponsel pintar mereka sejak tahun lalu.

Windows 10 Mobile

Salah satu permasalahan terbesar yang harus dihadapi Microsoft adalah dukungan aplikasi dari pengembang. Pasalnya, Microsoft sudah mencoba untuk mengajak para pengembang untuk mengembangkan aplikasi tidak hanya untuk Android atau iOS saja namun untuk Windows Mobile juga. Bahkan mereka mengembangkan sebuah program untuk mempermudah pengembangan.

Namun hal tersebut tidak cukup untuk menarik minat pengembang. Dalam penjelasannya, Belfiore bahkan menyebutkan bahwa Microsoft juga menyediakan sejumlah uang untuk para pengembang, namun rendahnya pengguna Windows Mobile akhirnya membuat para pengembang dan investor untuk mengundurkan diri.

Hingga saat ini, Microsoft masih tetap mencoba untuk mengembangkan aplikasi pada ranah smartphone namun bukan untuk Windows Mobile. Contohnya adalah Edge, sebuah browser Windows 10 yang diberikan untuk Android dan iOS. Pada versi mobile ini, diberikan fitur untuk melanjutkan kegiatan browsing apabila ingin berpindah dari ponsel pintar menuju komputer.

Wah, Apa Benar Microsoft Membunuh Microsoft Paint?

32 tahun bersama, kini Microsoft Paint dibuang dari daftar aplikasi bawaan yang akan disertakan dalam setiap versi sistem operasi Windows.
Baca Juga

Microsoft tetap meyakinkan pengguna bahwa Windows 10 Mobile akan tetap didukung. Perbaikan untuk bug dan peningkatan terhadap sekuritas tetap akan diluncurkan, namun tidak jelas kapan Microsoft tetap akan bertahan untuk melanjutkan Windows Mobile. Suatu saat, Windows 10 Mobile harus tutup usia dikarenakan rendahnya pengguna.

Diedit oleh Doni Jaelani


SHARE
Previous articleRanger Hijau sampai Gudetama Akan Hadir di Indonesia Comic Con 2017!
Next articleRemake You Are the Apple of My Eye akan Dibuat dalam Versi Jepang
Penggemar berat game racing. Telah jatuh ke dalam jurang FFXIV hingga isi dompet kosong berkat FFXIV Complete Edition.