Game Dirty Chinese Restaurant Tuai Kontroversi. Kenapa Ya?

Dirty Chinese Restaurant

Game berjudul Dirty Chinese Restaurant besutan Big-O-Tree menerima banyak kecaman atas konten rasisme yang diberikan.

Tidak sedikit pengembang game yang menciptakan game bertemakan satir, namun tidak sedikit juga yang akhirnya salah sasaran berujung senjata makan tuan. Big-O-Tree yang mengembangkan Dirty Chinese Restaurant menerima banyak kecaman atas hal tersebut.

Alih-alih terinspirasi dari South Park atau The Simpsons, para pengembang yang tidak diketahui latar belakangnya mencoba menciptakan game dengan format yang sama, satir yang dianggap hanya sebagai candaan semata. Temanya cukup sederhana, koki Cina yang membuka restoran dengan menu yang dapat diatur sesuka hati pemain. Terdengar simpel, bukan?

Namun, ini bukan game kelola restoran yang biasa. Pemain dapat memilih bahan apa yang dapat digunakan, termasuk bahan bekas yang ditemukan di tong sampah. Tidak hanya itu, sang koki juga dapat berburu anjing atau kucing untuk dijadikan resep masakan. Dalam sebuah tweet yang dikirimkan oleh Big-O-Tree sendiri, tampak si koki tengah mengejar tiga ekor hewan untuk dimasak, seakan-akan fokus utama game tersebut adalah berburu hewan tersebut.

Memang, Dirty Chinese Restaurant sudah dikembangkan selama satu tahun dan tweet yang dimaksud berasal dari 14 November 2016. Alasan kenapa game ini kembali diangkat adalah terdengarnya rencana bahwa permainan rasis ini akan dirilis dalam waktu dekat. Dari kabar tersebut, representatif White House Grace Meng turut mengekspresikan kekesalannya melalui sosial media Facebook.

Dalam post yang disebutkan, Grace menyatakan bahwa permainan tersebut mengandung stereotip yang sangat negatif bagi warga Cina-Amerika. Grace juga mengajak store seperti iTunesGoogle Play dan lain sebagainya untuk menolak game ini secara terang-terangan karena ditakutkan bahwa permainan tersebut akan membangkitkan rasisme bagi sekitarnya.

Komedi Kontroversial Paling Absurd yang Gak Kalah Sama Film Komedi Top Lainnya

Siapa yang tak suka film komedi? Film komedi kontroversi berikut bakal membuatmu ngakak dari awal sampai akhir. Tidak percaya?
Baca Juga

Big-O-Tree, atau yang dieja sebagai Bigotry, dalam pernyataan resminya menyatakan bahwa game ini sama sekali tidak merepresentasikan budaya Cina. Dalam pembelaannya, mereka juga menyebutkan bahwa game ini diciptakan atas dasar “komedi dan satir seperti acara-acara di televisi yang telah kami tonton dulunya”.

Diedit oleh Doni Jaelani


SHARE
Previous articleSeri PES Terbaik, Mana yang Jadi Pilihan Kalian?
Next articleYuk Berkenalan dengan 6 Kekasih Superhero DC yang Super Cantik Ini!
Penggemar berat game racing. Telah jatuh ke dalam jurang FFXIV hingga isi dompet kosong berkat FFXIV Complete Edition.