Blizzard Entertainment Tuntut Pengembang Klon Overwatch dari Negeri Cina!

klon overwatch

Setelah cukup lama, Blizzard Entertainment menuntut pengembang game asal Cina, 4399, karena merilis dua game klon Overwatch.

Jauh sebelum perilisan Overwatch, berbagai pihak tak bertanggung jawab berusaha melakukan pencurian IP (Intellectual Property) dengan menciptakan dua game klon Overwatch. Dua game klon Overwatch tersebut antara lain adalah 英雄枪战 dan 枪战前线. Keduanya merupakan game shooter, yang menampilkan permainan dan karakter ala Overwatch. Berikut ini merupakan cuplikan keduanya:

Jika kamu perhatikan, 英雄枪战 memiliki tampilan UI ala Overwatch, misalnya dari bentuk map, kemampuan dari para karakter, bentuk bar meter Health, hingga perlengkapan medic yang digunakan untuk memulihkan Health, semuanya mengambil model game milik Blizzard Entertainment tersebut.

Mengenal Heroes of Warfare, Overwatch KW untuk Android

Baru-baru ini gamers digegerkan dengan tiruan PC shooter game Overwatch versi Android, yaitu Heroes of Warfare! Seperti apa gamenya?
Baca Juga

Sedangkan 枪战前线 lebih parah lagi, tidak hanya UI yang sama persis, tetapi karakter dan mode permainan yang ditampilkan pun benar-benar menjiplak Overwatch. Salah satu karakter yang menggunakan kacamata merah ini contohnya, semua kemampuannya mirip sekali dengan Soldier: 76.

klon overwatch

Blizzard Entertainment sendiri mendapatkan bantuan dari salah satu publisher game terbesar di Cina yaitu NetEase. Keduanya melaporkan perusahaan 4399 Network Co. Ltd ke pengadilan Shanghai Pudong New Area People’s Court. Pihak Blizzard Entertainment ingin meminta pertanggun jawaban dari 4399EN GAME karena tindakannya serta meminta maaf dan tidak mengulangi kembali perbuatannya.

klon overwatch

Anehnya, game 枪战前线 sendiri berhasil menembus pasar global dengan judul baru Heroes of Warfare. Game ini sendiri sudah diunduh lebih dari 500 ribu pemain di PlayStore dan mendapatkan rating tinggi (lebih dari empat bintang). Dilihat dari berbagai komentar pemain, mereka menanggapi positif karena game ini benar-benar mengadaptasi Overwatch yang eksklusif di console dan PC ke mobile.

klon overwatch


Untuk saat ini, belum ada tindakan apapun dari pihak Blizzard Entertainment maupun Google terhadap Heroes of Warfare ini. Game ini masih bisa diunduh dan dimainkan pemain. Jika kamu tertarik mencobanya, kamu bisa mengunduhnya sekarang. Hehe. Namun kemungkinan besar game ini pun akan dihapus, jika Blizzard Entertainment memenangkan persidangan atas gugatannya.

Sebelum merilis dua game klon Overwatch ini, 4399EN GAME memang memiliki spesialisasi dalam mengembangkan game fps untuk mobile. Salah satunya adalah Blaze of Strike, game fps untuk mobile ini benar-benar sukses di pasar global. Game ini sudah diunduh lebih dari satu juta pemain dan memiliki rating tinggi.

Sumber: MMOculture, diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleKamen Rider Build: Kemunculan Kamen Rider Rogue!
Next articleSekuel Dagashi Kashi Siap Tayang Bulan Januari 2018
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.