Seri PES Terbaik, Mana yang Jadi Pilihan Kalian?

Sebagian gamer yang suka dengan game olahraga pasti pernah memainkan atau mendengar soal Pro Evolution Soccer. Game bola besutan Konami ini menjadi salah satu game olahraga yang terus dinanti oleh para gamer dari tahun ke tahun.

Karena hal inilah terjadi persaingan sengit antara penggemar FIFA dengan PES. Dari pertama dibuat hingga saat ini, sudah banyak sekali seri PES yang menyita perhatian para gamer.

Beberapa di antaranya banyak mendapatkan kritik pedas dari para gamer, sedangkan sebagiannya lagi mendapatkan banyak pujian dari para kritikus game kawakan.

Kali ini Duniaku.net akan membahas mengenai PES. Tanpa basa-basi, langsung saja kita mulai pembahasan seri PES terbaik yang pernah dibuat.

5

Pro Evolution Soccer 6

Seri PES terbaik pertama adalah PES 6. Seri PES yang satu ini memiliki gameplay yang cukup asyik untuk dinikmati. Apalagi saat PES untuk PlayStation3 dan PC terbaru meluncur, banyak engine PC yang kesulitan untuk memainkannya.

Oleh sebab itu, mereka yang tidak bisa menikmatinya justru menikmati PES 6 karena memiliki spesifikasi yang minim. Untuk segi visual, PES 6 tergolong cukup baik. Hal ini bisa dibuktikan dari tekstur lapangan yang terkadang tidak mulus sehingga menambah kesan nyata.

Hingga saat ini, masih banyak orang-orang yang bermain PES 6. Jangan lupa juga, PES 6 bisa sangat dinikmati karena ada banyak patch unik yang membuat game ini semakin asyik.

4

PES 2011

Meski sudah lama berlalu, kenyataannya PES 2011 merupakan game yang masih cukup bisa dinikmati saat ini. Ketika pertama kali game ini rilis dan memainkannya di PC, saya sangat takjub dibuatnya.

Di PES 2010, kita memang telah melihat betapa miripnya wajah para pemain, namun hal itu disempurnakan di PES 2011. Lionel Messi yang menjadi ikon dalam game ini sangat-sangat mirip.

Satu hal yang membuat PES 2011 semakin keren adalah gerakan para pemainnya yang sangat nyata. Meski banyak yang protes karena gameplay-nya yang sulit, namun tidak menurunkan kualitas seri ini.

Bahkan menurut saya, PES 2011 merupakan salah satu seri PES yang memiliki gameplay paling nyata.

3

PES 2013

Nah, seri PES terbaik selanjutnya adalah PES 2013. Memang dari segi visual, PES 2013 tidak banyak berubah seperti PES 2012 atau PES 2011, tapi dari segi gameplay, PES 2013 tergolong asyik.

Bahkan IGN tak segan-segan mengganjar PES 2013 dengan rating 8,5. Cepatnya gameplay dan mudahnya mengontrol pemain menjadikan PES 2013 memiliki banyak penggemar. Bahkan banyak yang bertahan di PES 2013 setelah tahu betapa buruknya PES 2014.

2

PES 2017

PES 2017 merupakan salah satu seri PES yang sangat wajib untuk dicoba dan dimainkan. Grafis yang luar biasa ditambah dengan dukungan gameplay apik nan mumpuni membuat game PES 2017 benar-benar menjadi master piece.

Bagi saya pribadi, satu-satunya kekurangan PES 2017 adalah pergerakkan pemain yang kadang membingungkan atau terkadang suka tabrakan dengan teman sendiri, sedangkan sisanya sangat keren.

1

PES 2018

Keren! mungkin itulah satu hal yang bisa menggambarkan PES 2018. Seri terbaru dari PES ini memiliki gameplay yang cenderung lambat, tapi justru itulah yang membuat PES 2018 tampak seperti aslinya.

Gerakan pemain pun terasa sangat natural sekali, apalagi ketika menggiring bola, para pemain akan mati-matian melindungi bola yang sedang dikontrol oleh mereka. Dari segi grafis sendiri, PES 2018 memiliki grafis yang jempolan terutama untuk PC.

Bayangkan saja, ketika menendang, rumput lapangan pun otomatis akan tercabut seperti aslinya, keren!

Inilah 5 Inovasi Kocak dan Gila dari Pro Evolution Soccer untuk Terus Bersaing dengan FIFA!

Berbagai macam Inovasi PES dilakukan KONAMI untuk terus bersaing dengan saingannya, FIFA. Nah menurutmu mana inovasi PES terbaik sampai saat ini?
Baca Juga

Kalau menurutmu, mana seri PES terbaik?

Diedit oleh Doni Jaelani


SHARE
Previous articleSword Legacy Omen Bawa Tema Arthurian Ke Dunia Divinity Original Sins
Next articleGame Dirty Chinese Restaurant Tuai Kontroversi. Kenapa Ya?
Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!