Gila, Ini 6 Akibat Pemecatan Sutradara Kemono Friends

Beberapa jam setelah informasi pemberhentian sutradara dari Kemono Friends terjadi enam kejadian luar biasa ini muncul

Dunia anime kembali dirundung gonjang-ganjing yang sangat menggemparkan akhir-akhir ini. Pada tanggal 25 September 2017 jam 18:00, sutradara dari serial anime Kemono Friends bernama Tatsuki mengeluarkan sebuah tweet bahwa ia tidak lagi berada di proyek anime Kemono Friends.

Dalam tweet-nya ia berkata bahwa hal itu terlihat pada pemberitahuan dari perusahaan penerbitan dan produksi Kadokawa yang memegang lisensi dari franchise Kemono Friends. Dia juga meminta maaf kepada para penggemar atas berita yang mendadak ini dan ia sendiri juga sangat kecewa atas hal ini.

Sontak para pecinta anime langsung geger dan heboh ketika tweet itu muncul di akun resmi sutradara Kemono Friends mengingat anime itu menjadi anime yang paling populer sepanjang tahun 2017 dan sukses mengalahkan Shingeki no Kyojin dalam jumlah streaming episode pertama di situs streaming video Nico Nico Douga dengan total 4.79 juta kali penayangan. Tweet dari Tatsuki ini langsung mendapatkan 200 ribu retweet hanya dalam waktu 12 jam saja.

Kemono Friends juga berhasil menjadi sensasi di Twitter dan berhasil menjadi serial anime yang paling populer di media sosial tersebut dengan jumlah mention 1,26 juta kali dan terpaut sangat jauh dari Gintama di posisi kedua dengan 314 ribu mention per April 2017.

Dengan kepopuleran itu para pecinta anime di Twitter langsung berekasi dan sempat menyebabkan chaos dan masih terus berlanjut sampai sekarang akibat dikeluarkannya Tatsuki sebagai sutradara dari anime yang diadaptasi dari mobile game yang gagal ketika pertama kali dirilis. Hanya dalam waktu 24 jam, kepergian Tatsuki dari Kemono Friends menimbulkan enam hal yang akan dijabarkan di bawah ini.

1

Kata Tatsuki Kantoku (たつき監督, Sutradara Tatsuki) dan Kadokawa Menjadi Trending Topic Worldwide di Twitter


Karena Kemono Friends menjadi serial yang paling populer di Twitter maka kata Tatsuki Kantoku yang mempunyai arti Sutradara Tatsuki langsung menjadi trending topic pada jam 18:00 – 24:00. Trending topic ini bukan hanya di daerah Jepang saja tetapi di seluruh dunia atau worldwide dengan jumlah tweet yang luar biasa.

Kata “tatsuki kantoku” di-tweet sebanyak 820 ribu tweet dalam waktu singkat. Pemegang lisensi dari Kemono Friends Kadokawa juga menjadi trending topic dengan total cuitan sebanyak 464 ribu tweet. Jumlah yang sangat fantastis dan membuktikan bahwa serial ini mempunyai fanbase yang kuat di Twitter.

Ending Baru Dragon Ball Super Menampilkan Perkembangan Goku dari Masa ke Masa

Ending baru Dragon Ball Super menampilkan perjalanan Goku dari dia kecil sampai Tournament of Power. Apa kamu suka ending song baru ini?
Baca Juga

Keyword ini dan mengalahkan kata kunci lainnya dengan telak seperti “#MondayMotivation” yang hanya mendapatkan 160 ribu tweet dan “#FelizLunes” yang mempunyai arti Happy Monday dalam bahasa Spanyol dengan jumlah 39,6 ribu tweet.

2

Beberapa pelanggan premium Nico Nico membatalkan subscription mereka

Kabar pemberhentian Tatsuki tentunya membuat semuanya geger termasuk juga di situs streaming video Nico Nico Douga yang berjasa melambungkan nama Kemono Friends. Kehebohan berita ini juga sudah masuk di situs berita buatan Nico Nico Douga bernama Nico Nico News dan sempat menjadi topik paling teratas dan langsung muncul di halaman depan.

Banyak berita tentang Kemono Friends di situs Nico Nico News ketika berita ini baru dirilis
Berita Kemono Friends yang sudah hilang dari situs Nico Nico News

Tetapi karena kabar pemberhentian ini merambat begitu cepat seperti kebakaran hebat dan mendapat banyak komentar negatif yang mengecam keputusan Kadokawa, berita tentang pemberhentian Tatsuki langsung dihapus di situs tersebut dan hilang dari trending topic dan halaman pertama. Alasannya cukup jelas, Kadokawa yang merupakan perusahaan induk dari Nico Nico Douga sendiri tidak mau namanya semakin tercoreng dan tidak mau citranya semakin rusak atas berita ini.

Aksi protes yang dilakukan oleh pelanggan Nico Nico Douga Premium karena kecewa dengan sikap Kadokawa

Karena hal tersebut beberapa pelanggan premium dari Nico Nico Douga melakukan aksi boikot sebagai bentuk protes terhadap Kadokawa atas penghapusan berita tersebut. Mereka kecewa dengan langkah yang diambil Kadokawa atas pemberhentian ini dan tidak melanjutkan untuk berlangganan layanan premium dari Nico Nico Douga.

3

Ancaman Pembunuhan dari Para Penggemar

Tentunya dengan pemberhentian Tatsuki banyak pihak yang merasa sangat kecewa dengan hal ini dan mereka merasa disakiti oleh pihak Kadokawa. Banyak komentar negatif yang masuk dan menyerang Kadokawa dari mulai mengecam pernyataan ini, mempertanyakan keputusan Kadokawa, sampai mengancam untuk membunuh pihak Kadokawa atas keputusan ini.

Di dalam gambar di atas banyak kalimat yang bernada untuk membunuh seperti “Bunuh Kadokawa” dan “Kamu adalah friends (sebutan untuk makhluk hidup yang ada di serial ini) yang membunuh Kadokawa”.

Ancaman pembunuhan ini merupakan yang paling besar di dalam dunia anime setelah Hideaki Anno mendapat ancaman dari para penggemarnya di tahun 1996 karena membuat dua episode terakhir Neon Genesis Evangelion dengan narasi yang membingungkan para penggemarnya. Untungnya, Anno memberikan true ending dari Neon Genesis Evangelion lewat film The End of Evangelion pada tahun 1997 dengan tanggapan positif dari penonton dan penggemarnya.

Graffiti dari para orang yang ingin mengancam untuk membunuh Anno di studio Gainax

Masih ada tiga kejadian yang mencengangkan akibat pemberhentian sutradara dari Kemono Friends ini. Klik halaman berikutnya untuk mencari tahu apa saja kejadiannya.

1
2

SHARE
Previous articleReview The Limehouse Golem: Tidak Buruk, tapi Juga Tidak Istimewa
Next articleMicrosoft Sisipkan Easter Egg ke dalam XBOX One X
Penyiar dan Tukang Kritik Anime, Musik, Film di blog pribadinya RE:PSYCHO. Senang akan hal berbau senang-senang. Sekarang belajar caranya menaklukkan industri pop kultur di Asia Tenggara